Yuk Coba Mengambil Keputusan Secara Efektif dengan Descartes Square

Situasi paling nggak mengenakkan, bagi saya, adalah saat dihadapkan pada dua pilihan yang sulit. Dua-duanya sama-sama menguntungkan dan penting untuk diambil. Tapi seringnya, kita harus memilih satu diantara dua pilihan yang terbaik. Dan menentukan pilihan itu tidak selalu mudah.

Sampai saat ini, ketika dihadapkan pada dua pilihan sulit, saya akan mencoba memprediksi kira-kira apa yang akan terjadi kalau pilihan A saya ambil. Begitu juga kalau saya ambil pilihan B. Saya pikir dengan membuat prediksi dari suatu pilihan, akan mempermudah saya dalam melihat baik-buruk suatu keputusan. Selain itu, dengan membuat prediksi juga sama saja mempersiapkan mental saya, ya supaya nggak kaget menghadapi konsekuensi dari pilihan saya.

Tapi, memprediksi jika suatu pilihan diambil, juga menyimpan kelemahan gaes. Kita jadi hanya fokus pada apa yang “akan terjadi”. Kita nggak tahu kalau pilihan A kita ambil, apa hal yang “akan hilang” atau “yang nggak akan didapatkan”.

Contohnya nih, kamu milih kuliah merantau daripada kuliah di kota asalmu. Mungkin kalau fokus pada yang “akan terjadi” kamu bisa memprediksi kalau kamu akan hidup sendiri. Tapi bisa jadi kamu nggak kepikiran kalau kamu juga nggak bisa ngegantungin mama-mu buat bangunin tidur. Kenapa? Karena kamu kurang fokus pada “yang nggak akan didapatkan”.

Nah, baru-baru ini saya nemu metode pengambilan keputusan yang keren nih gaes. Namanya Descartes Square. Metodenya simple tapi bisa membantu kita untuk menganalisis suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Seperti ini nih gaes caranya :

Sediakan kertas dan bagi menjadi empat kotak. Tiap kotak berisi pertanyaan yang harus kamu jawab. Nah pertanyaan-pertanyaan ini mewakili empat sudut pandang yang kita butuhkan dalam pengambilan keputusan.

Seperti yang kamu lihat, ada 4 pertanyaan yang harus kamu jawab dengan jujur :

  1. Apa yang akan terjadi kalau saya pilih ini? – bisa juga kamu artikan sebagai apa yang akan kamu dapat dari mengambil pilihan ini
  2. Apa yang akan terjadi kalau saya tidak memilih ini? – apa manfaat atau keuntungan yang kamu dapat kalau kamu tidak memilih ini
  3. Apa yang tidak akan terjadi kalau saya pilih ini? – ini sama juga dengan apa kerugiannya kamu memilih ini
  4. Apa yang tidak akan terjadi kalau saya tidak memilih ini? – apa kerugiannya kalau kamu tidak memilih ini.

Metode Descartes Square adalah metode yang efektif dalam mengambil keputusan. Karena metode ini membuat kita berpikir dalam beberapa sudut pandang. Pertimbangan kita jadi lebih kaya dan diharapkan mampu membantu kita untuk memutuskan sesuatu dengan bijak.

Tapi ingat gaes, sebaiknya kita menjawab semua pertanyaan dengan sebanyak-sebanyaknya. Kejujuran dalam menjawab juga diperlukan supaya efektivitas metode ini lebih terasa. Selamat mencoba gaes!

(sumber gambar : life-booklet.com, brightside.me)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1