8 Cemilan Sehat yang Bisa Menemanimu Beraktivitas #Dirumahaja!

Kegiatan #dirumahaja menjadi trending beberapa hari ini. Kegiatan ini digaung-gaungkan agar semua orang bisa mengisolasi dirinya di rumah dalam jangka waktu minimal lempat belas hari. Nah, saat kamu mengisolasi diri di rumah, bukan berarti kamu diam-diam saja, nih, gaes. Kamu pun harus melakukan aktivitas seperti biasanya. Kalau kamu bekerja, kamu harus bekerja di rumah dan kalau kamu pelajar, kamu harus belajar di rumah. Kegiatan #dirumahaja ini nggak menjadi suatu alasan untuk kamu nggak produktif.

#Dirumahaja menjadi salah satu cara untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19, nih, gaes. Dengan kamu diam di rumah, kamu mrmiliki peluang yang sangat kecil untuk tertular virus ini dari orang-orang di tempat umum. Selain itu, kita pun nggak tahu, nih, apakah kita membawa virus itu atau tidak. Dengan diam di rumah, kamu pun mengurangi peluang untuk menyebarkan virus itu kepada orang lain.

Kalau membicarakan kegiatan #dirumahaja, pasti banyak dari kamu mengaku sangat bosan. Saya pun yang harus bekerja dari rumah, terkadang merasa bosan. Yang biasanya saya bisa jalan-jalan sepulang kerja, karena sekarang harus diam di rumah, aktivitas saya hanya bekerja dan selesai. Pasti kamu yang sedang belajar di rumah merasakan hal yang sama. Parahnya, nih, gaes, banyak dari kamu yang nggak bisa membedakan rasa bosan dan lapar, sehingga kalau bosan pasti kita memilih untuk iseng. Iya, iseng nyemil maksudnya.

Nah, daripada kamu nyemil makanan yang nggak sehat, ditambah lagi kamu nggak memiliki banyak aktivitas, ada baiknya nih, kalau kamu memilah-milah cemilan apa yang bisa kamu makan. Hal ini dilakukan agar kamu nggak memiliki banyak kalori dan tetap sehat. Berikut cemilan sehat yang bisa menemani kamu saat melakukan aktivitas #dirumahaja!

1. Edamame

Edamame merupakan kedelai yang berasa dari Jepang, nih, gaes. Edamame ini memiliki banyak cara untuk memprosesnya menjadi suatu cemilan. Kamu bisa merebusnya, menjadikannya keripik dan kamu juga bisa mengolah edamame menjadi susu. Namun, ketika kamu memakan edamame, baiknya kamu mengolahnya dengan cara merebusnya. Dengan merebus edamame, kamu nggak akan mengurangi kandungan baik di dalam edamame tersebut.

Edamame mengandung banyak zat yang baik untuk tubuhmu, sehingga edamame pun termasuk sebagai cemilan yang sehat. Dengan memakan edamame, tubuhmu akan tercegah dari penyakit diabetes, hipertensi, kanker dan jantung. Edamame juga berkhasiat untuk memperlancar pencernaanmu dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Pisang

Buah yang satu ini merupakan buah yang memiliki zat karbohidrat yang baik untuk tubuhmu sehingga kamu akan merasa kenyang setelah memakan satu buah pisang dalam beberapa waktu ke depan. Pisang mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuhmu, nih, gaes seperti kalium, magnesium, biotin, vitamin C dan vitamin A.

Memang sih, terkadang kalau makan pisang terus menerus, kamu akan merasa bosan. Nah, supaya kamu memiliki variasi dalam memakan pisang, coba deh campur pisang dengan yogurt. Kamu akan merasakan sensasi manis dan menyegarkan sekaligus, gaes! Yakin, nih, nggak mau nyoba?

3. Jus tomat

Kalau kamu lebih suka meminum suatu hal untuk cemilanmu, jus tomat merupakan pilihan yang tepat nih, gaes. Jus tomat memiliki kandungan yang baik untuk tubuhmu, sehingga kamu bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang hanya dengan meminum jus tomat. Selain itu, jus tomat memabntumu dalam mencegah berbagai penyakit seperti kanker. Jus tomat pun dapat membantumu dalam membakar lemak, lho, sehingga kamu yang mau diet atau sedang diet, cocok meminum jus ini.

4. Kacang almond

almond cemilan sehat

Kacang almond merupakan salah satu kacang-kacangan yang sehat untuk dikonsumsi, lho, gaes. Namun, perlu diingat, kamu jangan menambahkan minyak atau garam terlalu banyak untuk mendapatkan kandungan baik yang ada pada kacang almond.

Kacang almond memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuhmu seperti vitamin B, vitamin E, kalsium, zat besi, serat dan lemak tak jenuh. Dengan memakan kacang almond, kamu akan tercegah dari penyakit diabetes, kolesterol dan jantung.

5. Cokelat hitam

cokelat hitam cemilan sehat

Pengen nyemil cokelat untuk menemanimu.melakukan aktivitas #dirumahaja? Bisa, kok! Cokelat bisa menjadi cemilan sehat, nih, nuat kamu. Cokelat yang dimaksud adalah cokelat hitam atau dark chocolate.

Kandungan manis pada cokelat ini seharusnya nggak banyak seperti cokelat lainnya, sehingga cokelat hitam dijadikan cemilan sehat untuk semua umur. Kandungan flavanol pada cokelat bersifat antioksidan sehingga dapat memelihara kesehatan tubuh, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Jadi, kamu yang sedang merasa stres, dengan mengonsumsi cokelat hitam akan merasa lebih baik.

6. Yogurt

Hampir semua orang pasti menyukai yogurt. Rasa asam yang dimiliki oleh yogurt dapat membuat sensasi menyegarkan bagi siapa saja yang meminumnya. Yogurt itu sendiri memiliki banyak kandungan baik seperti probiotik, karbohidrat, protein dan kalsium. Maka dari itu, yogurt bisa dikonsumsi setiap hari.

Kalau kamu nggak mau mengonsumsi yogurt-nya saja, kamu bisa kok, mencampur yogurt dengan makanan lainnya. Kalau kamu ingin merasa kenyang, kamu bisa masukkan pisang atau granola ke dalam yogurt-mu. Kamu pun bisa masukkan berbagai buah-buahan seperti blueberry atau anggur ke dalam yogurt-mu, lho.

7. Rumput laut

rumput laut cemilan sehat

Nah, rumput laut merupakan cemilan yang sedang hits pada saat ini. Siapa sih, yang nggak menemukan rumput laut di supermarket besar atau di minimarket. Rumput laut pada saat ini merupakan makanan populer yang disukai oleh banyak orang.

Akan tetapi, rumput laut yang dijual di supermarket dan minimarket, sebagian besarnya, memiliki berbagai perasa. Kalau kamu mau mrnjadikan rumput laut sebagai cemilan yang sehat, kamu harus mencari rumput laut yang plain alias tanpa ada tambahan perasa.

Rumput laut ini memiliki banyak kandungan baik untuk tubuhmu, lho, seperti vitamin A, C, E, K dan vitamin B. Selain itu, rumput laut pun mengandung kalsium dan besi. Kamu pun bisa mendapatkan energi, protein dan serat dari rumput laut.

8. Jagung rebus

Hampir semua orang menyukai jagung rebus, apalagi kalau diberikan mentega, keju dan susu kental manis. Duh, kalau kayak gitu cara pengolahannya, jagung rebusnya nggak jadi makanan sehat, dong, gaes? Seperti yang kita tahu, kandungan gula yang terdapat pada susu kental manis ada banyak banget, lho. Maka dari itu, sebaiknya mengonsumsi jagung rebus tanpa ditambah apa-apalagi. Jagung sudah memiliki rasa yang manis.

***

Nah, itu dia kedelapan cemilan baik yang bisa kamu pilih untuk menemanimu ketika bosan belajar atau bekerja dari rumah. Cemilan tersebut nggak hanya memberikan rasa kenyang, namun, kamu pun akan mendapatkan tenaga, vitamin dan zat lainnya yang bermanfaat untuk tubuhmu.

Daripada kamu memilih makanan yang mengandung MSG alias micin, yuk beralih ke cemilan sehat! Selain cemilan sehat memberikan banyak manfaat kepada tubuhmu, cemilan sehat ini pun bisa menjaga berat badanmu, lho. Dengan cemilan-cemilan di atas, kamu bisa ngemil tanpa merasa bersalah, gaes, hehe. Jadi, cemilan apa yang akan kamu pilih untuk menemanimu minggu ini, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: pertamakali.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1