Kemampuan yang (Mungkin) Nggak Nyambung Sama Profesi, Tapi Berguna Bagi Karier

Dalam bekerja, kita akan dituntut untuk menguasai skill atau keahlian yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan profesi kita masing-masing. Biasanya sih, skill tersebut sudah dipelajari secara formal di bangku kuliah. Tapi, bagaiman kalau kita punya skill yang kayaknya nggak nyambung dengan pekerjaan?

Ternyata, kemampuan yang kayaknya nggak nyambung bisa berguna dan mendukung karier, lho! Misalnya:

Profesi: Tim kreatif, tim produksi media/iklan

Skill: Musik (baca not, bermain alat musik)

Saat kamu  menjadi Produser TV / Film / Video‍, Pengarah Acara Televisi (Sutradara/Director)‍, Direktur Kreatif (Creative Director)‍, Asisten Produksi, atau Copywriter, keahlian di bidang broadcasting dan periklanan jelas dibutuhkan. Tapi soal kamu jago dan hobi bermusik? Kayaknya nggak bermanfaat, deh.

Anggapan tersebut salah banget!

Walau sebuah perusahaan media punya departemen musik sendiri yang diisi oleh tenaga ahlinya, misalnya Komposer dan Penggubah Musik (Music Composer and Arranger), untuk mengisi sound di tayangan media, tapi kemampuan dan kepekaan dalam bermusik bakal sangat membantu pekerjaan orang di belakang layar. Salah satunya, kamu bisa memberikan arahan yang tepat untuk pilihan musik.

Trus, ketika kamu jadi sutradara atau tim produksi sebuah program musik/konser, kamu jadi bisa merancang acara atau pengambilan gambar yang pas dengan musiknya. Alhasil, hasil tayangannya makin keren, deh!

Profesi: Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif‍ dan Wartawan ‍ 

Skill: Dasar-dasar desain layout, photoshop dan fotografi

fotografi

Walaupun media/ industri publikasi punya tim Fotografer atau tim artistik sendiri,  akan sangat menguntungkan apabila seorang penulis atau jurnalis punya skill grafis, mengedit gambar, atau fotografi.

Di samping membantu pekerjaan, keahlian ini juga bakal memperlancar kerja sama dengan divisi lain. Misalnya, memudahkan saat berdiskusi mengenai konsep tampilan artikel/konten dengan fotografer dan bagian artistik.

Apalagi, sekarang banyak penerbitan yang terdiri dari tim kecil. Sehingga kemampuan multitasking dan skill yang beragam akan sangat dihargai.

Profesi: Desainer Interior‍ atau Arsitek‍ 

Skill: kerajinan tangan

Bayangkan kalau kamu bisa bekerja mendesain interior klien atau membuat rancangan rumah mereka, sekalian menawarkan produk pajangan/perlangkapan rumah hasil karya kamu sendiri.

Atau sebaliknya, orang tertarik menggunakan jasa desainer interior/arsitek kamu, karena dapat bonus barang kerajinan tangan karyamu. Lumayan, kan?

Profesi: Dokter Umum (General Practitioners)‍ 

Skill: Menggarap event / event organizer

Ceritanya, sejak kuliah, kamu sudah suka jadi EO suatu acara. Kamu paham banget segala kebutuhan dalam sebuah event. Mulai dari vendor dekorasi, kebutuhan sound, hingga perintilan bikin spanduk, baliho, undangan, dan lainnya.  

Nah, jika seorang dokter 'kan biasanya kerja di rumah sakit atau klinik. Nah, di situ sering ada kegiatan seminar, talkshow, syukuran, kunjungan dari sekolah, dan lain sebagainya. Biasanya, staf rumah sakit dan dokter akan dilibatkan sebagai panitia event. Kalau kamu punya  kebisaan menggarap acara, pasti berguna banget.

***

Kaitan antara skill dan profesi di atas hanya sebagian dari buaaanyaaak contoh lainnya. Skill EO dan kerajinan tangan, misalnya, akan sangat berguna diterapkan di berbagai bidang pekerjaan dan profesi, selain dari yang telah dicontohkan.

Di samping itu, masih banyak skill lain yang membantu karier, seperti kemampuan bahasa,  menulis, komunikasi, pengetahuan soal gadget, dan lain sebagainya.

Yuk, cari dan asah skill kamu. Kemudian, temukan kaitan serta manfaatnya untuk mendukung profesi yang dicita-citakan!

(sumber gambar: bonappetite.com, jpost.com)

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 2 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 4 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1