Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Kamu Menjaga Kesehatan Mental

Saya paham banget kok, ada banyak hal di dalam hidup ini yang bisa bikin kamu down, sedih, stress, cemas, atau bad mood. Nilai ulangan yang jelek, ujian yang susah, guru atau dosen yang terlalu demanding, tugas yang datang nggak henti-hentinya, hingga gagal masuk perguruan tinggi idaman bisa menjadi sumber masalah yang mengganggu stabilitas emosional kamu.

Hey, it’s okay. Merasa sedih, cemas, takut, bad mood—itu nggak apa-apa. Perasaan-perasaan ini natural dan menandakan bahwa kamu masih merupakan seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk merasa. Lagipula, hidup itu selalu datang sepaket dengan kegagalan dan kebahagiaan ‘kan? Jadi, kalau kamu sekarang atau nanti merasakan perasaan-perasaan di atas, first thing first, saya mau kamu tahu bahwa apa yang kamu rasakan itu valid.

Okay?

Nah, sekarang masalahnya adalah terkadang, ada beberapa orang yang nggak mampu untuk mengelola apa yang dirasakannya itu sendirian. Menghadapi kecemasan, ketakutan, dan rasa sedih yang berlebih seorang diri itu memang bisa terasa overwhelming—ngerti banget kok, saya juga pernah merasakannya. Jadi, di sini saya mau berbagi aplikasi-aplikasi apa aja yang bisa kamu gunakan untuk membantu menjaga kesehatan mental.

Aplikasi berikut memiliki fungsi bermacam-macam, ada yang berfungsi untuk membantu kamu untuk nge-track mood, mengurangi stress dan kecemasan, memberikan informasi terkait kesehatan mental, hingga menyediakan sarana untuk mengenali gejala awal atas masalah kesehatan mental yang lebih serius.

Tenang, aplikasi-aplikasi ini dikembangkan oleh tim psikolog dan psikiater yang ahli di bidangnya, kok. Dan lagi, kalau kamu merasa masalah yang kamu hadapi terlalu berat, saya tetap menyarankan untuk langsung datang mengunjungi tenaga kesehatan jiwa profesional, ya!

1. Moodpath

Moodpath membantu kamu untuk keep track dengan apa yang kamu rasakan setiap hari dan memberikan laporan atas gejala masalah kesehatan jiwa yang mungkin tengah kamu alami. Aplikasi ini akan memberikan kamu reminder sebanyak 3 kali dalam sehari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat mengenai apa yang lagi kamu rasakan saat itu. Setelah dua minggu, kamu bisa mendapatkan review singkat mengenai progress mood kamu plus rekomendasi penanganan lebih lanjut mengenai kondisi kamu.

moodpath app

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti Doctor’s Letter yang bisa kamu gunakan untuk membuka pembicaraan dengan psikolog/psikiater seandainya kamu telah memutuskan untuk mencari bantuan profesional, panduan mengenai gejala-gejala depresi, dan juga helpline contact. Sayangnya, karena dikembangkan di Jerman, helpline contact yang diberikan masih merupakan nomor helpline kesehatan jiwa di negeri tersebut.

2. Calm Harm

Kalau kamu pernah memiliki keinginan untuk menyakiti diri sendiri dalam bentuk apapun, mungkin ini aplikasi yang tepat buat kamu. Calm Harm merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengalihkan keinginan kita untuk self-harm melalui berbagai kegiatan-kegiatan kecil yang mudah untuk dilakukan. Aplikasi ini membagi aktivitas tersebut ke dalam enam jenis yaitu: Comfort, Distract, Express Yourself, Release, Random, dan Breathe.

moodpath app

3. Mood Tools

Mood Tools merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu penggunanya mengidentifikasi dan memonitor mood yang mengarah pada gejala-gejala depresi. Mirip seperti Mood Path, Mood Tools juga memiliki kuesioner yang bisa kamu isi untuk mengidentifikasi gejala gangguan kesehatan mental yang tengah kamu rasakan. Menggunakan asesmen PHQ-9 yang merupakan sebuah self-administered instrument untuk mengidentifikasi gejala depresi, Mood Tools membantu kamu untuk men-track gejala yang kamu rasakan dari waktu ke waktu.

mood tools depression test

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti Thought Diary, Safety Plan (seandainya pengguna memiliki keinginan untuk bunuh diri), panduan mengenai informasi kesehatan mental, dan koleksi video meditasi.

mood tools app

4. MyOasis

Aplikasi ini adalah sebuah game. Yup, kamu nggak salah baca. MyOasis adalah sebuah game yang membantu kamu untuk relaks saat kamu tengah merasa stress atau cemas. Kalau game-game lain akan memaksa kamu untuk memacu adrenalin dan berkompetisi melawan musuh, MyOasis nggak. Dalam game ini nggak ada musuh atau target skor yang harus dipenuhi dalam waktu tertentu, yang perlu kamu lakukan adalah bersantai dan menikmati “Oasis” kamu tumbuh dengan sendirinya. Dengan background music yang sangat santai, setelah main game ini kamu pasti akan merasa lebih tenang, deh.

myoasis app

Oh ya, yang menarik dari game ini adalah, setiap beberapa waktu sekali, sebuah pop-up pesan berisi kata-kata motivasi yang menenangkan dan membangkitkan mood serta semangat akan muncul. Lucu ya?

my oasis app

***

Itu dia tadi aplikasi-aplikasi smartphone yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mental. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Playstore lho, jadi jagan ragu-ragu untuk menggunakannya ya! Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat buat kamu yang lagi down, stress, atau badmood

And always remember, you are precious, you are loved, and you are strong. Cheers!

Baca juga:

(sumber gambar: dokumentasi pribadi, themighty.com, today.mims.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1