Instagram Stories Bakal Menggeser Popularitas Snapchat Nggak, Ya?

Buat kamu yang baru nge-update aplikasi Instagram, pasti kamu udah lihat fitur barunya yang ada di atas laman feed kamu. Tombol fiturnya seperti ini, nih.

fitur baru instagram

Fitur baru ini adalah Instagram Stories, dimana kamu bisa berbagi foto dan video keseharian kamu dalam format slideshow. Biar makin kece, kamu juga bisa customize foto dan video kamu dengan berbagai emoji, teks, dan drawing tools yang tersedia. Slideshow tersebut akan otomatis “menghilang” setelah 24 jam.

Kok, kayaknya familiar?

Soalnya konsep fitur ini memang hampir sama dengan konsep Snapchat! Setting-nya pun mirip banget. Misalnya, kamu juga bisa mengatur siapa aja yang bisa melihat Stories kamu, melihat siapa aja yang udah melihat Stories kamu, sampai mengirim direct message ke Stories orang lain.

Lalu apakah ini berarti Snapchat bakal turun pamor dan nggak hits lagi di mata para pengguna media sosial?

instagram stories

 

Nope, we don’t think so. Meskipun mirip, tapi masih ada banyak keunikan yang dimiliki masing-masing, sehingga kedua kubu nggak tampil seratus persen sama.

Menurut Mark Zuckerberg, CEO Facebook, Instagram membuat fitur ini untuk menyesuaikan kebiasaan orang-orang belakangan ini, yaitu berbagi foto dan video cuplikan keseharian mereka. Harapannya, fitur Instagram Stories ini bisa bikin Instagram  tetap disukai dan dipakai banyak orang.

Snapchat dikenal dengan medsos yang asyik menampilkan image yang apa adanya dan “nggak sempurna”. Hal ini berbanding terbalik dengan Instagram, karena pengguna Instagram lebih cenderung menampilkan image yang kece dan well-curated.

Kalau grid Instagram kamu terkonsep dengan rapi, kamu pasti nggak suka kalau ada satu foto atau video di grid Instagram kamu yang melenceng keluar konsep. Jadi, kalau kamu ingin sharing hal-hal dalam keseharian kamu tapi nggak mau "merusak" grid Instagram kamu, gunakan, deh, Instagram Stories!

instagram stories

Tapi Instagram Stories nggak (atau mungkin belum?) punya fitur andalan Snapchat, yaitu filter. Jadi buat kamu yang masih suka selfie-selfie pakai filter a la klan Kardashian, Snapchat stories bukan tempat yang tepat buat kamu.

Awalnya, memang banyak orang yang bingung dengan maksud dan kegunaan fitur baru ini. Bahkan ada yang bilang kalau Instagram dan Twitter (yang juga baru meluncurkan fitur serupa) sengaja “ngajak berantem” Snapchat. Waduh?

Padahal kalau ditelisik, udah banyak, kok, aplikasi yang serupa Snapchat sebelum Instagram Stories diluncurkan. Sebut aja Wickr, SlingShot, Egg, bahkan Twitter yang baru-baru ini juga merilis fitur serupa. Meskipun begitu, posisi Snapchat nggak bergeming dan tetap menjadi platform favorit anak muda untuk berbagi keseharian!

instagram stories

Ada juga yang bilang kalau Instagram Stories adalah Snapchat for adult. Anak muda mungkin merasa kurang kekinian kalau nggak eksis di berbagai memdsos, tapi adult likes to keep it simple. Sampai sekarang, pasti orang dewasa di sekitar kamu yang ngerti Snapchat cuma sedikit.

Makanya, orang-orang (baca: orang dewasa) yang nggak kepengen memakai sejumlah medsos yang berbeda-beda mungkin bakal suka dengan Instagram Stories, sebagai pengganti Snapchat. Mungkin bagi mereka, buat apa mengunduh dua aplikasi yang berbeda, kalau ada satu aplikasi yang menawarkan fitur dua aplikasi itu sekaligus?

Kesimpulannya, mau Instagram “nyontek” Snapchat atau nggak, kesuksesan platform media sosial tergantung pada sejago apa pihak platform-nya membaca tren dan minat masyarakat, lalu membuat platform tersebut menjadi sesuatu yang berguna untuk kedepannya. Setuju?

(sumber gambar: blog.instagram.com, techcrunch.com, theverge.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1