3 Profesi di Masa Depan yang Menarik. Berminat?

Kalau kamu bingung mencari jenis pekerjaan apa yang cocok buat kamu di masa depan. Coba lihat 3 pekerjaan di bawah ini, siapa tahu ada yang nyangkut dibenakmu.

1. Aktuaria  

Aktuaria  

Seperti yang sudah pernah dibahas, di beberapa artikel Youthmanual, profesi ini masih jarang ditemui di Indonesia, gaes (simak selengkapnya di Ilmu Aktuaria, Program Studi yang Jarang Dikenal Tapi Sangat Dibutuhkan di Indonesia). Padahal, nih, ya, Aktuaris menjadi profesi yang cukup menjanjikan masa depan di negara-negara maju, lho.

Gaji tinggi hanyalah sebagian dari keistimewaan yang diterima oleh Aktuaris yang bekerja pada perusahaan besar. Job desc-nya juga menarik, yaitu menakar risiko keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

Sebagai pemula, seorang Aktuaris di Indonesia bisa berpenghasilan pada kisaran Rp 4,4 hingga Rp 7,3 juta per bulan. Wah, menarik nggak tuh?

Oyaa, tahun ini, Aktuaria juga menjadi salah satu dari beberapa program studi baru yang dibuka dibeberapa perguruan tinggi. Jadi, kalau kamu tertarik sama profesi yang satu ini, pastikan kemampuan matematikamu diatas rata-rata, ya, gaes!

2. Food Stylist 

Food Stylist

Gaes, style itu nggak cuma tentang pakaian. Makanan juga bisa dibikin stylish, lho. Dan jasa dari seorang Food Stylist-lah yang dibutuhkan dalam hal ini.

Dulunya, karya seni dari seorang food stylist cuma bisa dilihat di majalah atau media-media cetak yang lain. Namun, seiring perkembangan era digital saat ini, sudah banyak online platform yang bisa kamu gunakan untuk memamerkan kecakapanmu dalam memerpelok tampilan makanan, seperti Instagram, Blog, Pinterest bahkan di YouTube.

Seorang Food Stylist yang masih newbie, nih, bisa berpenghasilan Rp 500 ribu untuk satu set makanan yang dihiasnya. Beda lagi kalau kamu sudah menjadi seorang profesional. Yups, penghasilan Food Stylist profesional bisa mencapai Rp 40 hingga Rp 50 juta per bulannya.

3. Michelin Star Tester

Michelin Star Tester

Ada yang pernah mendengar atau mengetahui mengenai Michelin Star Tester? Kalau belum, sama! Saya juga belum pernah dengar. Hihihi.

Tapi setelah saya mencari tahu dan memahami, Michelin Star Tester ini adalah sebuah penghargaan yang digagas oleh Michelin Guide, perusahan ban di Prancis. Di tahun 1900-an, dia membuat buku panduan khusus perjalanan untuk para kostumernya. Buku panduan tersebut berisikan daftar pom bensin, bengkel, restoran terbaik dunia beserta chef terbaik dan termahal di dunia, hingga toko ban miliknya.

Sejak tahun 1926, Michelin Star Tester ini menjadi patokan kualitas dari sebuah hotel dan restoran di Eropa, gaes. Untuk memperoleh satu sampai tiga bintang, dibutuhkan orang-orang yang bertugas menguji kualitas makanan yang disajikan di hotel/restoran.

Kemudian orang-orang tersebut harus menuliskan laporan atau ulasannya. Pastinya orang-orang yang dipekerjakan adalah seseorang ahli di bidang kuliner dan saat melakukan penyelidikan, para inspektor tersebut akan menutupi identitasnya.

Intinya, Michelin Star Tester hampir sama seperti Food Taster, gaes. Hanya saja, Food Taster lebih membandingkan makanan/minuman yang satu dengan yang lain di sebuah restoran/perusahaan. Contohnya, seperti di perusahaan Mondelez International, produsen aneka makanan dan minuman terbesar kedua di dunia, setelah Nestle (produk Mondelez yang populer: cokelat Cadbury, keju Kraft, Toblerone, Oreo, Ritz, Biskuat, dan Kejucake).

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa restoran yang memiliki Michelin Star Tester. Diantaranya adalah Restaurant Locavore dan Mozaic di Gianyar (Bali), Merah Putih dan Teatro Gastroteque di Badung (Bali), Hakkasan di Kebayoran Baru, dan Tim Ho Wan di Jakarta Utara.

Nah, kalau kamu ingin menjadi bagian dari sedikit orang yang bisa mencicipi 250 makanan setiap tahun di berbagai restoran dan menghabiskan 160 malam di beberapa hotel, nggak ada salahnya kelak bidang ini jadi pertimbangan dalam pilihan profesimu, gaes. Kapan lagi, ‘kan, bisa menikmati kemewahan dan dibayar?

Fyi, jika dirupiahkan, gajinya bisa mencapai lebih dari Rp 200 ribu per jam, lho!

***

Itulah 3 profesi menarik di masa depan yang bisa kamu jadikan pilihan. Apapun pekerjaan impian kamu, dibutuhkan kegigihan untuk mewujudkannya, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: salvationarmy.org.nz, propertycasualty360.com, thisisinsider.com, tripsavvy.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 2 hari yang lalu

Hai Olyfia, setahu kami boleh, walaupun tidak dianjurkan lintas jurusan pada SNMPTN.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Rizka azizah | 3 hari yang lalu

Halo mau tanya, kalau ingin menjadi ahli forensik digital jurusan apa yg tepat untuk dipilih? Teknik informatika? Apakah ada kebijakan harus mempunyai gelar s2 atau s3 atau s1 saja sudah bisa untuk menjadi seorang ahli digital forensik?

Penggemar Serial Detektif? 6 Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu, Lho!
vloggrils squad | 3 hari yang lalu

semoga tahun depan 2022 bisa masuk manajemen pemasaran pariwisata UPI aamiin

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Pariwisata dan Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yuk!
brinaaa18 | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig: brinaaa18 Followers 115k Murmer minat dm ig

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
| 6 hari yang lalu

Halo kak putri apa yang Kaka alami seperti persis yang saya alami sekarang saya merupakan mahasiswi pend.matematika dan sekarang masih 1 bulan berjalan kuliah (masih pemula banget) dan bener banget ga sesuai ekspektasi seperti di SMA. Saya juga milih jurusan ini karena ibu saya yang minta.…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1