Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Dina
5 tahun yang lalu

Haloo, Dina. Aku mau bantu jawab pertanyaanmu ya :) Kenalin, aku Tria. Mahasiswa semester 4 fakultas hukum Undip. 

Dulu aku pernah daftar SNMPTN dan belum ketrima, hehe. Akhirnya aku banting setir ke SBMPTN. 

Aku mempersiapkan SBMPTN semenjak 1 bulan sebelum tes SBMPTN. 1 bulan itu tepat saat waktu jeda antara UN dan SBMPTN. 

Gak ada yang perlu diunggulkan dalam materi tertentu kok Dina. Hanya saja, km harus bisa mengerti kelebihan kemampuanmu. Jadi usahakan kemampuanmu itu bisa mendongkrak nilaimu (tapi seimbangkan juga yang lainnya). 

Misalnya ketika kamu bisa geografi, berarti km harus mampu menargetkan sampe mana poin geografimu. Begitupun yang lainnya. Apalagi dengan sistem SBMPTN sekarang. 

Selalu update pula soal2 yg km pelajari. Dan banyak2 latihan soal ya. Km juga harus tekun dan jangan malas untuk trus berlatih mengerjakan segala tipe soal. 

Dan yang paling utama adalah doa. Berdoalah dan minta diberikan yang terbaik oleh Tuhan. 

Jangan lupa untuk baca2 artikel youth manual ya Dina! Semangat untuk mengejar jurusan yang kamu impikan!


Baca selengkapnya
0 2106
Audhea yolandha
5 tahun yang lalu

Halo, Audhea!

Wah banyak banget jurusan buat kamu yang suka dengan lingkungan dan nggak takut kotor. Tapi kamu perlu perjelas lagi nih, selain menyukai lingkungan, apalagi yang kamu minati dan juga mampu.

Ini beberapa jurusan terkait lingkungan:

Coba kamu eksplorasi dulu ya mana yang paling kamu suka :)

Baca selengkapnya
0 856
Permatha Hati Putri Akyani
5 tahun yang lalu

Haloo Permatha :) aku mau coba jawab pertanyaanmu yaa.. 

Mengenai indikator nilai agar diterima di jurusan atau universitas tertentu itu masih belum transparan hingga saat ini. Sehingga yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar masuk di jurusan dan kampus yang kamu impikan, kamu harus terus berlatih, berdoa, dan sering2 update youth manual ya! 

Semangatttt

Baca selengkapnya
0 1424
dimas ace
5 tahun yang lalu

Tergantung tujuan, dan hal yang hendak di capai apa, 

Luruskan niat kembali kuliah mau ngapain, saran saya reguler saja jika memungkinkan, silahkan di sesuaikan 

Tergantung kebutuhannya

Baca selengkapnya
0 217
ARIF MUDA HASIBUAN
5 tahun yang lalu
Izin menjawab. Bisa kok. Hanya saja emang tetap harus berlatih berinteraksi dengan manusia lainnya, karena komunikasi dengan sangatlah penting. Minimal mampu bersosial, latihan saja ketika berkuliah di dalamnya. Saya meyakini jika memang punya keyakinan kuat menjadi seorang praktisi hukum, dia akan memancing diri agar tetap bisa bicara, minimal dalam keseharian ataupun diskusi. 
Baca selengkapnya
0 3154
RIrin Marinda
5 tahun yang lalu

Halo, Ririn!

Kalau menurut teman-teman yang kuliah jurusan PAUD dan sharing disini (https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-anak-usia-dini-paud-), kuliah di jurusan ini akan banyak menemukan tugas berupa observasi dan laporan dengan topik-topik tentang anak.

Baca selengkapnya
0 1025
Ahm Fozzy
5 tahun yang lalu

Hi! Memang benar kalau teknik kimia dan teknik nuklir sangat dominan dengan fisikanya, untuk kimianya relatif sedikit. Jika kamu mau di salah satu jurusan tersebut, kamu harus lebih tekun dan banyak berlatih tentang pelajaran fisika. Pasti bisa kamu, good luck!

Baca selengkapnya
0 1127
Belafu
5 tahun yang lalu

Hai Belafu,

memang benar, kamu nggak bisa langsung memutuskan bahwa kamu salah jurusan apalagi sebelum kamu menjalaninya terlebih dahulu.

Terlebih jika kamu masuk ke jurusan tersebut melalui jalur SNMPTNyang artinya jika kamu menolaknya, sekolahmu akan di-blacklist oleh kampus terkait dan akan berdampak pada penerimaan mahasiswa baru dari sekolahmu di tahun-tahun selanjutnya.

Jadi, mungkin akan lebih baik jika kamu eksplorasi lagi minat dan kemampuanmu di jurusan tersebut atau di bidang-bidang lainnya yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Siapa tahu, kamu ngerasa nggak "sreg" hanya karena kamu belum pernah mencoba.

Jika setelah dijalani ternyata kamu menemukan minat dan dapat mengasah kemampuanmu dengan baik di sana, good for you! Artinya kamu nggak salah jurusan. Tapi, mungkin aja kamu merasa sebaliknya: nggak betah dan nggak bisa mengikuti perlajaran dengan baik. Itulah sebabnya kamu jangan menutup diri untuk mencoba megikuti kegiatan lainnya untuk membantu kamu mengetahui apa yang sebenarnya menjadi minat dan apa kemampuan terbaikmu, dan bisa menjadikannya referensi untuk menentukan apa yang sebaiknya kamu lakukan.

Kamu juga bisa baca-baca artikel di bawah ini sebagai referensi:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/balada-salah-jurusan-kuliah-dan-solusinya-nggak-harus-pindah-jurusan-kok

Intinya, keputusan mana yang paling baik, balik lagi ke kamu. Jangan pernah berhenti mengeksplorasi! :)

Dijawab kurang dari 1 menit yang lalu
Baca selengkapnya
0 445
Salman Novand
5 tahun yang lalu

Hai Salman,

pada dasarnya, siapa saja bisa berkuliah di jurusan apa saja. Tapi, perlu kamu pahami apakah jurusan Astronomi:

  • sesuai dengan minat dan kemampuanmu?
  • tersedia di PTN yang memperbolehkan calon mahasiswa yang lintas jurusan?

Jika jawabannya ya dan ada, hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah belajar dengan tekun untuk bisa lolos seleksi perguruan tinggi di jurusan Astonomi. Jika jawabannya belum tahu, kamu bisa ikutan tes minat bakat dulu di www.youthmanual.com untuk melihat seberapa cocok kamu dengan jurusan Astronomi, serta memastikan ke kampus terkait mengenai kebijakan penerimaan mahasiswa baru yang lintas jurusan.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 2947
Sandraa Dellaa
5 tahun yang lalu

Hi Sandraa! Kamu dapat mulai mempelajari biologi, fisika, matematika, dan kimia, terutama yang berkenaan dengan tubuh manusia. Untuk itu perlu latihan terus-menerus agar terbiasa dengan setiap bentuk soal dan agar maksimal dalam pemahaman konsep. Good luck!

Baca selengkapnya
0 1472
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1