8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020

World Economic Forum mengeluarkan laporan berjudul The Future of Jobs yang membahas mengenai pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Laporan tersebut merupakan hasil survei mereka ke lebih dari 350 eksekutif perusahaan dari 9 industri berbeda di 15 negara. Laporan ini menunjukkan kenaikan dan juga penurunan kebutuhan pekerja di beberapa industri.

Hasilnya, profesi yang diperkirakan meningkat pesat dan paling dibutuhkan ditahun 2020 adalah.....

Inilah daftar pekerjaan yang diprediksi akan meningkat pesat di tahun 2020.

1. Data Analis

Berdasarkan jawaban para eksekutif perusahaan, orang dengan profesi data analis diperlukan untuk menafsirkan data yang selanjutnya digunakan dalam pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan. Sekarang, hampir semua data tersedia dalam format digital dan diperlukan seorang data analis untuk bisa membaca data yang besar.

2. Developer Software, Programmer, dan pekerjaan yang berkaitan dengan IT

Bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, profesi developer software pun banyak mengisi laman situs lowongan kerja. Di tahun 2020, teknologi komputer diprediksi semakin berkembang, sehingga permintaan programmer komputer dan pembuat software terus meningkat.

3. Arsitek dan Ahli bidang teknik

Lapangan pekerjaan di bidang teknik diprediksi akan naik. Secara spesifik, akan ada pertumbuhan pesat di bidang nanoteknologi, biokimia, robotik, dan material. Diperkirakan akan ada 2 juta lapangan pekerjaan di bidang teknik di tahun 2020 untuk profesi arsitek dan ahli teknik lainnya.

4. Marketing

Dibutuhkan orang-orang pemasaran untuk bisa menyampaikan keunggulan penawaran perusahaan kepada berbagai tipe klien. Akan tetapi, marketing yang dimaksud di sini mengikuti perkembangan teknologi. Online advertising, digital marketing, dan penglolaan medsos menjadi salah satu skill yang dibutuhkan pekerja marketing masa depan.

5. Manajer

Untuk beberapa industri, tahun-tahun sekarang hingga 2020 adalah periode transisi. Perkembangan teknologi cukup mengubah tren di industri-industri ini. Industri media adalah salah satu contoh industri yang sedang dalam periode transisi antara media cetak dan media online. Selain media, ada juga industri entertainment dan informasi yang arahnya ke digital. Industri yang sedang berada dalam periode transisi ini membutuhkan manajer-manajer handal untuk mengawal perubahan.

6. Desainer Produk

Berdasarkan laporan, kreativitas adalah skill yang banyak dicari di tahun 2020. Persaingan di dunia bisnis sangat kompetitif dan tiap perusahaan berusaha untuk memiliki ciri khas dari produknya masing-masing. Pekerjaan seperti mendesain mobil dan gadget diprediksi menjadi pekerjaan most wanted.

7. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi

Teknologi semakin berkembang tapi di satu sisi kebutuhan untuk mengembangkan manusia juga semakin besar. Menurut survey, 65 persen responden yang merupakan para eksekutif perusahaan berinvestasi pada pengembangan skill para karyawannya. That's why, ahli di bidang sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan karyawan. 

8. Hubungan Masyarakat 

Humas khususnya yang berkaitan dengan hubungan dengan pemerintahan sangat dibutuhkan. Masih ingat kan kasus ojek online vs taksi konvensional? Kasus ini membuktikan kalau inovasi di bidang teknologi nggak selalu langsung diterima oleh masyarakat. Teknologi pun juga nggak bisa lepas dari kebijakan pemerintah. Makanya, profesi di bidang humas, khususnya government relation, menjadi sangat dibutuhkan. 

(sumber gambar : vulcanpost.com, weforum.org, careerguts.com, jobindelhi.org, outstandingcolleges.com, multimediamarketing.com, businessnewsdaily.com, inventionland.com, linkedin.com, everything-pr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 23 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1