10 Artikel Youthmanual Terpopuler Sepanjang Mei 2017

Apa aja berita, topik, dan isu yang digemari pembaca Youthmanual sepanjang Mei 2017? Seputar seleksi masuk perguruan tinggi masih jadi favorit. Ada juga artikel seseruan Ramadan, karier dan bisnis, serta info yang berkaitan dengan psikologi anak muda.

Simak rangkuman 10 artikel terpopuler sepanjang bulan Mei berikut ini. Untuk melihat versi lengkapnya, kamu tinggal klik judul.

1. “Bocoran” SBMPTN 2017: Jumlah Peserta, Daya Tampung, Serta Jurusan Paling Diminati

Bocoran yang dimaksud di sini adalah berbagai fakta dan trivia penyelenggaraan SBMPTN 2017, termasuk perbandingannya dengan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Di antaranya, ada 85 PTN yang berpartisipasi di SBMPTN 2017, sedangkan tahun sebelumnya 78 PTN.  Tujuh tambahan kampus yang ikutan adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, ISI Surakarta, dan ISI Denpasar, ISI Padang Panjang, Institut Seni dan Budaya (ISBI) Syiah Kuala, ISBI Bandung, serta ISBI Tanah Papua. Trus, peluang masuk SBMPTN tahun ini berkurang 1.5 persen dibandingkan tahun lalu, yaitu menjadi hanya 16.01 persen. Peluang ini berdasarkan perbandingan antara jumlah pendaftar dengan jumlah kursi yang tersedia.

2. Tata Tertib, Dokumen Penting, serta Jadwal Hari-H SBMPTN 2017

Jangan sampai perjuangan panjang menyiapkan SBMPTN gagal total karena kesalahan sepele di hari-H. Makanya, rincian peraturan, hal-hal yang perlu dibawa, plus jadwal tes pada hari-H menjadi sangat penting. Tentu saja, kami juga memuat tips praktis untuk diterapkan saat ujian.

3. Ujian Mandiri PTN 2017: Jadwal dan Serba-Serbinya

Selain SNMPTN dan SBMPTN, ada jalur ujian mandiri untuk masuk PTN. Banyak PTN yang membuka jalur ini, walaupun nggak semuanya. Ujian mandiri adalah seleksi yang dilakukan oleh masing-masing kampus. Artinya, tiap kampus punya jadwal ujian dan aturan yang berbeda. Beberapa kampus seperti UNS bahkan nggak menggelar tes khusus, hanya mengambil dari hasil skor SBMPTN. Tapi ada juga kampus yang memiliki tes tersendiri dengan materi yang mereka tetapkan. Nah, Youthmanual merangkum info ujian mandiri dari berbagai kampus.

4. Mulai Tahun Ajaran 2017/2018: Sekolah Minimal 8 Jam, Sabtu Libur dan Update Lainnya

Mulai tahun ajaran baru, rencananya bakal diberlakukan sejumlah aturan baru secara nasional. Kalau sekarang masih ada sekolah yang nggak libur hari Sabtu, maka mulai tahun ajaran mendatang semua akan libur. Trus, kalau kamu punya temen atau saudara yang jam sekolahnya bikin sirik karena pulang cepat, maka mulai tahun 2017/2018 sekolah berlangsung selama 8 jam. Pak Muhadjir, Menteri Pendidikan, juga mewanti-wanti supaya kegiatan di sekolah nggak berlangsung kaku, sehingga nggak bikin jenuh siswa. Apa lagi update-nya? Cek di artikel ini.  

5. 22 Pertanyaan Wawancara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Di beberapa kampus, selain tes tertulis, diadakan juga tes wawancara. Tentunya, calon mahasiswa yang mendaftar juga harus menyiapkan wawancara penting ini. Makanya, Youthmanual memberikan gambaran 22 pertanyaan yang bisa muncul saat seleksi perguruan tinggi. Perhatikan juga tips dan trik wawancara, supaya performa kamu maksimal dan jalan menuju perguruan tinggi pun lancar.

6. 10 Jenis Gangguan Kepribadian yang Mungkin Nggak Kamu Tahu

Dari cara seseorang mengelola emosi, berperilaku, dan berhubungan dengan orang lain, bisa kelihatan apakah dia memiliki gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian ini merupakan masalah mental yang ringan. Bisa jadi kita memiliki kecenderungan personality disorder tapi nggak menyadarinya.

Kalau misalnya temanmu atau kamu adalah orang yang superior, cenderung agresif dengan orang yang punya pemikiran berbeda, merasa dirinya paling penting, anti dikritik, dan arogan, maka kamu atau temanmu itu memiliki ciri-ciri narcissistic personality disorder. Cek juga berbagai penjelasan 9 gangguan kepribadian lainnya beserta ciri-cirinya.

7. Ciri Anak Muda yang  Bakal Sukses di Dunia Bisnis

Kayaknya banyak nih, yang berminat berbisnis, makanya artikel ini menjadi populer. Di sini dijelaskan 5 ciri anak muda yang bakalan sukses di dunia bisnis. Di antaranya adalah berani mengambil risiko. Yup, kalau cenderung peragu dan nggak bisa keluar dari comfort zone sepertinya bakalan sulit terjun ke dunia usaha yang penuh tantangan dan bisa berubah-ubah. Sebaliknya, sigap melihat peluang, berani mencoba hal-hal baru, dan rada nekad merupakan ciri mereka yang bakalan sukses.

8. 20 Tips Manajemen Waktu yang Harus Kamu Tahu Sebelum Umur 20

Mulailah diskusi di pagi hari atau di awal minggu dengan tim. Supaya sisa waktu di hari atau minggu itu bisa kamu gunakan buat benar-benar mengerjakan tugas. 

Yup itulah salah satu dari 20 tips manajemen waktu yang penting untuk kamu ketahui dan terapkan sebelum umur 20. Kenapa sebelum umur 20, sih? Supaya kamu terlatih untuk mengatur waktu dengan efektif, mengingat di umur 20an, hidup biasanya bakalan lebih hectic. Lagipula, di umur segitu kamu akan mulai bekerja secara profesional, dan mengatur waktu merupakan kualitas yang dapat membantu kamu mencapai kesuksesan.

9. Ramadan Zaman Dulu VS Ramadan Zaman Sekarang

Tulisan ini membuat  kamu flashback sekaligus ngakak membandingkan fenomena di bulan puasa zaman dulu versus era kekinian. Bacaan segar yang bisa kamu nikmati (berhubung kamu nggak boleh menikmati minuman segar. Puasa bos!). Eaaak!

10. CV Kamu Sepi Pengalaman? Cantumkan Hal-Hal Berfaedah Ini!

Berhubung masih muda dan belum banyak makan asam garam kehidupan (halah!), wajar aja kalau pengalaman di CV kamu masih sedikit. Tapi kok, kayaknya sepi dan garing banget, ya? Kalau CV kamu nggak menjual, bisa-bisa nggak dilirik dong, sama perusahaan! Masa’, mau diisi pake caption Instagram atau quote menohok? Solusinya adalah menuliskan hal-hal berfaedah dan relevan, selain pengalaman profesional. Apa saja yang bisa kamu tuliskan? Cek artikel lengkapnya.

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1