Serba-Serbi Asian Para Games 2018

Setelah kemeriahan Asian Games 2018 kemarin, saatnya Indonesia mejadi tuan rumah gelaran olahraga akbar lainnya, Asian Para Games 2018. Seperti yang kita tahu, peserta Asian Para Games (APG) adalah atlet dengan disabilitas. Dalam penyelenggaraannya APG memliki kesamaan dengan event olahraga lain seperti Asian Games, namun adapula yang berbeda dan khas. Sebelum menonton, ketahui dulu berbagai informasi seputar APG 2018 yang  Youthmanual rangkum berikut ini.

* Tahun ini adalah kali ketiga penyelenggaraan Asian Para Games. Event olahraga yang digelar di Jakarta ini serangkaian dengan Asian Games. Panitia Asian Games (INASGOC) berbeda dengan panitai Asian Para Games (INAPGOC).

* Menjelang pertandingan, panitia hanya punya waktu persiapan sebulan aja, yaitu 4 September hingga 4 Oktober. Kenapa? Karena sebelumnya dipakai Asian Games. Jadi sebulan sebelum berlangsungnya AG, venue sudah nggak bisa dipakai. 

* Ada 43 negara Asia yang mengikuti APG 2018 dengan total 2,831 atlet. Kontingen Indonesia sendiri  terdiri dari 294 atlet.

* Hanya ada 18 Cabang olahraga di Asian Para Games. Walau cabor-nya hanya sedikit, namun nomor pertandingannya lebih banyak dibandingkan Asian Games lho, yaitu 546 nomor. Itu karena pertandingannya memiliki banyak klasifikasi untuk beragam atletnya.

* Kamu bisa menyaksikan 18 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Panahan, Atletik, Bulu Tangkis, Boling, Catur, Sepeda, Judo, Menembak, Berenang, Tenis Meja, Tenis Kursi Roda, Lawn Balls, Angkat Berat, Basket Kursi Roda, Anggar Duduk, Voli Duduk, Boccia, dan Goalball. Dua olahraga terakhir terdengar nggak biasa?

Yup, Boccia adalah olahraga yang diciptakan untuk orang yang memiliki keterbatasan gerak fisik atau disabilitas daksa, sedangkan Goalball dimainkan atlet dengan gangguan/keterbatasan penglihatan.

* Bagaimana dengan pertandingan seperti atletik dan balap sepeda? Di Para Atletik diperkenankan menggunakan kursi roda dan prosthesis atau alat bantu menyerupai tubuh, seperti sambungan kaki. Trus, untuk atlet dengan gangguan penglihatan akan ada yang memandu. Balap sepeda pun berbeda dari yang sering kita lihat, yaitu ada nomor sepeda tangan, sepeda roda tiga, dan sepeda tandem untuk atlet dengan gangguan pengelihatan.

asian para games sepeda

* Selain itu, ada juga permainan bola voli dan anggar yang dilakukan sembari duduk. Pokoknya, terbukti kalau disabilitas bukan hambatan untuk berolahraga dan berprestasi. Keren! 

* Konsep opening ceremony 6 Oktober adalah keberagaman dan kemanusiaan. Nah, kalau opening Asian Games lebih ke pagelaran musik dan panggung, menurut bocoran pembukaan Asian Para Games bakalan lebih banyak atraksinya.

* Pemerintah menargetkan kontingen Indoneia mengumpulkan 16 medali emas dan menempati posisi 7. Semoga bisa melampaui target, ya!

* “Harmoni” merupakan kata kunci tema Asian Para Games 2018. Logo Asian Games yang bentuknya menyerupai lingkaran menyimbolkan harmoni antarbangsa di Asia. Logo tersebut juga mewakili bentuk Gelora Bung Karno.

* Maskotnya juga nggak kalah menarik yaitu Elang Bondol, hewan dari daerah Kepulauan Seribu yang hampir punah. Si maskot ini dinamai Momo yang merupakan singkatan dari  motivation and mobility.

logo asian para games 2018 elang bondol momo

* Banyak atlet muda yang ikutan Para Games, termasuk mahasiswi Psikologi UGM, Laura Aurelia Dinda. Mahasiswi angkatan 2017 ini sempat menyabet emas untuk cabang olahraga renang nomor 100 meter gaya bebas pada Sea Games 2017 lalu.

Yup, sejak SD Laura sudah aktif berenang, namun dua tahun lalu ia jatuh dan mengalami patah tulang hingga akhirnya harus berenang tanpa kaki. Namun ia bangkit lagi, “Sukses itu bisa diraih meskipun dalam keterbatasan,” ujar Laura. Inspiring banget!.
atlet disabilitas laura dinda renang
 

Yuk, jadi saksi sejarah dengan mengikuti Asian Para Games yang baru pertama kalinya berlangsung di negara tercinta Indonesia!

Baca juga:

Inilah Atlet Peraih Medali Emas Asian Games 2018 dan Fakta Serunya

Karier dan Profesi Di Balik Gemerlapnya Opening Ceremony Asian Games 2018

Serba "Ter" di Asian Games 2018

(sumber gambar: asianparagames2018.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1