What Advice Would You Give to Your 20-Year-Old Self – Asmara “Miund” Wreksono

Kami bertanya kepada Asmara “Miund” Wreksono, Managing Editor The Jakarta Post Online, “Kalau kamu bisa mengulang waktu ke umur 20an, apa, sih, hal berbeda yang akan dilakukan?”

“Saran yang akan saya berikan untuk diri saya sendiri waktu umur 20an adalah, jangan cuma nabung. Harus investasi juga! Belajar, deh, tentang investasi, termasuk pasar saham. Semakin cepat mulainya, semakin baik. Mengamankan masa depan itu nggak pernah jadi kegiatan buang waktu, kok.

Dulu saya, tuh, cuek dan ignorant banget sama keuangan, dan baru betul-betul sadar tentang pentingnya menginvestasikan harta ketika saya berumur 27 tahun. Waktu itu bapak saya pensiun, dan bisnisnya kolaps. Keluarga saya benar-benar bangkrut, sampai kami harus menjual beberapa aset. Untungnya, akhirnya kami berhasil bangkit lagi.

Rejeki nggak pernah salah, sih, tapi seenggaknya kita harus mengamankan kebutuhan-kebutuhan pokok, dong. Kita nggak akan pernah tahu kapan kita sakit atau kena musibah, jadi kita harus punya asuransi pribadi. Saya belajar ini lewat pengalaman yang berat, tapi saya masih bersyukur bisa mendapatkan pembelajaran itu.

Nggak kebayang kalau saya nggak sadar-sadar, dan sekarang masih hidup mengandalkan gaji bulanan untuk bertahan hidup, kayak waktu saya berumur dua puluhan. Saya pasti nggak akan bisa berdiri di sini sekarang. So yes, the early twenties is the BEST time to start investing!"

***

Asmara “Miund” Letizia Wreksono-Usuluddin adalah seorang Managing Editor di The Jakarta Post Digital. Alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB ini juga pernah bekerja sebagai (are you ready?) Country Manager di startup aplikasi Creative Hothouse Technologies, penyiar pagi di Motion Radio, Content Producer di CNET Asia, Head Writer di Alpha Brand Media, penerjemah freelance di SDI Media Group Indonesia, penulis website freelance di IC Media Direct, dosen di Universitas Paramadina, Associate Producer di Freemantle Media, Creative Producer di PT. Darana Impero Pratama, produser di radio Hard Rock FM, dan masih banyak lagi! Wo

(sumber gambar: dokumentasi pribadi)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 29 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1