Selamat Hari Musik Nasional! Ini Dia 7 Profesi yang Berkaitan Dengan Musik

Gaes, tahukah kamu? Jika hari ini merupakan Hari Musik Nasional. Yups, sejak enam tahun silam, tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Ingat, ya, penetapan Hari Musik Nasional ini bukan sebagai Hari Libur Nasional. Hihihi.

Tanggal 9 Maret dipilih untuk mengenang  sosok pahlawan bernama Wage Rudolf Supratman atau yang lebih dikenal dengan W. R. Supratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya. Ya, meskipun ada kontroversi yang menyebutkan bahwa anak pasangan Djoemeno Senen dan Siti Senen ini lahir pada 19 Maret. Namun terlepas dari perbedaan itu semua, W. R. Supratman tetap dianggap sebagai sebagai sosok yang paling bisa mewakili musik Indonesia.

Adanya Hari Musik Nasional ini juga nggak lepas dari peran para musisi dan orang-orang yang terjun dalam dunia permusikan Indonesia, lho. Pada saat Ibu Megawati Soekarno Putri menjabat sebagai Presiden RI, Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia aka PAPPRI, mengusulkan penetapan Hari Musik Nasional. Namun, baru di era Bapak Susilo Bambang Yudhoyono lah, rancangan penetapan Hari Musik Nasional tersebut diresmikan.

Dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 tersebut dijelaskan bahwa musik merupakan sebuah ekspresi yang sifatnya universal dan multidimensional. Musik menghadirkan nilai-nilai kemanusiaan dan memiliki fungsi strategis dalam proses pembangunan nasional.

Btw, di era digital sekarang, rasanya hampir nggak mungkin, deh, di HP atau laptop kamu itu nggak ada musik yang biasa kamu dengerin. Paling nggak ada aplikasi secara daring yang sudah ter-install—seperti Joox, Spotify atau YouTube. Ya, ‘kan?

Meskipun bukan menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang, tapi musik bisa menjadi mata pencaharian atau profesi buat kamu yang memiliki kecerdasan musikal. Hah? Kecerdasan musikal? Apaan itu?

Jadi, kecerdasan musikal adalah salah satu kecerdasan teori Multiple Intelegensi yang dikembangkan oleh Howard Gardner, guru besar dari Havarrd University, Amerika Serikat. Menurutnya, kecerdasan bermusik mencakup kepekaan dan penguasaan terhadap nada, irama, pola-pola ritme, tempo, instrument, dan ekspresi musik, hingga seseorang tersebut bisa bermain musik dan menikmati musik.

Nah, kalau kamu tertarik dengan dunia permusikan atau merasa memiiki kecerdasan musikal yang sangat tinggi, berikut ini terdapat 8 jenis profesi yang bisa jadi pilihanmu.

1. Guru Musik 

Guru Musik

Gaes, ingat nggak sama artikel Profesiku: Guru Musik, Gisela Erika Marhono? Yups, dalam seri “Profesiku” Gisela Erika Marhono menceritakan bahwa di adalah seorang Guru Musik, spesifiknya alat musik piano untuk grup anak-anak di Sekolah Musik Yamaha.

Nggak cuma sampai bisa memainkan alat musik aja, tapi Guru musik juga bertugas untuk mengajarkan murid-muridnya sampai mereka memahami elemen-elemen yang ada dalam musik—seperti lagu, dinamika musik, jenis-jenis suara dan cara mem-produce suara-suara tersebut, gaes.

2. Musik Komposer dan Arranger 

Erwin Gutawa

Dalam dunia musik, pasti akrab dengan yang namanya Arranger, Komponis, dan juga Penulis Lagu. Ketiga bidang profesi tersebut sebetulnya mirip-mirip, gaes.

Arranger bertugas mengubah lagu yang masih polos, yakni baru berupa lirik dan vokal sederhana menjadi sebuah lagu yang utuh—baik secara vokal maupun musikalisasinya secara keseluruhan hingga menjadi lagu yang siap untuk diperdengarkan publik. seorang Arranger juga harus rajin mengikuti perkembangan teknologi yang begitu dinamis dan sering digunakan pada dapur rekaman profesional.

Seorang Komposer lingkup kerjanya sangatlah luas dan kompleks, gaes. Nggak sembarang orang bisa menjadi Komposer. Selain bisa menulis lagu, mengaransemen lagu/musik, seorang Komposer dituntut untuk memiliki keahlian membuat komposisi-komposisi musik maupun vokal secara total yang dilakukan dengan strukturisasi musik secara komprehensif. Intinya, seorang Komposer/Komponis ini bisa dikatakan sebagai seorang Penulis Lagu sekaligus Arranger.

Di Indonesia sendiri banyak komposer-komposer hebat seperti Addie M.S, Erwin Gutawa, dan lain-lain. Sementara di luar negeri ada Carl Marsh, seorang Arranger Musik ternama.

 

(Sumber gambar: thedj.co.uk, katrinapfitzner.com, insta9pho.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1