6 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan yang Pantas Dipertimbangkan untuk Anak SMK

Pekerjaan sampingan seakan nggak membatasi usia pekerjanya—mulai dari anak kuliahan, orang dewasa, bahkan hingga lanjut usia. Lalu apa siswa SMK juga bisa melakukan pekerjaan sampingan?

Jawabannya adalah sangat bisa. Dengan keahlian yang dimiliki, ternyata ada beberapa pekerjaan sampingan untuk pelajar SMK yang bisa dijadikan ajang mencari uang saku tambahan sekaligus mengembangkan kemampuan yang sedang ditekuni, lho.

Selain itu, memiliki pekerjaan sampingan sambil menyelesaikan sekolah akan memberikan pengalaman merasakan dunia kerja sebelum kalian nanti terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Dan, di bawah ini ada beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dipertimbangkan anak SMK untuk mencari penghasilan tambahan dan pengalaman.

1. Web Desainer 

Web Desainer 

Di jurusan multimedia ini para siswa SMK pasti diajarkan mengenai dunia multimedia—mulai dari gambaran secara umum, macam-macam produk multimedia sampai cara mendesain produk multimedia. Salah satunya adalah website. Di jaman yang serba canggih ini, mendesain website bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan karena pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan.

2.  Mekanik Motor  (Montir)

Montir

Untuk siswa SMK jurusan Teknik Otomotif bisa bekerja sampingan sebagai montir, gaes. Banyak bengkel-bengkel yang membuka lowongan pekerjaan sampingan untuk pelajar SMK jurusan Teknik Otomotif. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, bekerja di bengkel juga bisa menjadi sarana untuk mempraktekkan ilmu yang kalian dapatkan di sekolah. Kalian juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai dunia otomotif langsung dari lapangan yang nggak akan kalian dapatkan selama di dalam kelas.

3. Penjahit

 Penjahit

Buat kalian kaum hawa yang sekolah jurusan di tata busana, kalian bisa mencoba profesi penjahit. Dengan ilmu yang udah kalian dapatkan di sekolah kalian bisa berkreasi dengan mendesain pakaian dan menjahitnya. Pakaian-pakaian yang kalian buat nantinya bisa dijual kepada teman-teman atau keluarga. Kalian juga bisa menjualnya secara online lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, LINE dan lain sebagainya.

4. Jasa penginstalan ulang

Jasa penginstalan ulang

Kalo kalian suka mengutak-atik komputer atau kalian anak jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, pasti kalian akan tau, dong, cara menginstal ulang komputer.

Nah, semua komputer mliik orang pasti akan mengalami yang namanya kena virus. Kalian bisa coba tawarkan jasa penginstalan ulang yang udah pernah kalian pelajari di kelas pada saudara/tetangga/teman yang komputernya terkena virus, gaes. Jika satu komputer aja bisa mendapatkan Rp 25 ribu, berapa uang yang akan kalian dapatkan kalo ada 10 laptop?

5. Jasa pengetikan

jasa pengetikan

Kalo kalian punyak keterampilan mengetik cepat, kalian bisa membuka jasa pengetikan, gaes. Pekerjaan ini juga nggak membutuhkan kalian harus berasal dari jurusan mana. Per lembar biasanya dibayar sekitar Rp 5 ribu. Bahkan bisa ada yang lebih. Jika kalian punya teman/saudara/tetangga yang sedang kuliah dan terlihat sibuk, kalian bisa menawarkan jasa pengetikan makalah, skripsi, dan lainnya. Kalo satu lembar aja bisa mendapat uang Rp 5 ribu, gimana kalo 100 lembar?

6. Les privat anak SD

Les privat anak SD

Kalo kalian nggak punya waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan di hari Senin-Jumat, tapi kalian tetap ingin mendapatkan uag tambahan. Kalian bisa, lho, memanfaatkan hari liburmu (hari Sabtu dan Minggu) untuk membuka les privat. Selain mendapatkan uang, kalian juga bisa mengulang kembali pelajaran yang telah kamu pelajari dulu. Siapa yang tau, ‘kan, pelajaran SD bisa kembali bermanfaat.

***

Itulah beberapa pekerjaan sampingan yang cocok dijalankan untuk kalian yang sedang duduk di bangku SMK. Sebenarnya, sih, masih ada banyak pekerjaan yang bisa kalian lakukan, gaes.

Intinya, semua bergantung pada kemauan dan tekad kalian untuk menghasilkan uang sendiri dan nggak perlu meminta uang saku pada orang tua kalian. Daripada waktu kalian terbuang percuma, lebih baik gunakan wakt kalian untuk hal yang bermanfaat, deh!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: crossfitmass.com, webarq.com, moneycrashers.com, videoblocks.com,  clarkcs.net, blog.producthunt.com, homesforheroes.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 20 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1