Menu

10 Ciri-Ciri Kamu Cocok Bekerja di Perusahaan Startup

Pasti, banyak dari kamu yang sering mendengar kata "perusahaan startup", tetapi, apakah kamu tahu apa itu perusahaan startup? Kata "startup" itu sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki artian bisnis yang baru saja dirintis. Nah, dari kata "startup" itu sendiri, kamu sudah bisa menyimpulkan, kan, apa itu startup?

Yak, bisa dibilang perusahaan startup adalah perusahaan yang baru dirintis atau perusahaan yang belum lama beroperasi. Biasanya, perusahaan startup ini masih dalam tahap pengembangan dan masih mencaritahu pasar yang tepat bagi perusahaan mereka.

Pada saat ini, perusahaan startup di Indonesia sedang berkembang dengan pesat, lho. Salah satu perusahaan startup yang berkembang dengan pesat di Indonesia ialah perusahaan startup yang berfokus pada pelayanan. Dengan adanya perusahaan startup ini, banyak aktivitas masyarakat yang dipermudah, mulai dari mobilitas masyarakat, pembayaran tagihan dan yang lain-lainnya, dalam membeli makanan dan sebagainya.

Selain perusahaan startup yang berorientasi pada pelayanan, para pegawainya pun menjadi faktor lainnya yang dapat menyukseskan perusahaan startup tersebut, lho. Biasanya, para pegawai startup memiliki ciri-cirinya tersendiri, yang dimana ciri-ciri tersebut dapat menguntungkan perusahaannya. Hmm... Memangnya, gimana, ya, ciri-ciri dari pegawai startup?

1. Penuh integritas

integritas

Integritas itu apa, sih? Integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Bisa dibilang juga, nih, gaes, bahwa integritas memiliki pengertian yaitu kejujuran.

Nah, kalau kamu ingin bekerja di perusahaan startup, hal yang harus kamu miliki ialah prjbadi yang penuh dengan integritas. Ketika kamu memiliki integritas, maka, kamu akan bekerja sepenuh hati dan semampumu. Nggak ada, tuh, bekerja karena terpaksa atau bekerja sambil ngambek-ngambek.

2. Self-motivated

Nah, seperti yang sudah dikatakan sebelum-sebelumnya, kalau kamu merasa butuh motivasi dari orang lain, well, hal tersebut akan memotivasimu, namun motivasi tersebut akan bersifat sementara. Motivasi yang bertahan lama di dalam dirimu sendiri ialah motivasi yang diperoleh oleh dirimu sendiri.

Misalnya, nih, kamu telah memperoleh motivasi dari orang lain, motivasi itu akan bertahan lama maupun bertahan sementara semuanya kembali lagi kepada dirimu sendiri. Kalau menciptakan motivasi orang lain sebagai pengingatmu atau bisa juga disebut sebagai self-motivation-mu, maka motivasi itu akan bertahan lama.

3. Bisa belajar dengan cepat

Salah satu ciri-ciri dari pegawai perusahaan startup ialah kamu adalah seseorang yang cepat dalam belajar. Well, perlu kamu ketahui, nih, gaes, perusahaan startup merupakan suatu perusahan yang baru saja dirintis, pasti, orang-orangnya belum tentu ada banyak, dong?

Nah, karena orang-orang yang sedikit ini, semua orang dituntut untuk belajar dengan cepat. Mereka yang menguasai pekerjaannya pasti memiliki pekerjaan yang lebih banyak, sehingga, kamu harus bisa mengerti tentang pekerjaanmu lebih cepat pula.

4. Nggak takut akan perubahan

Nah, sama, nih, gaes, dengan poin nomer tiga, namanya juga perusahaan startup, pasti banyak sekali hal-hal yang sering berubah baik itu pangsa pasar, produk-produk baru, kebijakan-kebijakan baru dan sebagainya.

Perubahan yang terjadi di perusahaan startup, kemungkinan besar dapat mempengaruhi pekerjaanmu juga. Maka dari itu, gaes, kamu harus memiliki sifat berani akan perubahan. Perubahan menjadi suatu hal yang biasa kamu temukan di perusahaan startup.

5. Mudah beradaptasi

Masih berkesinambungan, nih, gaes dengan poin sebelumnya. Karena di perusahaan startup pasti banyak banget perubahan-perubahan yang terjadi baik itu hal yang paling mendasar sampai hal yang nggak terlalu penting, kamu dituntut untuk mudah beradaptasi. Dengan adanya perubahan yang terjadi, pekerjaan dari para pegawai startup pun pasti ada yang berubah-ubah, maka dari itu, kamu pun harus bisa dengan mudah beradaptasi, ya, gaes.

6. Mau membantu

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, perusahaan starup merupakan perusahaan yang nggak memiliki jumlah pegawai yang banyak. Pekerjaan yang menumpuk dengan jumlah pegawai yang sedikit terkadang memang membuat seseorang kewalahan. Supaya semua tugas dapat tertangani dengan baik, maka, semua pegawai startup harus memiliki sifat yang mau membantu sesama sehingga semua pekerjaan penting dapat terselesaikan.

7. Berani ambil resiko

Nah, sebagai pekerja di perusahaan startup yang nggak memiliki banyak pegawai, selain kamu harus bisa belajar dengan cepat, mudah beradaptasi dan mau membantu sesama, kamu juga harus bisa mengambil resiko. Nggak ada ceritanya, tuh, tunggu-tunggu perintah dari atasan dulu sebelum melakukan sesuatu.

Nah, buat kamu yang sekarang masih merasa takut-takut dalam mengambil resiko, nggak usah minder, gaes! Kamu masih bisa belajar, kok. Kalau kamu masih bersekolah atau berkuliah, kamu bisa belajar berani mengambil resiko dengan cara sering mengikuti acara-acara organisasi. Nggak cuma ikut untuk nebeng nama saja, lho, gaes, kamu juga harus turut aktif mengatur acara yang dibuat oleh organisasi tersebut. Dengan begitu, kamu akan belajar untuk terus menentukan pilihanmu.

8. Mau bekerja lebih keras

Yes, bisa dibilang, nih, gaes, di perusahaan startup, nggak ada tuh ceritanya kerja nine to six atau eight to five alias dateng jam sembilan pulang jam enam atau dateng jam delapan pulang jam lima. Lho? Kenapa begitu? Terus jam kerja perusahaan startup gimana dong?

Well, perusahaan startup biasanya lebih fleksibel waktunya, nih, gaes. Nggak cuma waktu, tempat bekerjamu pun fleksibel, bisa dimana saja. Namun hal yang perlu kamu ingat, nih, waktu dan tempatmu bekerja memang fleksibel, tetapi, pekerjaanmu juga fleksibel, lho.

Eh? Gimana maksudnya? Iya... Kamu bisa bekerja dimana saja dan masuk jam berapa saja, namun, jika kamu harus ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan saat weekend atau lebih dari jam enam sore, jangan marah-marah, ya, hehe. Well, startup kan nggak punya banyak pegawai, jadi, hal seperti ini merupakan suatu hal yang lumrah, lho.

9. Kreatif

Para pegawai startup pun memiliki pemikiran yang kreatif, lho. Wah, maksudnya kreatif disini tuh, apa, ya? Well, kreatif disini bisa berarti para pegawai perusahaan startup dapat menyelesaikan segala permasalahan dengan cara yang kreatif.

Nggak hanya soal pemecahan masalah saja, nih, gaes, kreatif disini bisa berupa kreatif dalam hal pekerjaan, lho. Misalnya, kamu seorang desainer dalam hal website interface, kamu harus bisa membuat suatu tampilan website yang menarik dan tentunya mudah digunakan oleh para user. Gimana? Apakah kamu sudah cukup kreatif?

10. Mau bekerja sama

bekerjasama

Sebenarnya, mau kamu di perusahaan startup maupun perusahaan yang sudah lama berdiri, kamu harus bisa dan mau bekerja sama. Kenapa begitu? Well, nggak semua pekerjaan bisa dikerjakan sendiri, lho. Terkadang, kamu harus menyelesaikan tugasmu secara berkelompok dan sebagainya. Bayangkan kalau kamu nggak mau dan nggak bisa bekerja sama, yang ada, yang seharusnya tugasmu selesai dalam satu hari, kamu malah harus mengerjakannya lebih dari dua hari. Nggak efisien banget, kan?

***

Nah, itu lah dia kesepuluh ciri-ciri dari pegawai startup. Karena perusahaan startup merupakan perusahaan yang baru merintis, maka, kamu pun dibutuhkan untuk terus bekerja dengan profesional. Mungkin, banyak diluar sana yang bekerja demi uang saja, namun, hal ini nggak berlaku bagi pegawai startup, lho. Mereka harus memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan-pekerjaannya. Nah, dengan mengetahui ciri-ciri dari pegawai startup, apakah kamu tertarik bekerja di perusahaan startup?

Baca juga:

(Sumber gambar: alltopstartup.com, psychologytoday.com, qerja,com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©