Menu

Kamu Suka Hitung-Hitungan dan Pelajaran Matematika? Pertimbangkan 7 Pilihan Jurusan Kuliah Ini, Deh!

Untuk sebagian pelajar, pelajaran sekolah yang melibatkan berbagai rumus dan hitungan bisa jadi sesuatu yang sangat, sangat menyenangkan. Kamu termasuk salah satunya, nggak, nih?

Kalau iya, pastinya kamu udah mulai ambil ancang-ancang untuk memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minatmu ini, dong, ya. Setelah gercep konsultasi ke guru BK, ngobrol bareng orang tua, sampai kasak-kusuk cari informasi di internet, akhirnya kamu mendapatkan petuah dimana kamu dianjurkan untuk meneruskan pendidikan tinggi di jurusan Matematika.

…Udah? Matematika doang? Cuma gara-gara hitungan udah pasti ada di Matematika?

Di abad ke-21 yang udah sangat maju ini, rasanya nggak banget, lah, ya, kalau kamu ikut-ikutan menganut “kepercayaan” yang udah basi banget ini. Bayangin kalau beribu-ribu pelajar lain yang kasusnya persis seperti kamu, dan mindset mereka juga udah diarahkan untuk memilih jalan yang sama!

Aslinya, ada banyaaak banget jurusan-jurusan kuliah yang berevolusi untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman, yang pastinya juga memiliki prospek kerja yang jauh lebih baik karena mengikuti tren karier pada masa depan. Which means, kalau kamu demen ngitung dan suka pelajaran matematika, opsi jurusan kuliah yang bisa kamu ambil nggak terbatas di jurusan Matematika aja.

Intinya, semua kembali lagi ke kamu, sih, gaes. Semakin spesifik kamu bisa mengenal minat dan bakatmu, keputusan untuk mengambil jurusan kuliah akan terasa jauh lebih mudah.

Eniwei, Youthmanual punya kurasi pilihan jurusan kuliah terketjeh untuk kamu yang suka banget berhitung dan belajar Matematika. Pastinya, pilihan jurusan ini memiliki prospek karier yang sangat baik di masa depan. Apa aja, tuh?

1. Ilmu Ekonomi 

1

Ilmu Ekonomi belajar itung-itungan dan Matematika? Yup, kamu nggak salah baca. Selain mempelajari perekonomian dalam konteks nasional serta global, mahasiswa Ilmu Ekonomi juga mempelajari berbagai macam ilmu, dan ilmu yang paling banyak diterapkan dalam jurusan ini adalah Matematika. Nah, lho!

Udah pasti jurusan ini cocok banget buat kamu yang punya minat dalam dunia bisnis dan jual beli dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal hitung-menghitung. Prospeknya pun nggak akan pernah turun pamor karena kondisi perekonomian dunia sangatlah volatil, membuat banyak perusahaan harus merekrut lulusan Ilmu Ekonomi yang cerdas dan memahami ekonomi secara mendalam.

Prospek karier yang menjanjikan: Ekonom, Pengajar Ekonomi, Ahli Ekonomi Lingkungan 

2. Matematika Bisnis 

2

Dalam industri dan bisnis, penggunaan Matematika dalam praktiknya udah berkembang pesat, lho, sob. Kalau yang dulunya cuma sekadar hitung-hitung laba dan rugi, penggunaan Matematika dalam bisnis sekarang udah jauh lebih kompleks. Seperti industri asuransi yang memiliki pertumbuhan 40%, yang berdampak pada kebutuhan ahli matematika asuransi yang meningkat.

Nah,di jurusan ini, kamu bakal diajarkan kemampuan analitis dan komputasi yang kuat serta didukung dengan pemahaman bisnis yang menyeluruh, agar dapat memberikan kontribusi pada keunggulan teknis dan penghematan biaya melalui pemodelan, analisis, dan komputasi yang efektif dan efisien dalam bisnis.

Prospek karier yang menjanjikan: Aktuaria , Konsultan Bisnis, Spesialis Matematika 

3. Teknik Informatika (Ilmu Komputer) 

3

Gaes, jurusan Teknik Informatika, tuh, nggak cuma sekadar utak-atik komputer aja, lho. Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan ini, kamu akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, dan pemrograman itu sendiri adalah perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, dan angka ini berada di diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Tuh, kurang menarik apa lagi, sih, jurusan yang satu ini?

Prospek karier yang menjanjikan: Programmer Komputer, Arsitek Sistem Komputer, Developer Software, Aplikasi

4. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) 

4

Ada yang suka tang-ting-tung dan juga suka bidang penerbangan? Di Jurusan Aeronautika dan Astronautika, pengetahuan terkait teknik kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. So, jangan heran kalau kamu bakal menemukan banyak banget menemukan rumus dan hitungan di jurusan ini.

Bicara soal prospek, industri ini tengah berkembang pesat akibat munculnya low cost-carrier (LCC) sebagai moda transportasi favorit masyarakat modern. Trus, Indonesia juga butuh tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan yang lebih canggih, khususnya di negara kita. Harapannya, kamu yang jadi lulusan jurusan ini mampu menjadi pionir produksi pesawat negara sendiri, nih!

Prospek karier yang menjanjikan: Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa, Teknisi Penerbangan

5. Industrial Robotics Design 

Di zaman yang udah canggih ini, segala aspek tersebut bisa ditunjang dengan hadirnya sistem produksi berbasis robot. Nah, di jurusan ini, kamu bakal mempelajari seluk-beluk robotik industrial, seperti merancang algoritma pengoperasian robot canggih yang dipergunakan untuk membantu proses produksi pada pabrik untuk menggantikan tenaga manusia, sehingga proses produksi dapat berjalan lebih cepat dan meminimalisir kemungkinan terjadinya human error.

Isu-isu penggunaan robot dan Artificial Intelligence (AI) yang dapat menggantikan peran manusia di dunia kerja pastinya udah bukan sesuatu yang baru lagi, ya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, pastinya kamu nggak akan salah langkah jika memilik jurusan ini di masa yang akan datang.

Prospek karier yang menjanjikan: Spesialis Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Mekanik Mesin Industri

6. Manajemen Logistik

6

Kalau bicara soal logistik, konteksnya bakalan luas banget, gaes. Nggak cuma sekadar mikirin gimana caranya mengirimkan satu barang dari satu tempat ke tempat lain, namun ada juga faktor-faktor lain yang perlu dikalkulasikan dalam proses tersebut, seperti jarak, waktu, muatan, biaya, sampai perhitungan pajak dan hukum yang berlaku.

Aspek logistik bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling penting, namun masih sering terlupakan dalam pendalaman keilmuan. Padahal, sebagai negara berkembang yang berbentuk kepulauan, Indonesia butuh banget para ahli logistik yang mampu membenahi dan mengembangkan sistem logistik agar pembangunan daerah dapat dilakukan secara merata.

Prospek karier yang menjanjikan: Ahli Logistik, Analis Logistik, Manajer Supply Chain

7. Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveyor) 

7

Banyak yang mengira kalau jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, padahal disni lebih banyak mendalami ilmu-ilmu Teknik Sipil dan merupakan bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Kamu bakal mempelajari pengukuran kuantitas konstruksi dari bangunan, mulai dari estimasi biaya awal, investasi, sampai cash flow suatu proyek.

Betewe, jurusan ini baru tersedia di satu perguruan tinggi di Indonesia, lho. Prospeknya pun terbilang sangat bagus karena lulusan QS itu masih sangat sedikit, sedangkan pembangunan di Indonesia sedang ramai di berbagai sektor. Bahkan, mahasiswa jurusan ini sering “dilamar” banyak perusahaan bahkan jauh sebelum mereka lulus kuliah. Wih!

Prospek karier yang menjanjikan: Manajer Konstruksi, Analis Anggaran , Konsultan Arsitek

***

Gimana, gaes? Ada jurusan yang menarik minatmu, nggak, nih?

Baca juga:

(sumber gambar: neatoday.com, rabobank.com, cdn.net, carabisnisonline.co.id, wordpress.com, fablab.com, twimg.com, wpengine.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 1 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©