Profesiku: Produser Metro TV, Suci Nuzleni Qadarsih

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi Produser TV / Film / Video‍ yang ditekuni Suci.

Suci Nuzleni Qadarsih bekerja di Metro TV sebagai Produser. Suci merupakan lulusan D3 Penyiaran, S1 Kriminologi‍ dan S2 Psikologi Terapan Sumber Daya Manusia di Universitas Indonesia‍, Depok. Gimana sih, pekerjaan sebagai produser news? Simak sharing si penggemar drama Korea dan program Running Man ini, yuk!

Profesiku:

“Gue produser non-buletin, tepatnya bagian indepth reporting dan investigasi, di Metro TV.

Sekarang, gue memegang program News Story Insight yang tayang tiap Senin pukul 20.00. Ini merupakan tayangan news talkshow yang membahas berita kriminal secara mendalam. Sebelumnya, gue sebagai produser program investigasi, Realitas”

suci nuzleni produser berita

Tugasku sehari-hari:

“Tugas gue adalah mempersiapkan tayangannya. Mulai dari merencanakan tayangan dengan membuat TOR (term of reference) atau semacam outline serta panduan untuk liputan. Kemudian gue merencanakan kegiatan liputan untuk reporter dan camera person (Operator Kamera untuk Televisi, Video, dan Film‍, serta mengontak narasumber.

Setelahnya, kadang gue ikut melakukan liputan. Kelar liputan, gue membuat naskah tayangan, lalu mendampingi proses editing.

Jadi tanggung jawab produser mulai dari praproduksi, produksi, sampai pascaproduksi."

"Modal" yang diperlukan untuk menjadi seorang Produser televisi (berita):

“* Punya pengalaman meliput di lapangan (meliput) minimal 2 tahun.

* Memiliki kemampuan menulis berita televisi.

* Bisa mengemas tayangan, membuat rundown dan segmentasi tayangan (tipe tayangan yang disesuaikan dengan audiens).

* Memiliki rasa tanggung jawab penuh pada tayangan dan pada tim. Karena menjadi produser itu membawahi sekaligus bekerja bersama tim.

* Harus bisa membuat angle berita yang out of the box. Maksudnya, kita boleh berpikir mainstream dengan mencari tema berita yang lagi in, tapi kita juga harus punya pendekatan dan 'rasa' berbeda. Menciptakan isu dan angle sendiri.”

suci

Jalan/tahapan untuk menjadi seorang produser:

“Jenjangnya adalah reporter, asisten produser, produser junior, produser, lalu (ke depannya) menjadi produser senior serta eksekutif produser.

Biasanya, dari reporter menjadi produser junior minimal 3 tahun. Gue sendiri megnawali karier sebagai video journalist (kameramen sekaligus reporter), dan lima tahun kemudian menjadi produser.”

Liputan dan laporan investigasi paling berkesan:

“Hal yang paling berkesan adalah ketika liputan yang kami buat itu bermanfaat bagi orang banyak. Misalnya, apabila dari hasil liputan investigasi kami, para pihak berwenang  menindak beberapa kasus.

Salah satu liputan yang berkesan adalah mengenai Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerja sebagai nelayan di kapal ikan luar negeri. ABK di Indonesia banyak yang pergi berlayar tanpa surat resmi. Bahkan, banyak dari mereka yang harus membayar pungutan liar (pungli) ke oknum petugas untuk dapatkan buku pelaut (ilegal).

Padahal untuk mendapat buku pelaut yang benar, harus melewati tes (kesehatan, psikotes, dan sebagainya). Tanpa buku pelaut yang resmi, nasib mereka sangat riskan. Alhasil, banyak ABK yang kena kasus di luar negeri, seperti nggak dibayar, disiksa, mengalami eksploitasi, dan sebagainya.

Beberapa bulan setelah liputan kami tersebut ditayangkan, muncul lah peristiwa heboh, yakni penangkapan oknum petugas yang bertanggung jawab atas pungli buku pelaut.

Meskipun tidak secara langsung, tayangan yang kami buat tersebut menjadi salah satu referensi untuk kasus yang bisa ditindak lanjuti pejabat atau pihak berwenang.”

Tips untuk anak muda yang ingin menjadi produser berita:

“* Jangan bosan untuk bertanya dan belajar, karena karakter seorang produser itu dibentuk dari pengalaman kita sendiri.

* Sering-sering membaca dan miliki beragam wawasan. Hal ini penting untuk bisa mengembangkan tayangan berita yang kita garap.

* Do what you love, love what you do. Itu membuat kita happy terus dengan pekerjaan kita. Meskipun capek bekerja sebagai produser berita, tapi gue sangat menikmati segala "sport jantung" yang diperoleh dari pekerjaan ini."

(sumber gambar: dok.pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 4 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 1 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1