Hal-Hal yang Menginspirasi dari Kisah Cinta B.J. Habibie Muda dan Masa Kuliahnya

Nama Ilona Ianovska tiba-tiba aja ramai dibicarakan. Ternyata, gaes, Ilona Ianovska adalah mantan pacar presiden Republik Indonesia yang ketiga, Bapak Prof. Dr.-Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng di masa muda sewaktu kuliah di Jerman.

Saya sendiri baru mengetahui siapa itu Ilona ketika menonton film Rudy Habibie yang diputar di bioskop. Ilona, cewek berdarah Polandia-Jerman yang diperankan Chelsea Islan sungguh memukau bukan hanya karena ia begitu cantik tapi juga dukungannya yang begitu besar terhadap Pak Habibie dan mimpi-mimpinya. Padahal, saat itu mereka masih muda banget!

Habibi 4 - Youthmanual

Penasaran sama kisah cinta Pak Habibie muda dan masa kuliahnya, saya menonton Mata Najwa episode Cinta Habibie. Inilah hal-hal yang bisa kita jadikan inspirasi.

*Kecintaan Rudi Habibie-panggilan Pak Habibie ketika muda-terhadap pesawat terbang timbul sejak kecil karena melihat burung yang terbang di langit. Ia ingin membuat sesuatu yang bisa terbang seperti burung.

*Rudi Habibie sudah mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi sejak kecil. Ia sering mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya melalui buku.

*Berangkat ke Jerman bermodal nekat dan tanpa beasiswa, Rudi Habibie memulai perjuangannya sebagai mahasiswa dan teknokrat bidang pesawat terbang di Achen, Jerman. Ini juga merupakan pengalamannya naik pesawat pertama kali!

*Rudi Habibie selalu mengingat pesan sang papi untuk menjadi mata air. Ia diharapkan bisa memberi kehidupan dan sumber kejernihan bagi orang di sekelilingnya.

*Rudi Habibie nggak pernah memikirkan ejekan orang-orang terhadap dirinya. Ia nggak peduli sama bullying yang dialaminya ketika muda. Ia nggak membuang waktunya untuk memikirkan orang-orang yang memperlakukannya dengan tidak baik.

Tips hemat ala Pak Habibie saat kuliah di luar negeri

*Makan di kantin mahasiswa yang murah karena disubsidi kampus

*Berlama-lama di perpustakaan hingga tutup karena bisa minum gratis, kadang diberi Apel oleh penjaga perpustakaan

*Mandi dua kali seminggu karena cuaca yang dingin. Ini bisa bikin hemat toiletries juga, gaes.

*Sewa kost di pinggir kota supaya biayanya lebih murah

*Jalan kaki dari kost ke kampus kalau nggak punya uang. Sekalian olahraga, ya.

*Makan roti dan buah

Rudy-Habibie 1 - Youthmanual

*Rudi Habibie nggak pernah bolos kulih. Ia disiplin, tepat waktu dan rajin belajar. Teman-teman kuliahnya selalu mengandalkan kepintaran Rudi dan meminjam catatannya.

*Belajar membuat pesawat sangatlah rumit dan kompleks. Nggak cuma belajar tentang aerodynamics, balance, atau machines, namun juga belajar hal lain. Karena itulah, Rudi Habibie terinspirasi untuk membuat Seminar Pembangunan Nasional. Mengisinya dengan strategi terstruktur untuk membangun negara, seperti halnya membangun pesawat terbang.

*Waktu itu, teman-teman Rudi Habibie nggak pernah setuju ia pacaran dengan Ilona. Selain perbedaan agama, mereka merasa Rudi harus balik ke Indonesia dan menjadi pemimpin di negaranya. Bahkan salah satu dari teman Rudi, melaporkan hal ini ke ibunda dan keluarga Habibie mengatur supaya Pak Habibie pacaran sama orang Indonesia aja. Saat itulah ia bertemu dengan Ibu Ainun Hasri dan langsung jatuh cinta.

*Kesetiaannya pada Ibu Ainun nggak terhapus waktu. Mereka patut banget dijadikan contoh #RelationshipGoals

Rudy-Habibie 3 - Youthmanual

*Rudi Habibie nggak tahu sama sekali bahwa ibundanya menemui Ilona. Ia cuma tahu Ilona tiba-tiba menjauh. Iapun menyayangi dan menghargai Ilona sebagai bagian yang pernah mendukung mimpi-mimpinya.

*Rudi Habibie adalah sosok anak muda yang sama seperti kita. Ia bilang, saya tidak jenius, sama saja seperti kalian. Yang paling penting adalah kerja keras dan integritas dalam melakukan sesuatu.

*Pesan Pak Habibie untuk generasi muda: Kita harus menyempurnakan diri sindiri. Jadilah unggul dan meningkatkan produktifitas. Caranya, bersinergi dengan tiga elemen yaitu ajaran agama, budaya dan ilmu pengetahuan.

(Sumber gambar: Mierandhirah.com, Metro TV, Indowarta.com, Jawapost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1