Keuntungan Mencatat di Kelas

Baru-baru ini saya membongkar buku catatan kuliah untuk bahan pekerjaan. Ya, catatan lebih dari 8 tahun yang lalu ternyata masih bermanfaat hingga saat ini. Sayangnya, mencatat sudah mulai ditinggalkan oleh mahasiswa dan pelajar. Kini, materi yang diberikan di kelas dengan mudah dapat direkam, difoto, dibagikan soft copy materinya, atau googling. Meskipun demikian, mencatat, baik di buku ataupun di gadget, tetap penting dan banyak manfaatnya, yaitu…

1.Mencatat sembari menyimak bisa membantu kita untuk lebih memahami dan mengingat materi yang diberikan. Sebab selain mendengarkan, kita juga menuliskan hal yang penting ke dalam catatan.  

Menurut buku berjudul What’s the Use of Lectures? (Bligh D), hasil riset menunjukkan bahwa siswa yang menulis pelajaran di kelas ke catatan menjadi lebih mengingat materi yang diberikan ketimbang yang tidak mencatat.

2. Membantu kita untuk lebih fokus. Saya membaca ulasan di website kampus Princeton yang menyebutkan bahwa dengan mencatat kita “dipaksa” untuk memerhatikan.

Pernah nggak sih, saat dosen/guru menjelaskan di kelas, pikiran kita suka ke mana-mana? Atau lebih parah lagi, jadi ngantuk? Dengan kegiatan mencatat, kita jadi aktif mendengar dan bergerak (menulis), sehingga terhindar dari "penyakit" benging dan ngantuk.

3. Walau sudah diberikan materi dalam bentuk soft copy atau fotokopi rangkuman dari dosen, namun biasanya ada aja yang terlewat. Di antaranya, contoh yang diceritakan di kelas, penjelasan tambahan dosen, hingga hasil diskusi siswa/mahasiswa dengan pengajar.  Nah, catatan kita lah yang bisa menangkap hal tersebut.

4. Catatan juga bisa menjadi pendamping kita saat membaca buku materi. Buku itu  tebal dan banyak. Nah, berbekal catatan, kegiatan mencari informasi dari buku pun lebih terarah. Apalagi kalau catatannya lengkap.

5. Lebih mudah dan praktis membuka catatan dibandingkan dengan mendengarkan ulang rekaman penjelasan di kelas. Ya, merekam memang jadi salah satu cara favorit yang digunakan pelajar.

Keunggulan rekaman adalah seluruh penjelasan termuat di dalamnya.  Tapi kita mesti membuat transkripsi rekaman yang cukup menyita waktu. Atau memutar ulang rekaman tersebut, yang durasinya cukup panjang.  Apalagi kalau ada banyak kelas dalam 1 semester. Pasti repot banget menyimpan dan mengatur file rekaman semua mata kuliah. Sebaliknya, catatan bisa langsung dibuka dan dilihat per poin.

6. Catatan bisa membantu kamu belajar saat mempersiapkan ujian.

7. Buku atau file catatan dapat disimpan dalam jangka waktu lama dan dibuka kembali saat dibutuhkan, seperti ketika saya mencari dan mempelajari catatan bertahun-tahun yang lalu.

8. Dengan membiasakan mencatat pelajaran di kelas, skill mencatat kamu lebih terasah. Ini akan berguna lho, di dunia kerja, di mana kamu perlu mencatat hasil rapat, briefing klien, dan lainnya.

Ada yang Kontra Juga!

Walau banyak keuntungan dari mencatat, ternyata ada lho yang kontra terhadap kegiatan mencatat di kelas. Alasannya, otak jadi cepat melupakan informasi karena merasa “udah dicatat”. Sebaliknya, proaktif menggali info di kelas, membuat siswa lebih paham.

Gimana dong? Menurut kami kuncinya adalah cara mencatatnya. Jangan hanya fokus menuliskan semua informasi. Tapi, simak materi yang diberikan, dan catat poin yang penting dengan bahasamu sendiri. Trus, kamu juga mesti aktif di kelas dengan berdiskusi dan bertanya. Bukan cuma jadi “juru tulis”, ya.

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1