Menu

Apa Itu STEM dan Kenapa Bidang Ini Diprediksi Akan Menjadi Bidang Ilmu Dengan Prospek Kerja Paling Menjanjikan Di Masa Depan?

Siapa yang lagi bingung pilih jurusan, angkat tangan!

Youthmanual paham banget ada banyak pertimbangan yang harus kamu pikirin sebelum menentukan akan melanjutkan kuliah di jurusan apa. Mulai dari minat, passion, kemampuan, sampai yang palinng sering jadi bahan perbincangan di kalangan calon mahasiswa, yaitu prospek kerja.

Nah, kali ini Youthmanual pengen ngomongin soal bidang yang diprediksi bakal jadi bidang dengan prospek kerja paling menjanjikan di masa depan nanti. Gaes, kenalan yuk sama bidang STEM aka Science, Technology, Engineerinng, and Mathematics.

Ada Apa Dengan STEM?

Tahu sendiri ‘kan, perkembangan teknologi sekarang ini lagi pesat-pesatnya. Kalau kamu baca berita, rasanya setiap hari ada aja inovasi teknologi terbaru yang kadang bikin kita geleng-geleng kepala sendiri sambil berujar dalam hati “Kok kepikiran ya?”. Coba, 10 tahun yang lalu mana ada orang terpikir untuk membuat jantung buatan dari silikon yang bisa berdetak selayaknya jantung asli kita?

All thanks to the fast growth of STEM fields.

STEM, atau yang secara harfiah berarti bidang ilmu yang mencakup Sains,Teknologi, Engineering (Teknik Rekayasa), dan Matematika membuka banyak jalan bagi inovasi-inovasi baru yang semuanya bertujuan untuk mempermudah hidup umat manusia. Maka itu, bidang ini digadang-gadang sebagai bidang dengan lulusan yang paling dicari oleh perusahaan-perusahaan ternama.

Gimana nggak? Setiap bisnis dan industri pasti harus  berkembang sesuai dengan perubahan zaman dan teknologi yang ada. Untuk memenuhhi tantangan ini, mereka pastinya butuh sumber daya manusia yang ahli, dong, dalam bidang tersebut. Makanya, nggak heran kalau lulusan dari jurusan-jurusan di bidang STEM termasuk diantara mereka yang memiliki pekerjaan dengan gaji tertinggi saat ini.

Menurut sebuah survey yang dilaksanakan oleh American Community, lulusan STEM memiliki tingkat pengangguran yang lebih rendah daripada lulusan bidang non-STEM. Selain itu, sebanyak 30% dari lowongan pekerjaan di kota besar adalah pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan bidang STEM.

Pada tahun 2010 contohnya, untuk setiap 1 jurusan yang terkait dengan bidang komputer aja, ada 7 lowongan pekerjaan relevan yang bisa dimasuki oleh para lulusannnya. Meski begitu, ternyata hanya 11% dari populasi kita yang memiliki gelar di bidang tersebut. Peluang banget ‘kan nih buat para calon lulusan dan/atau mahasiswa-mahasiswa STEM di masa depan?

Pilihan Jurusan Bidang STEM

Nah, kalau kamu udah mulai tertarik unntuk melanjutkan penndidikan di bidang STEM, Youthmanual  punya rekomendasi pilihan jurusannya nih. Cekidot, gaes!

1. Teknik Informatika (Ilmu Komputer) 

Kalauu bicara soal jurusan bidang teknologi, pasti Teknik Informatika jadi jurusan pertama yang terlintas di pikiran banyak orang. Mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer; lulusan Teknik Informatiika jadi inceran banyak recruiter nih untuk bekerja di perusahaan mereka

Prospek kerja: Programmer Komputer, Back End Developer, Developer Software, Aplikasi 

2. Sistem Informasi (Manajemen Informatika)  

Jurusan ini akan mempelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Sederhananya, mahasiswa Sistem Informasi dididik untuk memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi.

Prospek kerja: Analis Sistem Komputer, Arsitek Sistem Komputer

3. Teknik Mesin 

Para mahasiswa jurusan ini mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Teknik mesin merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang paling fleksibel lho dalam soal prospek kerja. Kamu bisa masuk ke hampir semua bidang teknik lainnnya karena… well, semua bidang teknik pasti berurusan dengan mesin ‘kan?

Prospek kerja: Insinyur Perkapalan, Mekanik Mesin Industri ,  

3. Bioteknologi 

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat seiring dengan makin mutakhirnya teknologi medis dan industri.

Prospek kerjja: Ahli Biomedis, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Peneliti Bioinformatika 

4. Matematika 

Jurusan Matematika nggak cuma mempelajari tentanng perhitungan rumus-rumus. Para mahasiswa jurusan ini mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, serta riset operasi yang merupakan bidang-bidang yang banyak banget dicari di dunia  kerja nanti.

Prospek kerja: Aktuaria , Ahli Statistik

5 Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) 

Meningkatnya minat akan eksplorasi ruang angkasa akhir-akhir ini membuat jurusan Aeronautika dan Astonautika jadi jurusan bidang STEM yang laku keras nih di dunia kera. Kalau kamu suka denngan dunnia penerbangan atau bercita-cita jadi astronot, mungkin jurusan ini bisa jadi pilihan.

Ahli Antariksa, Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa 

Baca juga:

(sumber: huffingtonpost.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©