10 Profesi yang Memungkinkan Kamu Bekerja dari Rumah (Atau dari Mana Saja)

Pernah bercita-cita untuk kerja dari rumah? Ingin punya karier lancar meski nggak ngantor 9 to 5? Dengan kemajuan teknologi dan berkembangnya lapangan pekerjaan, hal itu sekarang bisa banget dicapai, lho!

Deretan profesi berikut ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang pengen ngantor di rumah (atau di mana saja).

1. Content Writer‍ / freelance writer

Dulu, lowongan kerja untuk penulis lepas (non fiksi) dan penulis konten hanya ada di media masa, baik cetak maupun digital.

Sekarang, banyak banget perusahaan yang membutuhkan penulis konten untuk situs, blog, atau media sosial mereka. Dari mulai produk susu, bank, perumahan, usaha travel, sampai industri kuliner pun membuka lowongan untuk penulis konten.

Asyiknya lagi, kalau kamu bekerja secara lepasan (freelance), kamu bisa menulis untuk beberapa proyek dan tempat sekaligus.

2. Content Creator‍ 

Ini dia, nih, profesi yang lagi hip. Bahkan—kalau kamu belum sadar—content creator adalah pekerjaan sosok-sosok beken seperti Ayla Dimitri, Diana Rikasari, Chandra Liow, Andra Alodita, dan banyak lainnya.

Beda dengan profesi content writer yang fokus pada konten tulisan, pekerjaan utama content creator adalah membuat konten kreatif yang bentuknya lebih luas—bisa berupa tulisan, foto, blog yang dominan gambar, kampanye media sosial, video, hingga tulisan kreatif. Pokoknya cakupan pekerjaanya lebih beragam, deh! Seorang content creator bisa bekerja di semua media, tapi umumnya, sih, di media digital.

Tapi kita harus beken dulu nggak, sih, kalau mau jadi content creator?

Nggak juga. Walaupun banyak content creator yang juga merupakan figur beken, biasanya mereka justru jadi terkenal karena mereka ikut "tampil" dalam konten yang mereka buat. Selain itu, karena content creator memang kreatif banget, wajar kalau akhirnya mereka jadi beken.

Tapi banyak juga, kok, content creator non seleb yang sukses bekerja di balik layar.

3. Web Developers / Web Desainer

Bidang IT termasuk bidang yang paling berkembang dan menjanjikan untuk bekerja dari rumah atau di mana saja (alias kerja jarak jauh).

Tugas inti mereka adalah mendesain dan mengembangkan website sesuai request klien/perusahaan. Jadi asalkan kamu punya kemampuan, komputer, dan koneksi Internet, kamu nggak harus kerja berdampingan dengan klien, kok.

Selain kemampuan komputer, profesi ini juga menuntut kreativitas agar bisa membuat tampilan situs/blog yang menarik.

4. Spesialis IT Support

Tiap kantor/perusahaan biasanya memiliki pekerja bagian IT support. Tapi memangnya profesi ini bisa dikerjakan dari rumah?

Kate Lister, penulis Undress for Success: The Naked Truth About Making Money at Home menyebutkan bahwa Spesialis IT support merupakan salah satu pekerjaan menjanjikan yang bisa dikerjakan dari rumah. Toh kalau ada masalah dalam sistem dan program komputer, klien/perusahaan bisa mengeceknya secara online ke si spesialis IT support. Praktis!

Tambahan lagi, kabarnya prospek profesi ini juga cerah banget. Lebih cerah dari wajah kamu setelah disapa gebetan, eaaaak!

kerja dari rumah

5. Arsitek‍ 

Kemajuan teknologi juga ngaruh banget untuk profesi Arsitek. Hari gini, banyak arsitek yang berhubungan dengan kliennya via online. Bahkan ada arsitek yang kliennya di luar negeri, lho!

Ada juga arsitek yang bekerja di rumah, namun tetap ke lapangan untuk mengontrol bangunan yang dia kerjakan.

6. Desainer Grafis

Bikin logo, layout materi promosi, bikin iklan, grafis buat t-shirt, hingga undangan yang keren bisa dilakukan seorang desainer grafis dari rumah.

Sama seperti web developers dan IT support, yang penting seorang desainer grafis punya gadget (PC) yang mumpuni, software yang mencukupi, dan... kopi, hihihi. Kalau semua itu tersedia, bisa, kok, kerja jarak jauh.

Selain itu, seorang desainer grafis yang bekerja jarak jauh biasanya bekerja sendiri (self-employed alias freelance), atau menjadi pegawai kontrakan sebuah perusahaan, atau beberapa perusahaan sekaligus.

Bekerja mencari proyek sendiri alias self-employed memang bikin ngiler, karena gaya bekerjanya menjadi sangat fleksibel. Tapi sebaiknya, sih, seorang desainer grafis—terutama desainer grafis junior—coba bekerja dengan orang lain (perusahaan) terlebih dahulu, agar bisa mendapatkan pengalaman sekaligus memperbanyak portfolio.

kerja dari rumah desainer grafis

7. Perancang Busana‍ 

Perancang/desainer pakaian juga merupakan profesi yang bisa dijalankan dari rumah, asalkan ada semacam workshop atau area kerja yang simpel di rumah.

Perancang bisa melakukan produksi dan penjualan sendiri, atau bekerja sama dengan pemilik butik.

8. Guru Les / Tutor / Pengajar Bahasa Inggris dan Literatur‍ 

Guru les atau tutor bisa mengajarkan pelajaran sekolah atau skill pada murid. Sistem kerjanya tinggal mengatur jadwal para murid yang datang ke rumah untuk belajar. Biasanya, sih, model pengajar seperti ini mengajar secara privat atau semi privat (kelompok kecil).

Zaman sekarang, bisa juga, lho, menjadi tutor yang mengajar secara online.

9. Penerjemah

Yup, ini juga sebuah pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja. Profesi ini mengandalkan kemampuan bahasa tertulis dan untuk menjalaninya, setidaknya kamu harus menguasai dua bahasa, yaitu bahasa naskah yang akan diterjemahkan serta bahasa terjemahannya.

Rumah memang cocok banget untuk mengerjakan tugas ini. Soalnya pekerjaan menerjemahkan cocok dikerjakan di tempat dengan suasana nyaman dan relatif tenang.

10. Penulis sastra/penulis buku (fiksi, non-fiksi, puisi)

Kebanyakan penulis juga menjadikan rumah sebagai basecamp kerja mereka. Gaya bekerja mereka, sih, mungkin kelihatannya santai. Padahal kerjaannya sendiri nggak bisa leyeh-leyeh, sob! Penulis tetap harus fokus, kreatif, dan menepati deadline. Kalau nggak, kerjaannya bisa mandek.

***

Selain 10 profesi di atas, masih ada deretan profesi lain yang bisa bekerja di rumah. Antar lain baker, pemilik usaha katering, blogger, Youtuber, desainer aksesoris, editor,  wirausaha, dan banyak lainnya.

Gimana, tertarik untuk ikutan bekerja dari rumah?

(sumber gambar: jobsthathirefelons.org, shoprocket.co, homegad.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1