Menu
Arm-Chair

Editor Film dan Video

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 6jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Editor Film dan Video?

Editor film atau video terampil mengedit film, video atau animasi. Tugas utama editor adalah mengedit gambar yang bergerak dalam film, video, atau media lainnya, juga mensinkronisasi gambar bergerak tersebut dengan suara / lagu yang ada. Editor sering disebut sebagai "sutradara kedua" karena keberhasilan atau kegagalan suatu film atau video bisa terletak di tangan mereka. Editor lah yang membuat sebuah tayangan menjadi koheren, dengan menggabungkan berbagai adegan menjadi suatu tayangan utuh, dengan alur cerita yang enak ditonton.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Asisten Editor Film
Editor
Editor Film
Editor Video Berita
Editor Online
Editor Video

Tugas

Mengatur dan mengurutkan potongan-potongan rekaman mentah menjadi sebuah tayangan utuh, sesuai naskah atau sesuai instruksi sutradara dan produser
Mengulas atau menonton ulang tayangan yang ia susun atau edit, untuk menentukan jika ada perbaikan yang diperlukan
Memotong segmen-segmen tayangan sesuai durasi yang diinginkan, lalu menyusun ulang segmen tayangan untuk membuat adegan yang dapat "bercerita" dengan maksimal
Menentukan suara, musik, dan efek visual spesifik yang dibutuhkan untuk melengkapi sebuah tayangan
Memasang dan mengoperasikan sistem editing pada komputer,  sistem penjudulan elektronik, peralatan penggantian video, dan unit efek video digital untuk memproduksi sebuah produk final
 

 

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemrograman

Menulis program komputer untuk berbagai tujuan.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Kemampuan

  • 1

    Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 4

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

  • 5

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 6

    Sensitivitas Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau memberitahukan perbedaan antara suara yang berbeda nada dan kenyaringan.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©