Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Sebelum Ujian

Ujian Nasional pekan ini bakal berakhir, tapi masih ada SBMPTN, ujian mandiri, dan UAS untuk anak kelas 10, 11, serta teman-teman mahasiswa.

Salah satu persiapan penting untuk menghadapi ujian adalah dengan menjaga supaya badan sehat dan fit. Kesian dong, kalau kamu belajar mati-matian sob, tapi pas hari H jadi nggak maksimal mengerjakan ujian gara-gara badan nggak fit?

Cara menjaga kesehatan adalah dengan pilah-pilih makanan. Menjelang ujian, hindari jenis-jenis makanan dan minuman ini.

1. Cake dan Muffin

Makanan jenis cake dan muffin mengandung tepung terigu dalam jumlah besar. Secara kimia, tepung terigu ini termasuk senyawa karbohidrat kompleks. Untuk mencernanya, diperlukan waktu dan energi lebih. Jadi, bukannya energinya dipakai untuk membantu fokusmu saat ujian, tapi malah lebih banyak digunakan untuk mencerna makanannya. Jadi usahakan nggak sarapan atau nyemilin makanan ini tepat sebelum jam ujian.

2. Coklat dan Permen

Hmm...siapa sih yang nggak suka coklat dan permen? Walaupun makanan ini jadi favoritmu, hindari memakannya saat ujian, ya. Kandungan gula yang besar dalam jenis makanan ini bisa bikin kamu ngantuk. Ternyata gaes, ketika kita mengkonsumsi gula, senyawa kimia dalam otak yang menjaga pikiran terus "on", akan dihambat. Hmm...gawat juga kalau ngantuk di tengah menjawab soal.

3. Pasta

Karbohidrat memang kita butuhkan sebagai sumber tenaga. Salah satu sumber karbohidrat terbesar adalah pasta. Apapun jenis pastanya, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, apalagi sebelum ujian. Karbohidrat memang mengenyangkan, tapi juga bikin kamu ngantuk. That's why, setelah makan siang biasanya kita ngantuk kan? 

4. Keju

Keju sebaiknya juga jadi makanan yang kamu hindari. Keju punya kandungan triptofan yang besar dan berfungsi untuk pengaturan tidur. Hoaahhmm....ngantuk deh.

5. Minuman bersoda

Mungkin minuman bersoda punya sensasi bikin melek dan seger, tapi semoga kamu nggak setuju dengan pernyataan ini. Minuman bersoda punya kadar gula yang tinggi. Selain itu, meskipun berupa minuman, nyatanya minuman bersoda malah bikin tubuhmu dehidrasi. Malah jadi nggak fokus ujian 'kan, kalau kamu ngerasa haus terus-terusan?

(sumber gambar : bbc.co.uk, lowcarbmaven.com, choice.com.au, stylecraze.com, independent.co.uk, gethealthycairo.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1