Menu
Arm-Chair

Food Stylist

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    2.9jt - 4.9jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Food Stylist?

Melakukan seni menata makanan, sehingga makanan tersebut tampak segar dan lezat. Biasanya, penataan seperti ini dibutuhkan untuk pengambilan foto atau video, untuk dimuat pada buku, majalah, situs, atau platform lainnnya. Ada orang yang berprofesi khusus sebagai food stylist. Ada juga yang menjadi stylist secara untuk banyak hal, termasuk makanan, fesyen, produk, dan kecantikan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

2.9jt - 4.9jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Food Stylist
Stylist

Tugas

Bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait dengan makanan dan publikasinya, seperti fotografer, chef, editor dan lainnya Ada pula food stylist yang merangkap sebagai fotografer
Melakukan riset terhadap makanan yang akan ditata, dari segi cita rasa, bahan, keunikan, budaya, dan lainnya, supaya stylingnya tepat
Turut menyiapkan properti yang diperlukan untuk styling
Bisa pula membantu menyiapkan makanan tersebut
Bekerja menata hidangan yang ada di atas piring, dan  kadang juga berbagai hal di sekitar makanan, yang mendukung pengambilan gambar

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Produksi Makanan

Pengetahuan tentang teknik dan peralatan yang dibutuhkan untuk menanam, menumbuhkan, dan memanen produk makanan (dari tumbuhan dan dari hewan) untuk dikonsumsi, termasuk pula teknik menyimpannya.

Seni Murni

Pengetahuan tentang teori dan teknik yang dibutuhkan untuk menciptakan, memproduksi, dan melakukan karya musik, tarian, seni visual, drama, dan pahatan.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Perawatan Peralatan

Melakukan perawatan peralatan rutin dan menentukan kapan dan perawatan seperti apa yang diperlukan.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.

  • 2

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 3

    Ketangkasan Manual - Kemampuan dengan cepat memindahkan tangan, tangan dan lengan secara bersamaan, atau kedua tangan untuk menggenggam, memanipulasi, dan memasang objek.

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©