Benar Nggak, Sih, Musik Mempengaruhi Produktivitas Seseorang? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya

Belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik? Boleh banget. Tetapi musik seperti apa, sih, yang tepat didengarkan sambil belajar atau bekerja? Dan bagaimana musik bisa mempengaruhi produktivitas belajar dan bekerja?

Lebih Poduktif dengan Musik 1 - Youthmanual

Penelitian membuktikan, kalau kamu sedang mengerjakan pekerjaan yang sama berulang-ulangseperti membungkus barang, memasukkan data dan sejenisnyakamu akan lebih produktif kalau sambil mendengarkan musik. Penelitian lain menambahkan, musik favorit bakal meningkatkan mood kita, dan secara otomatis meningkatkan produktivitas kita juga.

Lebih Poduktif dengan Musik 1 - Youthmanual

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja menggunakan headphones bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan mendapatkan ide-ide lebih baik dibandingkan mereka yang bekerja tanpa musik. Lagi-lagi, hal ini karena mood mereka meningkat.

Lebih Poduktif dengan Musik 3 - Youthmanual

Tapi kalau kamu sedang belajar dan menyerap informasi, segala bentuk distraksi (gangguan) termasuk musik sangatlah merugikan. Dalam sebuah survey, pelajar yang mendengarkan musik  mengalami kesulitan untuk mengulang apa yang mereka pelajari, dibanding mereka yang nggak mendengarkan musik. Jadi coba pikir lagi deh, gaes, kalau mau menyerap informasi baru, lebih enak dalam keadaan sunyi atau dengan musik?

Lebih Poduktif dengan Musik 4 - Youthmanual

Tapi sebaliknya, kalau kamu ingin memicu kreativitas dan gerak, musik akan membantu kamu lebih produktif dan mencapai hasil terbaik. Dengan catatan, musiknya harus musik ambient, alias musik tanpa lirik. Kalau kamu lagi berolahraga, dengarkan musik yang banyak unsur bass dan synthesizernya. Sementara kalau kamu mau berkreasi atau berpikir, dengarkan lagu-lagu mellow.

Lebih Poduktif dengan Musik 5 - Youthmanual

Kalau kamu mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti misalnya menulis, sebaiknya jangan dengarkan musik dengan lirik. Hal ini bakal mengaktifkan pusat bahasa di otak kamu. Jadinya, lirik yang kamu dengar dan kata yang mau kamu tulis malah jadi bertabrakan. 

Sebaliknya, musik dengan lirik bisa memberikan efek positif ketika kamu sedang mengerjakan tugas yang nggak berhubungan dengan bahasa, seperti menggambar atau mendesain sesuatu. 

Lebih Poduktif dengan Musik 6 - Youthmanual

Musik yang familiar bakal bikin kamu lebih produktif dan lebih fokus terhadap tugas yang sedang dikerjakan. Kalau musiknya nggak familiar, otak kamu akan lebih cenderung memperhatikan musiknya. Ujung-ujungnya, fokus kamu terbagi, deh!

(sumber gambar: casw.org.uk, dailyinfographic.com)

LATEST COMMENT
Audry Sophie Biba | 18 jam yang lalu

Jurusan ilmu kelautan itu lebih ke soshum apa saintek?

Mengenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Kelautan
Sya Zikra P | 2 hari yang lalu

Misalnya dari SMK jurusan seni dapat snmptn dan ambil jurusan saintek apakah pasti tidak akan diterima?

Lulus SMK, Kuliah di Prodi Sejalan atau Lintas Jurusan?
Rizkiyanto | 2 hari yang lalu

Open PP/Endrose Tiktok @rizkiyanto25 Folower 83,5k bayar seikhlasnya No tlpon/wa 082116945166

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Marsya Ayu Rofiah Heryani | 5 hari yang lalu

Nerima kok, alumni ku ada yang keterima di UI tapi sayang ga diambil karna ga bisa bayar

Peluang SMK Lulus SNMPTN, SBMPTN atau Ujian Mandiri. Serba-Serbi yang Harus Jadi Catatan Sebelum Berjuang Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1