Cerita alumni SMK: Dari SMK Akomodasi Perhotelan ke Manajemen Marketing, Meri Andriyani

As we all know, pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempersiapkan siswa/i untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus sekolah. Tapi, ternyata nggak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi alias berkuliah. Yuk, Simak pengalaman mereka!

Gaes, meet Meri Andriyani, seorang lulusan SMK Akomodasi Perhotelan yang akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke D3 yang dimana program studi yang dipilih sangat berbeda dari masanya di SMK, yaitu Manajemen Pemasaran (Marketing).

Halo, Meri. Dulu sekolah di SMK mana dan ambil jurusan apa?

“Halo, dulu aku sekolah di SMK Nusantara Ciputat dan aku ambil Jurusan Akomodasi Perhotelan”

Apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan?

“Aku semasa di SMK belajar banyak hal, sih, yang jelas aku belajar tentang perhotelan. Tapi aku juga belajar pelajaran-pelajaran anak SMA, kayak pelajaran IPA. Kalau anak SMA kan IPA-nya ada semua, ya, mulai dari fisika, kimia dan biologi, kalau di SMK aku, belajar IPA-nya digabung jadi IPA terpadu.”

“Selain IPA terpadu, aku juga belajar beberapa bahasa saat di SMK seperti bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis. Tentunya aku juga belajar tentang Agama, Matematika, Kewarganegaraan dan sebagainya. Sayangnya, aku nggak belajar pelajaran IPS saat itu.”

belajar front office

“Kalau pelajaran kejuruannya sih aku belajar tentang front office di perhotelan, management perhotelan  dan aku juga belajar masak, lho. Waktu aku masih SMK, pelajaran tata boga ini ada prakteknya. Pada saat itu aku dan teman-teman praktek untuk membuat masakan mulai dari pastry, appetizer, main course sampai dessert.

Kenapa dulu memutuskan untuk masuk SMK dibanding SMA?

“banyak orang yang bilang kalau masuk SMK katanya akan lebih mudah untuk dapat kerja ya setelah lulus. Maka dari itu, aku punya tujuan, kalau sudah lulus dari SMK, akum au kuliah sambil bekerja. Selain itu, aku juga disaranin oleh seseorang sih untuk masuk SMK dan mengambil Jurusan Akomodasi Perhotelan.”

Setelah lulus dari SMK, melanjutkan kuliah kemana dan mengambil program studi apa?

“Setelah lulus dari SMK, aku melanjutkan kuliah ke Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta dengan mengambil Program Studi Manajemen Marketing. Politeknik APP ini memiliki singkatan yaitu Akademi Pimpinan Perusahaan, tapi sekarang Politeknik APP Jakarta sudah dalam pengelolaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri dalam lingkungan Departemen Perindustrian RI.”

Apa alasan kamu mengambil jurusan yang sama sekali berbeda dengan masa SMK?

“Karena, menurut aku, sebagai lulusan dari jurusan akomodasi perhotelan, yang paling dibutuhkan adalah bahasa dan juga pengalaman. Makanya, ketika kuliah, aku mengambil Program Studi Manajemen Marketing, sehingga, aku bisa belajar tentang bagaimana, sih, cara untuk memasarkan hotel ini agar banyak pengunjungnya.”

akomodasi perhotelan

“Aku juga tipikal orang yang suka ketemu banyak orang. Menurutku dengan mengambil Program Studi Manajemen Marketing dan bekerja dalam ranah tersebut, pasti, aku akan sering bertemu dengan banyak orang-orang baru.”

Waktu kuliah, merasa canggung atau minder nggak dari lulusan SMA?

“Enggak sih. Karena menurut aku, ya, semua mahasiswa baru, pasti kan, masih belum mengerti pelajarannya. Jadi, pasti, semuanya akan beradaptasi. Paling, waktu dulu, aku masih kesulitan sama pelajarannya karena berbeda dengan masa di SMK dan aku butuh penyesuaian juga. Tapi setelah terbiasa, ya, akhirnya aku juga bisa mengikuti pelajarannya.”

Ada kendala nggak pas ujian masuk kuliah? Mengingat lulusan SMK nggak banyak pelajaran normatif dan adaptif?

“Enggak, karena waktu itu aku nggak ikut ujian tulis. Aku masuk ke Politeknik APP Jakarta melalui jalur nilai rapot, jadi, aku nggak merasakan adanya kendala-kendala tertentu.”

Tips untuk teman-teman SMK yang mau melanjutkan kuliah?

“Kalau kalian berminat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat kuliah setelah lulus dari SMK, menurut aku, itu keren banget, lho. Nah, saran dari aku supaya kamu bisa mengikuti pelajaran di kuliah, carilah program studi yang memang sudah menjadi passion-mu.”

“Serius deh, kalau kamu menjalankan sesuatu karena kamu suka atau sudah menjadi passion-mu, kesulitan apapun dalam dunia perkuliahan, pasti, bisa kamu lalui. Oh, iya, jangan lupa juga, ya, untuk mengetahui passion-mu dalam dunia kerja, sehingga kamu bisa mengaplikasikan apa yang kamu pelajari di kuliah di dalam dunia kerja. Kamu pun jadi nggak akan salah masuk jurusan ketika kuliah nanti.” 

Baca juga:

(Sumber gambar: jawis1menteng.sch.id, blogspot.com, bosmurah.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1