10 Pekerjaan Populer di Tahun 2020 dan Beberapa Keahlian di Berbagai Industri yang Wajib Kamu Miliki

Masa depan sudah di depan mata, gaes. Teknologi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan semakin mempercepat kehidupan modern. Beberapa pekerjaan dengan mudahnya tergantikan mesin yang diprogram secara otomatis. Menghentikan percepatan teknologi juga kayaknya nggak mungkin, deh. Soalnya, penggunaan teknologi memang bisa menghemat banyak uang dan kita nggak boleh anti teknologi supaya nggak tertinggal dari negara-negara lain.

Terus gimana, dong? Masa kita harus bersaing sama mesin? Ya nggak gitu juga, sob. Manusia nggak sekuat mesin dalam bekerja. Maksimal, kita cuma bisa bekerja delapan jam perhari. Paling ditambah lembur beberapa jam. Cara bersaing di masa depan adalah dengan mempelajari kemampuan baru yang menjadikan kita aset berharga bagi perusahaan dan industri apapun. Tentunya, kemampuan yang harus dikuasai adalah yang nggak dimiliki sama mesin.

Sebelum bicara soal kemampuan yang harus kamu miliki, kira-kira industri apa aja yang bakal populer di tahun 2020? Menurut situs weforum dan fastcompany, ada lima industri yang bakal berevolusi dengan cepat dan terus dibutuhkan.

1. Teknologi dan komputer – Industri teknologi dan komputer udah pasti bakal terus berkembang. Zaman sekarang, semua hal serba online dan mengandalkan teknologi.

2. Pelayanan dan pengasuhan – Industri ini akan terus berkembang karena kepekaan manusia untuk melayani dan memberikan yang terbaik nggak akan tergantikan oleh mesin.

3. Dunia media sosial – Industri media sosial akan selalu dibutuhkan baik untuk personal branding, company branding, interaksi ataupun marketing produk.

4. Pengembangan diri – Nah, industri yang satu ini dipercaya akan sangat dibutuhkan di masa depan sebagai tempat mengembangkan kemampuan manusia. Segala hal yang mempunyai aspek pengembangan diri dianggap investasi yang nggak ternilai, gaes.

5. Inovasi bisnis – Itu kenapa start up menjamur beberapa tahun belakangan. Bisnis yang mempunyai inovasi kece dan bermanfaat akan terus dibutuhkan manusia.

Apa aja pekerjaan yang populer di tahun 2020?

  1. Data Scientist 
  2. Paramedis dan Teknisi Medis Gawat Darurat dan Terapis Fisik 
  3. Sales Periklanan
  4. Representatif Layanan Konsumen  
  5. Analis Manajemen Bisnis 
  6. Developer Software, Aplikasi dan Programmer Komputer 
  7. Dokter Hewan (Veterinarians) 
  8. Desainer Produk Komersial dan Industri 
  9. Manajer Pelatihan dan Pengembangan dan Guru Vokasi 
  10. Auditor 

Lalu, kemampuan apa aja yang harus kita dimiliki di tahun 2020?

1. Kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks - kemampuan untuk melihat satu masalah dan masalah lain yang saling terkait, kemudian mencari solusi terbaik yang bisa menguntungkan semua pihak.

2. Critical thinking - kemampuan untuk mengedepankan fakta daripada emosi saat membangun argumen atau menyelesaikan masalah. Tujuan dari critical thinking adalah supaya kita dapat berpikir dengan rasional dan logis. Kebiasaan berpikir kritis ini lama-kelamaan akan mengasah kecerdasanmu juga, lho. Baca lebih jauh soal critical thinking di sini.

3. Kreatifitas - Mesin nggak bisa kreatif seperti manusia. Makanya, kreatifitas wajib banget dimiliki supaya kamu bisa terus bersaing di dunia kerja nanti. Yuk, baca cara gampang memicu kreatifitas di sini.

4. Manajemen manusia - Mesin mungkin bisa menghitung atau mengerjakan sesuatu dengan cepat. Tapi manajemen manusia dan kepemimpinan adalah sesuatu yang sulit tergantikan.

5. Koordinasi - Komunikasi yang efektif dan kerjasama yang baik dalam sebuah tim menjadi kemampuan yang paling banyak dicari oleh berbagai perusahaan dan indutri apapun.

6. Kecerdasan emosional - kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengontrol emosi dan perasaan diri kamu sendiri, serta memberikan respon berdasarkan pemahaman kamu terhadap emosi orang lain. Baca, deh, ciri-ciri orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi di sini.

7. Membuat keputusan - Cuma manusia yang bisa melakukan kemampuan ini, gaes. Meskipun mesin bisa melakukan penilaian berdasarkan angka dan algoritma tertentu, tapi untuk membuat sebuah keputusan, butuh insting dan kepekaan yang tinggi.

8. Orientasi servis - Orang yang tahu bagaimana memberikan solusi yang terbaik bagi klien akan selalu diincar oleh perusahaan dan industri manapun.

9. Negosiasi - Nggak jauh beda sama poin pertama nih, gaes. Kemampuan seseorang untuk bernegosiasi menjadi amat penting agar kesepakatan bisa menguntungkan berbagai pihak. Baca soal tips negosiasi di sini.

10. Fleksibilitas kognitif - Kemampuan untuk secara cepat melihat persoalan yang ada sesuai dengan logika atau akal sehat. Maksudnya, kamu bisa fleksibel dalam melihat sebuah kebijakan tertentu, supaya respon yang diambil bisa lebih efektif.

 

(Sumber infografik: guthriejensen.com, cloudfront.net, alvarezandmarsal.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Faris Nadhir | 4 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 16 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 24 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 24 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
andi regina wulan lestary nadim | 28 hari yang lalu

Open pp/endorse Ig : @reg.wulll_ bayar seikhlas nya, minat? DM

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1