7 CEO dan Entrepreneur Keren Lulusan Binus

Mungkin kamu udah sering dengar bahwa CEO dan entrepreneur perusahaan-perusahaan teknologi digital dan startup sukses dunia didominasi oleh lulusan universitas top Amerika Serikat, seperti Stanford, Berkeley, Harvard, MIT, Wharton, dan sebagainya. Faktanya memang begitu.

Nah, gimana dengan CEO dan entrepreneur perusahaan digitech di Indonesia?

Walaupun banyak dari mereka juga lulusan Amerika, lulusan universitas dalam negeri juga nggak kalah hebat. Misalnya, para lulusan Universitas Bina Nusantara.

Lewat Linkedin, Youthmanual menemukan seenggaknya 375 lulusan Universitas Bina Nusantara yang bertitel Founder atau CEO. Ternyata banyak, lho, alumni Binus yang sekarang jadi digital entrepreneur dan startup kaliber di Indonesia. Canggih!

(Note : CEO yang kami maksud disini adalah CEO/Company Founder. Nantikan artikel seri berikutnya mengenai Corporate CEO sukses lulusan Binus.)

Misalnya siapa aja, sih?

William Tanuwijaya
Alumnus jurusan Teknik Informatika 1999


william tanuwijaya tokopedia

Mengawali karirnya sebagai game & software developer di berbagai perusahaan, William menciptakan Tokopedia di tahun 2009 bersama rekannya, Leontinus Alpha Edison. Saat ini, Tokopedia adalah situs online marketplace terbesar dan merupakan startup tersukses di Indonesia.

Oktober 2014 lalu, Tokopedia mencetak sejarah dengan menjadi perusahaan teknologi digital pertama di Asia Tenggara yang mendapat pendanaan terbesar, sebesar US$100 juta (Rp1,2 triliun) dari Sequoia Capital dan Softbank. Gokil! Wajar banget, dong, kalau William menjadi inspirasi bagi banyak anak muda dan para pelaku startup.
 
Wilson Cuaca
Alumnus jurusan Ilmu Komputer angkatan 1996


wilson cuaca east venture

Bagi kamu yang suka online shopping, kalian musti berterimakasih ke Wilson Cuaca, nih.

Disebut-sebut sebagai salah satu early-stage investor terbaik di Asia Tenggara, Wilson adalah seorang Managing Partner di East Venture, sebuah Venture Capitalist yang berbasis di Singapura. Wilson juga adalah early-stage investor dari startup-startup sukses di Indonesia seperti Tokopedia, Traveloka, Bilna, Berrybenka. Tanpa Wilson, mungkin online shops favorit kamu nggak akan seberkembang sekarang, ya.

Selain investor, Wilson juga seorang entrepreneur dan merupakan founder/CEO dari aplikasi Apps Foundry yang terkenal dengan produk Scoop.

Wilson dikenal mempunyai wawasan pasar lokal yang baik dan naluri yang tajam. Nggak heran kalau startup-startup yang ia berikan investasi akhirnya sukses.

Andrew Darwis
Alumnus jurusan Sistem Informasi angkatan 1998

Tau Kaskus? Pasti tau ya, gan! Komunitas online lokal yang legendaris ini didirikan oleh Andrew Darwis bersama beberapa rekannya saat masih kuliah S2 di Seattle, Amerika Serikat.

Berdasarkan info dari Wikipedia, Andrew sempat kuliah di Bina Nusantara tahun 1998, sebelum pindah ke Art Institute of Seattle untuk mengambil jurusan Multimedia & Web Design. Setelah lulus dengan gelar Bachelor (Sarjana), Andrew lanjut mengambil Master of Computer Science dari Seattle University. 

Lulus kuliah, Andrew bekerja di beberapa perusahaan di Seattle sebelum akhirnya fokus membesarkan Kaskus hingga balik ke tanah air. Saat ini Andrew adalah Founder and Chief Technology Officer (CTO) Kaskus.

Sekarang ini, Andrew dianggap sebagai salah satu pelopor digital start-up scene dan tech founder/entrepreneur paling sukses di Indonesia. Cendolnya nih, gan!

Calvin Kizana
Alumnus jurusan Ilmu Komputer angkatan 1991

Calvin Kizana Picmix

Calvin—yang namanya udah nggak asing lagi di industri teknologi digital dan startup tanah air—memulai karirnya sebagai System & Web Developer di beberapa perusahaan sebelum ia membuat perusahaan IT Elasitas di tahun 2002.

Bisnisnya yang terakhir adalah Picmix, sebuah aplikasi mobile photo-sharing multiplatform yang digunakan oleh lebih dari 20 juta orang di 22 negara (!!!). Di Picmix, Calvin adalah Founder dan CEO.

Sekarang ini, Calvin aktif sebagai mentor dan penasehat untuk industri startup dan turut mendirikan sebuah inkubasi startup melalui Project Eden, dimana Calvin menjadi Co-Founder dan aktif sebagai komitenya.

Sudianto Oei
Alumnus jurusan Ilmu Komputer angkatan 2002

Sudianto adalah founder dan CEO Hypernet, salah satu Internet Service Provider/Network Solutions ternama di Indonesia.

Berawal dari hobi main game dan komputer, Sudianto memulai bisnis warnet pada tahun 1998. Ia pun semakin getol berkecimpung di dunia IT sejak lulus dari Bina Nusantara tahun 2006. Akhirnya, Sudianto banting setir terjun ke dunia internet service provider. Baca, deh, profil dan wawancara lengkapnya disini.

Selain Hypernet, Sudianto juga ikut mendirikan dan aktif mengelola beberapa perusahaan berbasis IT lainnya yang bergerak di bidang CCTV, fiber optic, Digital & IPTV hingga Cloud Solution Provider. Ini namanya totalitas!

Kevin Osmond
Alumnus jurusan Ilmu Komputer angkatan 2001

kevin osmond printerous

Hasil ngulik kami di Linkedin menyimpulkan bahwa sejak awal, Kevin emang berjiwa entrepreneur dan petualang sejati.

Kevin memulai kiprahnya sebagai partner dan co-founder di beberapa agensi digital/web lokal beken seperti XM Gravity (dulu Magnivate) dan Aitindo. Trus, di tahun 2011, Kevin ikut meluncurkan dan mengembangkan startup-startup seperti Bouncity dan Tiket.com. Tahun 2012, Kevin meluncurkan Weekend Inc., dan lewat tim ini, ia mendirikan Printerous, sebuah online printing service mirip dengan Shutterfly di Amerika Serikat. 

Saat ini, Kevin adalah Co-Founder dan CEO dari Printerous serta sedang mengekspansi layanannya ke Singapura.

Billy Ching
Alumnus jurusan Sistem Informasi angkatan 2004

billy ching jeruk nipis

Nama dan sepak terjang Billy mungkin nggak setenar nama-nama yang sudah disebut sebelumnya, tetapi kiprah Billy sebagai CEO Jeruknipis.com tetap patut diperhitungkan.

Jeruknipis.com adalah salah satu blog/media lokal ternama di bidang gadget dan teknologi digital. Mengembangkan sebuah situs media nggak gampang, lho! ("SETUJU!" kata para editor Youthmanual). Butuh passion, dedikasi dan ketekunan yang tinggi untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Memang, sejak mulai bekerja, Billy kayaknya cinta mati dengan dunia telekomunikasi dan gadget, bahkan sempet jadi sales untuk e-voucher salah satu perusahaan telekomunikasi, sampai bekerja di authorized distributor untuk Blackberry dan Apple.


***

Selain nama-nama yang sudah disebut tadi, beberapa lulusan Binus yang nggak kalah semangatnya adalah Benny Fajarai (Kreavi.com, Qlapa.com), Hadi Gunawan (Gadgetgaul.com), Ilham Syafrialdi (Maskool.in, rockto.com), Andy Santoso (BigEvo dan BigEVo Academy), Danny Baskara (Evoucher Indonesia), dan Batista Harahap (Coral)

Seperti hal-nya alumni Stanford yang mendominasi perusahaan-perusahaan start-up di Sillicon Valley, atau alumni Indian Institute of Technology (IIT) yang melahirkan banyak tech entrepreneur dan CEO sukses di India misalnya. Alumni-alumni Binus pun patut diakui merupakan sebuah kekuatan yang cukup dominan dalam kancah industri start-up dan teknologi kreatif tanah air. 

Salut untuk Universitas Bina Nusantara yang sukses mencetak entrepreneur-entrepreneur hebat! Tuh, untuk jadi sesukses mereka, gelar sekolah nggak harus dari luar negeri, ‘kan?

Yakin, deh, universitas dalam negeri lainnya juga akan terus melahirkan entrepreneur–entrepreneur berkualitas.

(sumber gambar : Berita Satu, StartupBisnis, Linkedin)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 14 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 19 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 19 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 20 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 21 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1