Menu

10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Suka Menyelidiki dan Menganalisa Bak Detektif

Siapa di sini yang seringkali dicap paling observan, mengutamakan logika, terlalu “kepo”, dan agak-agak rebel? Hihihi.

Kamu yang memiliki ciri khas seperti detektif Conan ini adalah tipe pemikir yang menyenangi hal-hal logis. Nggak heran, sih, kalau semakin kamu mengenal dirimu, kamu cenderung menyukai apa pun yang “pasti-pasti aja” alias ilmu eksak. Kamu juga mampu memecahkan masalah dengan efektif, memahami pola, serta lebih senang bekerja independen. Aih, roman-romannya intelijen bingit, nih!

Trus, kalau iya, apakah artinya kamu cuma punya satu masa depan—yaitu ngikutin jejak Conan sebagai detektif?

Nggak, kok.

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The Curious Analyst dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Teknik Informatika‍ 

1

Di jurusan ini tentunya kamu bakal mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya terutama di bidang bisnis dan usaha. Nggak melulu soal teori, Teknik Informatika juga mewajibkan kamu untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Nah, untuk menguasai studi Teknik Informatika dengan baik, paling tidak kamu harus memahami logika dan Matematika. Ini supaya kamu bisa mempelajari bahasa pemograman. Sains banget, ‘kan?

2. Geofisika‍ 

Jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini mempelajari seluk-beluk bumi dan lingkungannya. Dengan memanfaatkan kaidah-kaidah fisika dan metode matematika, studi ini mencari tahu serta menjelaskan fenomena fisika yang terjadi di bumi pada masa sekarang dan masa lalu. Tujuannya agar bisa memproyeksikan fenomena yang akan terjadi pada masa depan. Prediksinya bukan nebak atau berupa ramalan, lho. Proyeksi fenomena fisika tersebut dinyatakan dalam bentuk parameter fisis yang terukur.

3. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota‍ 

Jurusan ini dikenal juga dengan Teknik Planologi. Disini, kamu bakal mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Nggak seperti jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Bisa dibilang, kemampuan analisa di bidang eksak dan sosial kamu akan sangat diasah di jurusan ini. Wih!

4. Bioteknologi‍ 

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mengandalkan riset dan teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar guna menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Seru banget, nggak, sih?

5. Astronomi‍ 

5

Ilmu perbintangan mungkin aja menjadi subjek yang menarik bagi kamu yang senang melakukan eksplorasi dan mencari tahu mengenai hal-hal yang berada di luar bumi. Nah, pas banget rasanya kalau kamu pilih jurusan Astronomi yang menitikberatkan pembelajaran pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya, dan kosmologi.

6. Rekayasa Hayati‍ 

Belajar di jurusan ini akan memberikan kamu pemahaman mengenai senyawa dan sistem produksi dengan tumbuhan. Dipelajari pula bagaimana efisiensi sistem produksi tersebut. Secara prinsip, jurusan ini agak mirip dengan jurusan Teknik Kimia. Yang membedakan adalah objeknya, yaitu menggunakan agen hayati. Psst, saat ini jurusan rekayasa hayati baru tersedia di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, lho!

7. Oseanografi‍ 

Jurusan ini emang nggak begitu populer, tapi perannya dibutuhkan banget, lho, di negara kita yang 70% permukaannya adalah laut ini. Di oseanografi, kamu akan mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut emang susah untuk diprediksi, makanya jurusan ini sangat membutuhkan anak muda yang kritis dan analitis seperti kamu. Asik!

8. Statistika‍ 

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Emang, sih, kesannya ngebosenin banget karena kamu bakal banyak bergelut dengan angka. Tapi, sebenarnya statistika punya peran yang sangat penting sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Makanya, kamu yang punya daya analisis tinggi cocok banget untuk milih jurusan ini.

9. Radiologi‍ 

9

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari ilmu kesehatan/medis yang bisa menyalurkan hobi berpikir kritis nggak melulu kudu masuk program studi Kedokteran, kok. Cabang ilmu kedokteran ini mempelajari teknik menganalisa bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan sinar X. Yang dibutuhkan dalam studi Radiologi adalah keterampilan mengoperasikan alat-alat medis yang bersangkutan, menganalisa hasil, serta keterampilan manajerial.

10. Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)‍ 

Jurusan satu ini terbilang baru, yang terintegrasi dalam kurikulum berbasis Technopreneurship. Dengan mendalami jurusan ini, kamu diharapkan mampu menghasilkan produk pertanian dengan mutu tinggi. Mahasiswa juga mendalami berbagai inovasi dalam teknologi dan teknik sistem agroindustri yang berwawasan lingkungan a.k.a ramah lingkungan.

(sumber gambar: fractuslearning.com, imgrum.com, theodysseyonline.com, blogspot.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©