5 Hal yang Bisa Menyebabkan Tren Berganti-Ganti di Masyarakat

Jika kita mengingat kembali ke tahun-tahun sebelum, anggaplah kita flashback ke tahun 2010an, banyak sekali hal-hal yang sudah berubah dari tahun 2010 hingga ke tahun 2020. Dulu, pada tahun 2010an kalau kita membicarakan soal teknologi, smartphone yang masih banyak "berkeliaran" di pasaran adalah Blackberry. Di tahun tersebut, perangkat Android masih kalah saing, nih, gaes, dengan Blackberry. Namun, jika kita lihat di tahun 2020, perangkat Android sudah merajalela dan sebagian besar gadget-gadget menggunakan Android sebagai sistemnya.

Selain teknologi ada juga hal yang berubah dari tahun 2010 hingga ke tahun 2020 ini, gaes, hal yang berubah ialah lapangan pekerjaan. Dulu, di tahun 2010 mungkin dalam mencari pekerjaan akan terasa lebih mudah dibandingkan di tahun 2020. Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun pastinya berbeda.

Pada intinya, tren setiap tahunnya akan berubah, gaes. Perubahan yang terjadi di tahun berikutnya, pasti disebabkan oleh hal-hal yang kita lakukan di tahun ini. Tren ini bisa berupa tren dalam dunia teknologi, pekerjaan, wisata bahkan hingga ke ranah kuliner. Pasti kita penasaran dong, sebenarnya apa, sih, yang menyebabkan tren bisa berubah-ubah? Nah, buat kamu yang penasaran, cek dulu, yuk, artikel berikut ini!

1. ide dan inovasi

ide dan inovasi

Ketika munculnya suatu tren, pastinya dimulai dengan adanya ide dan inovasi terlebih dahulu, dong. Bisa dibilang bahwa ide dan inovasi ini merupakan suatu hal yang muncul pertama kali sebelum menjadi tren. Misalnya gini, dulu ketika Blackberry masih menduduki pasar, muncullah ide-ide dan juga inovasi-inovasi yang berhubungan dengan Android.

Diharapkan, Android ini menjadi suatu sistem yang unggul dibandingkan Blackberry pada saat itu. Akhirnya, ide ini terus dikelola sehingga muncullah produk-produk Android yang selalu bisa dikembangkan. Nah, karena ide dan inovasi ini, Android menjadi suatu hal yang menjadi tren dari tahun 2010 akhir hingga ke tahun ini.

2. Keterbukaan informasi

Nah, ketika seseorang sudah memiliki ide dan inovasi untuk membuat suatu tren baru, hal yang bisa membuat ide dan inovasi tersebut menjadi suatu tren ialah dengan adanya keterbukaan informasi. Coba bayangkan kalau seseorang memiliki tren dan inovasi tapi mereka nggak memiliki kesempatan untuk mengumumkan ide dan inovasi tersebut. Yang ada, hal tersebut malah nggak dikenal oleh orang banyak.

Misalnya, nih, kamu punya inovasi baru yang berhubungan dengan makanan. Kamu ingin mencoba membuat tren makanan baru yang berhubungan dengan makanan sehat. Meskipun kamu memiliki ide dan inovasi yang keren banget, kalau kamu nggak memiliki kesempatan untuk memamerkan ide dan inovasimu, yang ada, ide hanyalah ide dan inovasi hanyalah inovasi. Nggak akan ada orang yang tahu atas apa yang telah kamu pikirkan dan buat.

Maka dari itu, gaes, keterbukaan informasi merupakan suatu hal yang penting banget untuk mewujudkan suatu tren yang baru. Untungnya, pada saat ini, hampir semua orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang ada. Nah, makanya saat ini tren dengan mudah dan cepat sekali dapat berubah-ubah.

3. Digital disruption

Kalau kita artikan secara gamblang, disruption itu artinya "pengganggu", "pengacau" atau "gangguan". Jadi, kalau diartikan, digital disruption adalah suatu gangguan yang muncul karena digital dan dapat mengganggu bisnis-bisnis yang nggak menggunakan digitalisasi. Contohnya gini, dulu banyak banget hotel-hotel yang berdiri sendiri tanpa adanya digitalisasi. Kalau orang lain mau mem-book kamar hotel tersebut, orang tersebut harus telepon atau datang ke hotel tersebut.

Sekarang, kalau kamu mau pesan kamar hotel, kamu nggak perlu lagi datang ke hotel tersebut dan memesan kamar. Belum lagi kalau ternyata hotel tersebut sudah penuh di-book oleh orang yang datang lebih cepat. Sekarang, kamu bisa memesan hotel dengan lebih mudah. Kamu hanya memerlukan satu aplikasi saja, kamu bisa mem-book kamar hotel untuk satu bulan berikutnya.

Nah, para pemilik hotel yang nggak menggunakan aplikasi ini, pasti akan merasa apa yang namanya digital disruption. Alhasil, hotel tersebut pasti merasakan kerugian. Nah, karena hal tersebut, akhirnya, banyak orang yang belomba-lomba membuat aplikasi sebagai pihak ketiga antara customer dengan pemilik hotel, untuk menciptakan cara booking hotel yang efisien, cepat dan nggak perlu ribet. Akhirnya, pada saat ini muncullah tren-tren booking kamar hotel dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi. Tren ini muncul disebabkan oleh adanya digital disruption.

4. Kemampuan dalam menggunakan teknologi

Kalau ada ide, inovasi dan juga keterbukaan informasi namun masyarakat nggak memiliki kemampuan teknologi yang baik, tren pun nggak akan berubah dengan pesat di masyarakat. Suatu tren bisa berkembang dan berubah di masyarakat pasti dikarenakan juga oleh kemampuan masyarakat dalam menggunakan teknologi.

Kalau masyarakat nggak memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan teknologi, bagaimana bisa suatu tren berkembang dengan pesat di masyarakat. Pasti, untuk membuat suatu tren baru, akan membutuhkan waktu yang lama. Suatu tren bisa berkembang dibutuhkan juga kemampuan masyarakat dalam mengakses teknologi terutama teknologi informasi.

5. Permintaan masyarakat

permintaan masyarakat

Nah, lagi-lagi, suatu hal bisa menjadi tren baru jika masyarakat tertarik dan membeli atau menggunakan barang tersebut. Misalnya, nih, beberapa tahun lalu, makanan cepat saji merupakan makanan yang tren. Hampir setiap anak muda, menghabis waktu untuk nongkrong di tempat makanan saji tersebut.

Namun, pada saat ini, muncullah makanan-makanan sehat dan bahkan adanya toko yang menjual menu makanan sehat yang bisa dipesan untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Nah, makanan sehat ini tentu menjadi tren saat ini karena banyak dari masyarakat yang membeli makanan tersebut. Maka dari itu, gaes, makanan ini bisa menjadi tren karena permintaan di masyarakat.

***

Yap, itulah beberapa hal yang bisa membuat tren di masyarakat berubah-ubah. Kalau menurut saya, tren merupakan suatu hal yang penting dalam menentukan suatu hal. Misalnya, nih, pada saat ini, tren minuman di masyarakat ialah minuman yang memiliki boba di dalamnya. Pada akhirnya, sekarang banyak perusahaan-perusahaan kuliner yang menyisipkan boba di makanan atau minumannya agar bisa mengikuti tren dan diterima di masyarakat.

Kamu pun penting banget, nih, gaes, untuk mengikuti perkembangan-perkembangan tren yang ada sehingga ketika kamu memiliki suatu rencana atau apapun itu, kamu bisa mencapainya dengan mudah. Misalnya, nih, kamu ingin bekerja di suatu perusahaan, daripada kamu lamar kerja kesana dan kemari, cobalah untuk ketahui tren pekerjaan pada saat ini. Ketika kamu melamar pekerjaan sesuai dengan tren, pasti banyak perusahaan-perusahaan yang membuka pekerjaan tersebut atau perusahaan yang membuka tren pekerjaan tersebut, pasti, akan menerima banyak pekerja.

Maka dari itu, gaes, meskipun kamu masih pelajar atau pun yang sudah bekerja, kamu wajib tahu, nih, apa saja yang sedang tren di masyarakat dan hal apa yang bisa menyebabkan tren itu berubah-ubah. Hal ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa mempermudah dirimu untuk mencapai suatu hal. Semangat!

(Sumber gambar: timesofisrael.com, digitaldealer.com, traderfox.com)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 2 jam yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1