7 Jurusan Ini Emang Sepi Peminat, Tapi Prospeknya di Masa Depan Wow Banget!

Bisa dipastikan alasan utama kenapa ada jurusan-jurusan yang sepi peminat adalah…

“Katanya”, kalau milih untuk kuliah di jurusan tersebut, masa depannya belum tentu terjamin.

Wah, kayaknya yang masih punya pemikiran seperti itu perlu banyak update soal prosek jurusan kuliah di masa depan, nih!

Menurut database kompensasi dan proyeksi pertumbuhan yang disusun oleh PayScale dan didukung oleh Biro Statistik Ketenagakerjaan Amerika Serikat, ada 15 jurusan yang prospek dan gaji rata-ratanya dianggap menjanjikan di tahun 2020 mendatang. Nah, 7 diantaranya adalah jurusan anti-mainstream, alias jurusan yang nggak banyak peminatnya.

Jurusan-jurusan apa aja, sih?

1. Teknobiomedik‍ 

1

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 69 juta rupiah/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 128 juta rupiah/tahun

Teknobiomedik atau Biomedical Engineering adalah teknik terapan dalam bidang medis (kedokteran) yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

Jurusan ini melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru dan diharapkan sekali untuk dapat mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/ bagian badan yang sakit pada tubuh manusia.

2. Biokimia‍ 

2

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 55 juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 106 juta/tahun

Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Jangkauan ilmu Biokimia, tuh, luas banget, lho!

Nggak cuma mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Kamu bakal belajar tentang kimia, molekul, dan proses kimia yang diperlukan dalam kehidupan, serta pengenalan zat seperti karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat yang membentuk kode genetik mahluk hidup.

3. Teknik Lingkungan‍ 

3

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 67  juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 115 juta/tahun

Jurusan yang pada umumnya berada di bawah Fakultas Teknik ini awalnya bernama Teknik Penyehatan, lho, gaes. Di sini, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, dan lain sebagainya.

Kelestarian lingkungan adalah sesuatu yang mutlak dan tak bisa ditawar lagi di kehidupan manusia—baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Saat ini, hampir semua orang, lembaga, atau bahkan perusahaan yang kembali menyerukan slogan “go green” demi melestarikan lingkungan. Mereka sadar betapa pentingnya kelestarian lingkungan yang tentunya akan sangat dibutuhkan para generasi penerusnya.

4. Teknik Geologi‍ 

4

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 59 juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 108 juta/tahun

Geologi adalah ilmu yang mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Ketika kamu mempelajari Geologi, maka kamu juga belajar untuk bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi selama itu menyangkut fisik bumi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal tentang ilmu bumi yang meliputi perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lain sebagainya. Untuk bisa menekuni ilmu ini, kamu harus punya pondasi yang kuat di bidang Matematika, Fisika, dan Biologi. Karena masih banyak banget bagian dari bumi yang belum ter-discover oleh manusia, jadi masih banyak banget ilmu-ilmu dan pengetahuan mengenai yang harus kita gali dari sini!

5. Matematika‍ 

5

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 68 juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 125 juta/tahun

Program studi Matematika kurang mendapatkan minat karena mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Padahal, jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus. Para mahasiswa jurusan ini mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika.

Untuk prospeknya sendiri, lulusan jurusan matematika ternyata nggak cuma bisa sekadar menjadi guru atau dosen matematika ada, lho, gaes. Lulusan jurusan Matematika kini sangat diminati di dunia digital, karena mereka dapat merambah bidang yang kini sedang laku seperti statistisi, aktuaria, sampai pemrograman. Keren!

6. Manajemen konstruksi

6

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 65 juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 110 juta/tahun

Jurusan Manajemen Konstruksi adalah jurusan yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi. Sederhanaya, suatu proyek digambarkan sebagai sebuah model bisnis yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberi nasihat dan bantuan yang akan dibutuhkan dalam prosesnya.

Kenapa jurusan ini bakal punya prospek yang cemerlang di masa depan? Dengan pesatnya pertumbuhan dan pemerataan pembangunan yang terjadi di seluruh dunia (terutama negara-negara berkembang), makan akan semakin dibutuhkan ahli-ahli dalam bidang pembangunan untuk menyukseskan berbagai program pembangunan pemerintah setempat.

7. Sistem Informasi‍ 

7

Gaji rata-rata pekerja pemula: ± 66 juta/tahun

Gaji rata-rata pekerja profesional: ± 114 juta/tahun

Jurusan Sistem Informasi mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan software dan hardware. Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Sistem informasi tidak hanya mempelajari segala hal tentang komputer namun juga mempelajari manajemen proyek dan juga melihat kualitas dari sebuah sistem atau software yang dibuat.

Sistem informasi sangat dibutuhkan diberbagai perusahaan dan juga perkantoran pemerintah untuk menunjang dan mempermudah pekerjaan, terutama di zaman yang seba digital ini. Selain itu sistem informasi juga sesuai bagi kalian yang senang menggali informasi lebih dalam tentang keamanan sebuah software serta analisis kualitasnya.

(sumber gambar: nbcnews.com, stoodnt.com, canterbury.ac.nz, tqn.com, upenn.edu, westsoundyfc.org, wordpress.com, sfccmo.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Ahmad Ridwan | 1 hari yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 2 hari yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 8 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 21 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 29 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1