7 Profesi Kekinian Buat Kamu yang Hobi Makan

Kamu suka icip-icip makanan pas bantuin ibu masak di dapur? Atau kamu suka banget nyobain makanan kalau ada restoran atau cafe yang baru saja buka serta menawarkan menu baru dan unik?

Ternyata hobi kamu yang berkaitan sama makanan, icip-icip makanan atau menu baru di restoran bisa jadi peluang profesi kekinian buat kamu, lho. Kira-kira profesi seru apa aja yang bisa dilakuin kalau kita punya hobi makan, ya? Penasaran? Cari tahu berikut ini.

1. Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook) 

karir chef

Yaps! Profesi pertama buat kamu yang memiliki hobi makan adalah menjadi Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook) alias Koki.

Seorang Koki bertugas untuk mengatur apapun yang terjadi di dalam dapur. Mulai dari penentuan menu, mengkreasikan makanan atau minuman, memilih bahan-bahan, persiapan masak hingga menyajikan makanan/minumannya seperti apa.

Psstt… menjadi seorang Koki itu nggak harus perempuan, kok. Laki-laki pun bisa menggeluti profesi yang satu ini.

2. Food Stylist 

Pernah nggak, sih, kamu tiba-tiba merasa lapar waktu melihat gambar atau iklan makanan yang begitu menggoda? Pasti pernah, dong! Nah, itu adalah hasil sentuhan dari seorang Food Stylist, gaes. Dia bertugas untuk membuat makanan terlihat sangat lezat, sehingga banyak orang terpikat dan datang mencoba.

Food Stylist dan Koki adalah dua profesi yang berbeda, ya. Kalau Koki membuat makanan terasa enak dimakan, Food Stylist membuat penampilan makanan terlihat enak dan menggiurkan. Intinya, sih, Food Stylist itu seperti Make Up Artist a.k.a MUA. Bedanya, MUA menata muka sesorang, sedangkan Food Stylist menata makanan.

Fyi, berkat pesatnya perkembangan bisnis kuliner di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, jasa Food Stylist sangat banyak dicari, lho. Sayangnya, cuma sedikit sekali yang punya keahlian ini. Jadi, buat kamu yang doyan makan sekaligus memiliki jiwa seni, profesi menjadi Food Stylist mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok, gaes.

3. Food Vlogger/Blogger 

food blogger

Tugas dari seorang Food Vlogger/Blogger yaitu mengulas makanan—baik dari sisi rasa, harga, dan suasan tempat makan yang dituangkan melalui tulisan ataupun video ke dalam media sosial ataupun blog pribadi.

Well, kalau dulu me-review makanan adalah sebuah hobi semata. Saat ini, Food Vlogger/Blogger dianggap sebagai salah satu profesi yang menggiurkan. Kenapa saya bilang menggiurkan?

Ya, gimana nggak menggiurkan? Kalau dipikir-pikir banyak keuntungan yang bisa didapat dari profesi yang satu ini, lho. Contohnya aja seperti diundang ke berbagai macam acara kuliner bergengsi, bertemu dengan pakar kuliner terkenal dan ketenaran yang bisa diraih dengan instan melalui para pengikutnya di media sosial.  

4. Food Photographer

Asal kamu tahu aja, nih, gaes. Profesi yang satu ini nggak bisa dipisahkan dari perkembangan bisnis kuliner, lho. Kenapa bisa gitu?

Keberadaan bisnis kuliner dan perkembangan digital serta media sosial yang semakin hari semakin berkembang, mengharuskan para pelaku dari industri ini memikat calon pelanggan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan meng-ekspose makanan melalui fotografi.

Di sinilah peran dari seorang Food Photographer sangat dibutuhkan Seorang Food Photographer harus mampu menonjolkan sisi nikmat atau eksotisnya makanan melalui jepretan yang epik.

Intinya, tugas dari Food Photographer adalah mengambil gambar dari menu makanan semenarik mungkin untuk membuat penikmat kuliner/pelanggan/pembeli semakin terpikat dan ingin membeli produk makanan tersebut.

Oyaa, profesi Food Photographer sedikit berbeda dengan seni fotografi lainnya, gaes. Karena setiap menu makanan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

5. Cake Decorator 

Awalnya, nggak ada profesi yang bernama Cake Decorator. Tapi, seiring berkembangnya tren dalam dunia kuliner ditambah permintaan dekorasi kue semakin meningkat. Cake Decorator mulai menjadi profesi yang menjanjikan.

Profesi yang satu ini memang hampir mirip dengan profesi Food Stylist, gaes. Bedanya, Cake Decorator merupakan seni artistik dalam pembuatan sebuah kue aja. Biasanya jenis kue yang sering digunakan untuk dekorasi antara lain adalah kue ulang tahun, kue pernikahan, cupcakes, atau segala jenis kue yang menggunakan krim sebagai salah satu bahan yang dominan.

Untuk mengenal lebih jauh profesi yang satu ini, kamu bisa baca selengkapnya di: Profesiku: Cake Decorator, Miska Dahlia Wuri.

6. Baker (Pembuat Roti) 

Kamu pasti pernah mencicipi roti, ‘kan? Tahu nggak siapa orang dibalik pembuatan roti? Yup! Dia adalah si Baker atau Pembuat Roti.

Profesi Baker sendiri adalah profesi yang memiliki keahlian dalam mencampur dan memanggang bahan, menghias, hingga menyajikan kue-kuean seperti roti, roti rolls, cookies, kue, pie, atau makanan yang dipanggang lainnya.

Biasanya, profesi yang satu ini akan bekerja di toko roti, restoran, hotel, dan bisnis yang terkait dengan roti. Bahkan, kalau kamu punya skill dalam dunia kuliner, kamu juga bisa menjadi pemilik dari sebuah toko roti yang terkenal, lho.

7. Bisnis makanan

bisnis makanan

Last but not least, selain profesi-profesi di atas, kamu juga bisa, lho, membuka bisnis makanan dengan berbagai menu tertentu seperti dessert, kue kering dan jajanan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa membuka usaha katering!

Kalau kamu punya modal yang sedikit, kamu tetap bisa membuka bisnis makanan, kok. Asalkan kamu memiliki kreatifitas untuk memasarkan makanan tersebut dengan tampilan yang menarik—melalui media sosialmu atau yang lainnya.

***

Itulah beberapa profesi kekinian yang mungkin cocok buat kamu yang doyan makan banget, gaes. Jadi, profesi mana yang mau kamu pilih, nih? Hihihi.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: ila-france.com, wps.edu, tasteofdubaifestival.com, johnacademy.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1