Starter Pack Magang: Segala Hal dan Perlengkapan Magang yang Perlu Kamu Siapkan

Apa saja hal-hal serta perlengkapan yang perlu disiapkan untuk magang? Yang pasti kamu nggak bisa hanya bawa diri dan inner beauty (Halah!). 

Magang merupakan agenda yang penting dalam kehidupan mahasiswa. Magang dapat menentukan prestasi perkuliahan, bahkan menjadi syarat kelulusan. Di sisi lain, magang juga bisa menjadi awal karier atau batu loncatan menuju sukses. Makanya, sayang dong, kalau magang dijalani tanpa persiapan dan ngasal. Cuma dapet capeknya doang!

Supaya magang membuahkan pengalaman, jaringan, dan nilai yang wuarbiayasak, kamu harus berusaha sungguh-sungguh. Dimulai dengan mempersiapkan perlengkapan magang beserta hal-hal yang dibutuhkan, berikut ini.

1. Surat lamaran. Ingat, surat lamaran bukan email yang berisi:

Hai, Sis, saya mau magang. CV terlampir, yha.

Kamu itu anak kuliah yang mau magang di sebuah perusahaan, sob. Bukan lagi chat di olshop.

Susun surat lamaran yang baik dan benar, serta “menjual”. Butuh contekan membuat cover letter alias surat lamaran magang yang oke? Cek di sini.           

2. Curriculum vitae. CV menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan apakah kamu lolos atau nggak. Tapi ‘kan belum punya pengalaman kerja? CV nggak hanya berisi pengalaman kerja formal, kok. Intinya, CV menjelaskan latar belakang pendidikanmu, kompetensi, pengalaman, hingga minatmu.

Baca juga penjelasan soal kesalahan yang sering terjadi saat menyusun CV, supaya kamu bisa membuat yang tepat.

3. CV online. Ini memudahkan perusahaan untuk “melihat” kamu.

4. Make over” media sosial. Nggak bisa lagi ngepost sesuka hati, apalagi kalau akun kamu nggak di-private. Nggak perlu dijelasin panjang lebar, ya, bahwa kata-kata kasar, melecehkan orang lain, dan menampilkan hal-hal yang nggak etis bikin perusahaan urung menjadikan kamu anak magang.

Bahkan hal yang kelihatannya simpel, seperti posting-an bahwa kamu lagi malas, bisa menjadi bahan penilaian. Pernah lho, ada seorang senior di perusahaan startup yang batal mempekerjakan kandidat anak magang gara-gara si calon anak magang nge-post bahwa dia malas menyelesaikan tugas kuliah.

And oh yes, they really DO check your social media. "Setelah membaca cover letter serta CV kandidat yang potensial, saya pasti akan googling namanya. Trus, lihat-lihat akun medsos dan posts-nya, deh. Biasanya dari situ karakter orangnya akan keliatan. Setelah itu baru diputuskan, apakah kandidat tersebut akan dipanggil wawancara atau nggak," Novita Imelda, Director of Operations Female Daily Network membocorkan proses perekrutan karyawan.

Yup, mungkin medsos berperan seperti “CV kehidupan sosial” kamu kali, ya. Selengkapnya soal pengaruh medsos bagi karier dan masa depanmu bisa dibaca di sini.

5. Baju formal. Setidaknya kamu punya 3-4 kemeja dan 2 rok/celana bahan dengan warna netral dan model basic. Kalau punya blazer serta atasan batik lebih oke lagi. Soalnya, pakaian standar seperti ini dapat dipakai di semua tempat magang dan mudah dipadupadankan.

Nggak perlu mahal, kok. Baju dari kakak atau om/tante, asalkan masih pantas dan muat, boleh-boleh aja dipakai. Nantinya, kamu bisa mengkombinasikan baju formal basic tersebut dengan scarf, outerwear, dan pakaian lain yang lebih “edgy”, namun tetap sesuai dengan  aturan perusahaan magang.

jokes magang

Jokes seputar magang.

6. Sepatu resmi, pantofel untuk cowok dan sepatu tertutup dengan hak minimal 3 sentimeter untuk cewek. Ada sih, kantor yang memperbolehkan kamu untuk magang dengan pakai sneakers atau flatshoes. Tapi nggak semua. Bayangkan kalau kamu harus magang di kantor pemerintahan atau instansi konvensional, pasti harus serba formal.

7. Tas yang sesuai dengan penampilan formal kamu plus aman buat membawa barang-barangmu.

Saya pribadi lebih suka tas yang memiliki banyak sekat. Supaya  nggak tercampur antara barang pribadi, barang yang berhubungan dengan pekerjaan, dan buku/perintilah yang berkaitan sama kuliah (karena walau sedang magang, biasanya ada hal-hal terkait kuliah yang juga dilakukan).

8. Alat tulis. Ini kesannya kecil, tapi penting. Kamu bakal kelihatan nggak profesional (bahkan ganggu) bila bolak-balik minjem pulpen (atau alat tulis lainnya) di kantor. Apalagi kalau sampai nggak dibalikin…. Hmmm….

9. Buku catatan. Sebagai anak baru, banyak hal yang perlu kamu pelajari dan ketahui. Salah satu caranya adalah dengan mencatat. Jangan malas menuliskan pengarahan yang penting, apalagi pas meeting. Walau nggak disuruh, tapi coba kamu inisiatif.

10. Laptop yang mendukung pekerjaanmu. Gaes, daripada kamu beli hape yang harganya nyaingin harga motor, atau barang branded yang menguras dompet (ortu) kamu. Mendingan “investasi” laptop yang menunjang kegiatan magang sekaligus kuliah kamu. Percaya deh, invertasi tersebut bakal worth it.

Laptop ini bakal lebih setia menemani kamu ketimbang pacar. Kamu pun bakalan lebih sering menatap screen laptop daripada mandangin gebetan. Yekan?

Karena urusan kerjaan, laporan magang, presentasi, hingga nyicil tugas kuliah, dan skripsi bakalan mengandalkan laptop, maka diperlukan perangkat yang kece serta cocok untuk kamu yang punya banyak kesibukan. Apalagi kamu juga beredar ke mana-mana alias mobile. Nah, Swift 7, laptop keluaran Acer bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pertama dan cukup penting, Swift 7 lebih tipis dari buku kuliah dengan ketebalan kurang dari 1 senti (9.98 milimeter saja!) dan bobot 1.1 kilogram. Nggak praktis banget, ‘kan, kalau harus bawa-bawa laptop segede gaban?

Kedua, baterenya tahan hingga 9 jam. Berarti lumayan aman lah ya, kalau harus meeting di luar kantor. Ketiga, teknologinya yang terdepan, seperti Operating System Windows 10 dan prosesor Intel generasi ke-7 Core i7. Keempat, koneksi internet supercepat karena dibekali wireless 802.11 ac dengan 2×2 MIMO. Streaming, download, upload, jadi bebas lemot. Browsing pun 5 kali lebih cepat dibandingkan laptop biasa. Kelima, laptop ukuran 13.3 inci ini dilengkapi USB 3.1 Type C yang bisa mentransfer data 10 kali lebih cepat ketimbang USB 2.0.

acer swift 7

Anyway, laptop ini memenangkan Japan Good Design Awards. Jadi desainnya pas banget untuk memyempurnakan penampilan profesional kamu.

11. Software dan fitur yang menunjang pekerjaan kamu. Yup, kamu tinggal memasukkan semua yang kamu butuhkan di laptop. Apalagi, Swift 7 memiliki  storage SSD 256GB serta RAM 8GB LPDDR3L. Recommended!

12. Segala aplikasi dan perlengkapan yang memudahkan hidupmu. Jika belum memiliki aplikasi angkutan online atau mobile banking, kamu perlu download. Kenapa? Karena saat magang, kesibukan kamu bakalan jadi makin padat. Fasilitas yang memudahkan dan bikin waktu kamu jadi efisien akan sangat bermanfaat.

Good luck dear intern!

(sumber gambar: interntheory.com, Twitter/East India Comedy, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1