Jurusanku: Peternakan Universitas Sebelas Maret, Muhammad

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri jurusan kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Muhammad, mahasiswa Universitas Sebelas Maret akan berbagi mengenai jurusannya, program studi Peternakan.

Setelah lulus SMA, Muhammad sempat menjalani gap year setahun karena belum berhasil masuk jurusan dan kampus yang diinginkannya. Setahun setelahnya, alumni SMAN 7 Surakarta ini berhasil tembus SBMPTN di program studi PeternakanUniversitas Sebelas Maret‍. Simak cerita Muhammad mengenai jurusan incarannya, Peternakan.

Jurusanku:

“Jurusan Peternakan mempelajari cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pada ternak dan juga bagaimana pengolahan hasil ternak tersebut.”

Alasan memilih jurusan ini:

“Aku pengen melanjutkan dan mengembangkan usaha peternakan milik orang tua.”

Mata kuliah penting dan menarik:

“Yang paling penting dan menarik adalah mata kuliah Manajemen Ternak. Kita diajari soal manajemen kandang, bagaimana kandang yang ideal buat ternak, hingga cara penanganan ternak yang mengandung dan melahirkan. Trus, dipelajari juga tentang menajemen pakan ternak.

Salah satu bentuk praktikum di kelas tersebut  adalah praktek beternak. Jadi kita beternak mulai dari awal, sampai (hasil ternaknya) dijual.”

muhammad peternakan uns

Muhammad (paling kanan) bersama teman-teman kuliahnya.

Tugas dan ujian yang diberikan:

“Tipe ujiannya kebanyakan esai. Sedangkan tugasnya biasanya berkelompok membuat makalah dan presentasi. Tugas yang paling menatang adalah praktikum Manajemen Ternak Perah yang berlangsung jam 2 pagi! Hahahaha… Soalnya, pemerahan memang dilakukan pagi-pagi banget.”

Peminatan/Konsentrasi di program studi Peternakan:

“Di semester 5, mahasiswa sudah mulai mengambil peminatan studi. Ada konsentrasi Nutrisi. Produksi, Pengolahan dan Sosial Ekonomi. Rencananya, aku mau ngambil Produksi.”

Pelajaran di SMA yang mendukung perkuliahan:

"Biologi, Fisika, dan Kimia untuk perawatan ternak serta pengolahan hasil ternak."

Pekerjaan alumni jurusan peternakan:

“Ada yang bekerja di perusahaan ayam potong, ayam petelur, sapi potong,sapi perah, dan diperusahaan pakan terrnak. Ada juga lho, yang bekerja di bank.”

Karakter dan kemampuan yang perlu dimiliki mahasiswa jurusan Peternakan:

“Pastinya harus berani menghadapi hewan. Trus, bisa mengerti (peka) terhadap tingkah laku hewan ternak. Kapan mereka lapar, kapan ternak sakit, kapan ingin kawin, dan lainnya. Kemampuan tersebut bisa dipelajari. Ada mata kuliahnya juga, kok, mengenai tingkah laku hewan."

Tips supaya sukses menjalani kuliah di jurusan ini:

“Pokoknya, serius aja saat prkatikum. Karena lebih banyak ilmu yang didapat saat praktikum dibandingkan saat di kelas.”

Yuk, berbagi cerita mengenai jurusanmu dengan klik gambar berikut ini.

jurusanku

(sumber gambar: techrepublic.com)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Siti Kholilah | 16 hari yang lalu

Permisi kak Bolehkah mengajukan cuti setelah pengajuan judul skripsi udah mepet bgt mau sempro tapi ada kendala yg buat saya gk bisa mengikuti sempro karna mau nuntasin nilai akademik Mohon solusinya bagaimna kak?

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1