13 Ide Bisnis Serta Usaha Jasa yang Gampang dan Murah Untuk Anak Muda

Kamu anak muda yang pengen punya bisnis dan penghasilan sendiri? Tapi minim pengalaman dan, ehm, minim modal? Kamu bisa kok, mulai berbisnis dan merintis karir sebagai entrepreneur dari sekarang!

Inilah ide bisnis serta usaha bidang jasa yang bisa kamu coba:

1. Jual camilan ringan di sekolah / kampus. Kayak chips, kacang, kue kering, cheese stick, dan lainnya. Kamu bisa beli kiloan di pasar atau pesan sama kenalan/ saudara kamu yang jago bikin camilan. Lebih oke lagi  kalau kamu sendiri yang membuatnya.

2. Terima pesanan bekal sekolah. Bisa berupa bento sederhana atau sandwich.

3. Jadi party dan event decorator. Saat ada teman yang ulang tahun, lulus, anniversary, acara sunatan adeknya, dan sebagainya, mereka bisa menyewa kamu untuk bagian dekorasi.

4. Babysitting. Pasti ada aja tetangga atau saudara kamu yang butuh jasa untuk menjaga anaknya saat mereka ada kegiatan, atau pas nggak si mbak/suster. Kamu bisa memasang tarif per jam dan bekerja saat libur atau di waktu luang. Fleksibel!

Di luar negeri kayak di Amerika Serikat, kerjaan kayak begini lazim dilakukan pelajar dan mahasiswa.

5.  Memberi les privat pelajaran, bahasa Inggris, piano, atau lainnya.

6. Kamu suka berburu pernak-pernik lucu? Jual aja aneka pernak-pernik. Misalnya, planner, pulpen, hingga aneka kaos kaki. Pokoknya yang modalnya nggak terlalu besar dan bisa kamu pasarin ke teman-teman atau lewat medsos.

jualan online

7. Jualan barang secondhand yang masih oke. Selain barang kamu sendiri, kamu juga bisa ngumpulin barang milik teman atau saudara-saudara.

Pengusaha muda sukses, Sophia Amoruso  yang merupakan pemilik e-commerce Nasty Girl mengawali usahanya dengan jualan baju vintage, lho!

8. Bisnisin kaos atau jaket untuk kelas/angkatan/ekskul, dll. Caranya, cari dulu tempat membuat kaos yang bagus. Baru deh, tawarin ke teman-temanmu.

9. Kalau kamu jago bahasa, kamu bisa jadi translator freelance. Banyak lho, yang butuh naskah terjemahan, seperti mahasiswa S2 atau dosen. Untuk proyek kecil seperti ini, mereka nggak keberatan menggunakan jasa pelajar.

Beda dengan naskah resmi yang butuh translator khusus, misalnya.

10. Menjadi MC di berbagai acara.

11.Bikin rangkuman bahan pelajaran, kumpulan latihan soal, atau gabungan keduanya. Perbanyak, jilid, dan jual. Pas banget dipasarkan menjelang musim ujian.

12.Bagi yang hobi art dan kerajinan tangan, kamu bisa menjual produk handmade karya sendiri. Bisa berupa tas,  tempat menaruh alat tulis, sarung bantal, kalung, bros, frame foto, scrapbook, pajangan, dan lain sebagainya.

13. Terima pesananan kue atau dessert seperti, cake, cupcakes, pudding dan ice cream.

Baca juga:

(sumber gambar: businessnewsdaily.com)

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1