Cerita Alumni SMK: Dari SMK Jurusan Tata Boga ke Pendidikan Guru SD, Dini

As we all know, pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempersiapkan siswa/i untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus sekolah. Tapi, ternyata nggak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi alias berkuliah. Yuk, simak pengalaman mereka!

Gaes, meet Dini, seorang lulusan SMK jurusan Tata Boga yang akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kuliah S1 ke jurusan yang sama sekali berbeda dari jurusan yang ditekuninya di SMK, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hai, Dini. Dulu sekolah di SMK mana dan ambil jurusan apa?

Hai, juga. SMK Negeri 3 Bogor dan memilih jurusan Tata Boga.

Apa aja yang dipelajari di SMK jurusan tersebut?

Wah, banyak banget. Tapi yang pasti belajar cara masak memasak. Dari mulai makanan oriental sampai kontinental. Terus, kita juga belajar bikin kue dan cara meracik minuman. Semua manajemen boga juga ikut dipelajari. Dari perencanaan belanja hingga memasarkan makanan.

Hmmm… Apalagi, ya? Oh iya, kita juga belajar service di restoran dari mulai cara melipat napkin, menata meja sampai melayani tamu. Lengkap deh pokoknya!

Kenapa dulu memutuskan masuk SMK dibanding SMA?

Sebetulnya, Dini memilih SMK karena menghindari pelajaran Matematika. Hahaha! Tapi ternyata, masuk SMK itu jauhhh lebih susah.

Setelah lulus SMK, kamu melanjutkan kuliah ke mana dan ambil jurusan apa?

Di Universitas Pakuan Bogor, memilih jurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar.

Apa alasan kamu mengambil jurusan kuliah tersebut?

Nah, setelah lulus SMK, Dini malah baru menemukan passion yaitu mengajar anak-anak. Akhirnya, pindah haluan, deh, jurusan kuliahnya. Tapi Dini nggak menyesal sama sekali masuk SMK Negeri 3. Soalnya, banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang bikin Dini jadi guru yang lebih baik. Misalnya, Dini bisa mengajarkan masak-masak sederhana ke anak-anak, lebih sabar menghadapi tekanan saat anak-anak bikin ulah dan lain sebagainya.

Waktu kuliah, merasa canggung atau minder nggak dengan lulusan dari SMA?

Sama sekali nggak. Dini merasa bisa bersaing kok di dunia perkuliahn dengan teman-teman yang berasal dari lulusan SMA.

Ada kendala, nggak, pas ujian masuk kuliah? Mengingat lulusan SMK nggak banyak belajar mata pelajaran normatif dan adaptif.

Nggak ada kendala. Sebelum ujian ya kita belajar dan berdoa kayak biasa aja.

Siapa yang paling menginspirasi kamu di masa sekolah atau kuliah?

Nggak ada. Hahaha! Tapi kalau yang memotivasi, pastinya orang tua. Soalnya, mereka terus mendukung meskipun Dini nggak melanjutkan pendidikan di bidang Tata Boga.

Kalau kamu ingin kuliah dengan jurusan yang berbeda dengan jurusan yang tealh kamu jalani di SMK, jangan ragu untuk ngobrol panjang lebar sama orang tua, ya. Gimanapun juga, dukungan mereka bakal memotivasi kamu selama kuliah.

Kasih tips buat anak SMK, dong, supaya bisa bersaing di kampus dan dunia kerja!

Nggak ada tipsnya. Dini yakin anak-anak SMK (apalagi zaman sekarang), mentalnya pasti ditempa kayak baja. Hahaha… Apa yang kalian keluhkan sekarang kayak rasa cape dan stress menghadapi pelajaran, bakal bermanfaat di kampus dan dunia kerja nanti.

 

(Sumber gambar: atcoblueflamekitchen.com)

LATEST COMMENT
Navi | 7 jam yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 17 jam yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 3 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Fatimah Ibtisam | 5 hari yang lalu

Berdasarkan data tahun lalu siswa IPA bisa memilih prodi Manajemen di berbagai PTN pada SNMPTN. Namun sebaiknya melalui jalur SBMPTN, karena lintas jurusan tidak dianjurkan di SNMPTN. Selain itu, bisa juga lintas jurusan melalui seleksi mandiri.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
MUHAMMAD RAFIF KURNIAWAN | 7 hari yang lalu

Itu untuk tipe=Investigatif, karena Jurusan Kuliah Eksakta atau Jurusan Kuliah Ilmu Pasti Itu Untuk Kepribadian=Investigatif, Kayaknya.

Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu Lewat Kode Holland!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1