Cara Membuat Cover Letter dan 5 Hal Penting yang Harus Kamu Cantumkan di Dalamnya

Buat kamu yang belum tahu apa perbedaaan cover letter, CV dan resume, silakan baca artikel Youthmanual yang ini ya, gaes!

Kali ini, saya mau membahas soal apa aja yang harus kamu cantumkan dalam sebuah cover letter. Amanda Agustine, seorang penasihat karier yang bekerja untuk perusahaan di Amerika bernama TopResume, bilang bahwa menurut penelitian yang udah dilakukan, 50% perusahaan menganggap cover letter itu penting. Sementara 50% lainnya merasa nggak melihat cover letter sama sekali dan langsung melihat kualifikasi di CV.

Masalahnya, kita nggak tahu apakah perusahaan yang kita lamar bakal peduli atau nggak sama cover letter. Karena itu, bikin cover letter yang kece tetap penting dong ya, gaes!

Membuat cover letter emang sedikit membingungkan. Kenapa? Karena cover letter nggak boleh terlalu panjang tapi tetap harus menarik. Ibaratnya, cover letter menentukan cinta pada pandangan pertama si perusahaan ke kamu. #eaaa​

Bagaimanapun juga, perkenalan pertama yang terlalu singkat bikin nggak jelas, tapi kalau terlalu panjang malah jadi membosankan.

Sebelum kamu mulai membuat cover letter, ada tiga hal yang harus kamu lakukan:

1. Cari tahu kepada siapa dokumen lamaran kerja ini kamu kirimkan. Misalnya, cari nama pimpinan HRD di perusahaan kamu melamar. Hindari penggunaan "to whom it may concern" atau "dear sir/madame", karena itu terlalu umum. Ibarat mau ngegebet pacar, masa kamu nggak tahu nama calon pacar kamu siapa. 

2. Cari tahu tentang posisi pekerjaan tersebut. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang profesi tersebut, kamu bisa lihat daftar profesi di Youthmanual, lho. Kalau kamu tahu deskripsi pekerjaannya, kamu bakal lebih mudah mengindentifikasi skills yang dibutuhkan.

3. Cari tahu tentang perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu nggak tahu perusahaan itu bergerak di bidang apa dan apa visi misinya. Banyak banget lulusan universitas ternama yang terlalu malas mencari tahu. Padahal, ini bakal jadi nilai lebih di cover letter yang kamu susun dan wawancara kamu nanti. 

***

Nah, kalau sudah mengetahui tiga hal di atas, berikut lima hal penting yang harus kamu cantumkan di cover letter dokumen kerja berdasarkan video yang dibuat Amanda untuk situs Business Insider.

Perkenalan Diri

1. Tuliskan dengan singkat bagaimana kamu bisa tahu lowongan kerja di perusahaan tersebut. Kalau kamu tahu lowongan tersebut dari seseorang yang kamu kenal, silakan sebutkan nama agar perusahaan yakin bahwa kamu dan perusahaan sama-sama mengenal seseorang yang cukup familiar.

2. Tuliskan dengan singkat apa yang bikin kamu tertarik sama posisi yang kamu lamar tersebut. Ceritakan kenapa posisi tersebut penting buat kamu. Apa yang ingin kamu pelajari dan bagaimana pandangan kamu tentang pekerjaan tersebut.

Penjelasan Bahwa Kamu Adalah Kandidat yang Tepat

3. Tuliskan kenapa kamu adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut. Buktikan kamu punya skills yang tepat dan bukan cuma skills umum kayak mampu bekerja keras dan bekerja dalam tim. Buat skills dengan bentuk poin dan bukan paragraf.

Penjelasan Bagaimana Kamu Bisa Berkontribusi Bagi Perusahaan

4. Tuliskan bagaimana kamu akan menerapkan skills kamu untuk perusahaan. Kalau kamu punya pengalaman yang ingin kamu sampaikan, maka pengalaman tersebut harus berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Sehingga perusahaan bisa tahu bagaimana kamu bisa berkontribusi.

5. Tuliskan kapan kamu akan follow up surat lamaran kerja kamu dan cantumkan nomer telepon atau email bahwa kamu bisa dihubungi untuk wawancara.

***

Selain 5 hal penting di atas, ini quick tips yang harus kamu perhatikan:

* Gunakan margin 1” – 1.5” supaya cover letter kamu tetap enak dibaca. Jangan lupa cek penulisan. Jangan sampai banyak typo ya, gaes!

* Gunakan ukuran huruf 12. Kalau terlalu besar atau terlalu kecil, cover letter kamu bakal bikin sakit mata. Jenis hurufnya juga Times New Roman atau Calibri aja. Jangan pakai jenis huruf yang terlalu nyeni kayak Lucida Handwritings. Zzz…

* Gunakan align paragraf rata kiri atau rata kiri kanan. Paragraf yang rapi bikin perusahaan tertarik untuk membaca dengan detil cover letter kamu.

 

(Sumber gambar: nbfire.us, projobresume.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1