Menu

Tips Ngobrol dengan Orang Baru Supaya Nggak Canggung

Pernah nggak, sih, kamu datang ke suatu acara, yang penuh dengan orang asing? Berasa rame dan banyak orang, tapi nggak ada satu pun yang kamu kenal. Garing juga berlama-lama duduk bareng tapi nggak ada obrolan sama sekali. 

Saya sendiri juga bukan tipe yang gampang berbicara dengan orang yang asing atau nggak akrab. Khawatir suasananya bakal canggung. Padahal membiasakan diri berbicara dengan orang asing/nggak terlalu dikenal, bisa melatih kepercayaan diri, lho. Buat kamu yang merasa pemalu dan nggak biasa membuka obrolan, kamu bisa terapkan berikut ini,

1. Seperti budaya kita, mulailah dengan senyum dan salam

Senyum dan salam merupakan pendekatan terbaik untuk memulai obrolan. Ramah, tapi nggak lebay. Sebelum kamu melakukannya dan bergabung ngobrol, pastikan orang yang akan diajak ngobrol available, ya.

2. Basa-basi emang perlu, tapi sampaikan hal-hal yang lebih menarik.

Basa-basi emang perlu, tapi cari bahan obrolan yang menarik. daripada  sekadar nanya kabar dan membahas cuaca. Basa basi yang nggak menarik alias garing pasti berujung awkward (karena orang umumnya akan bilang "sehat" atau "baik"), coba tanyakan "kampusnya dimana?", kalau orangnya terlihat lebih tua coba tanyakan, "kerja dimana Pak/Bu? Intinya coba lemparkan pertanyaan yang akan memancing cerita-cerita setelahnya.

3. Tanya pertanyaan sederhana 

Paling mudah memancing obrolan adalah kaitkan dengan situasi saat itu. Misalnya kalau kalian bertemu di acara seminar, coba tanyakan "Dapat info seminarnya dari mana?" atau coba berbagi opinimu tentang seminarnya "Keren ya, pembicaranya?". Tanyakan hal-hal yang sederhana ya, bukan yang berat-berat.

4. Coba temukan kesamaan di antara kalian

Obrolan akan semakin seru kalau kita menemukan kesamaan dengan lawan bicara. Selama obrolan, coba temukan kesamaan antara kamu dengan lawan bicara. Kalimat "Wah, sama dong!" bisa jadi pemantik supaya obrolan makin asik.

5. Beri perhatian terhadap lawan bicara

Ketika ada orang berbicara denganmu, dengarkan sungguh-sungguh. Jangan lupa lakukan eye contact. Ini supaya lawan bicaramu tahu kalau kamu memang tertarik dengan bahan obrolannya. Beri kesan pada mereka kalau kamu suka bicara dengan mereka.

(sumber gambar : cupofjo.com, news.co.au, inspiremore.com, youtube.com) 

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©