Bedah School of Design BINUS UNIVERSITY, Sekolah Desain Terbaik

Kuliah di School of Design BINUS University artinya kamu harus siap dengan segudang tugas menantang. Nggak hanya mengasah keahlian bidang seni dan desain, tapi juga mempelajari soal teknologi, kewirausahaan, hingga aspek sosial budaya. Inilah prodi S1 di School of Design BINUS UNIVERSITY yang bisa kamu pilih. 

Visual Communication Design - Creative Advertising

Prodi ini mempelajari ilmu desain komunikasi visual khususnya di industri periklanan. Mahasiswa akan belajar bagaimana membuat desain visual serta mengkomunikasikan pesan melalui karya tersebut. Di samping itu, dipelajari pula seluk-beluk periklanan, agar dapat menghasilkan karya untuk iklan.

BINUS UNIVERSITY ingin mencetak desainer yang dapat memanfaatkan teknologi dalam berkarya. Selain keahlian desain kreatif iklan, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan mengenai copywriting atau penulisan kreatif iklan, psikologi konsumen, serta ilmu mengenai media.

Lulusan DKV Creative Advertising diharapkan bisa menghasilkan berbagai karya visual, baik berupa gambar maupun video untuk iklan di berbagai platform, mulai dari iklan cetak, digital, televisi, dan lainnya.

Mata kuliah/Kurikulum: Kurikulum di DKV Creative Advertising terbagi atas 5 tahap:

* Pada semester 1 dan 2 mempelajari dasar desain. Cakupannya antara lain, elemen desain, prinsip merancang karya, layout atau tata letak desain,  semiotika bahasa visual, estetika, komposisi, warna, materi desain, ukuran, dan value dari suatu karya.

* Pada semester 3 dan 4 fokusnya pada eksekusi mendesain dan penggunaan komputer/teknologi. Antara lain mempelajari komputer grafis, teknik pencetakan, kemampuan digital imaging, ilustrasi, fotografi, videografi, website, dan gambar bergerak.

* Pada semester 4 dan 5 dipelajari gabungan antara pengembangan ide, art direction dan mendesain. Mahasiswa ditantang untuk mengumpulkan data yang digunakan untuk mengembangkan ide hingga mempresentasikan ide desain visual tersebut. Marketing, perilaku konsumen, art direction, pengembangan ide, media periklanan, dan kewirausahaan merupakan materi yang dipelajari pada tahap ini.

* Semester 6 dan 7 diisi dengan Enrichment Program, program andalan BINUS UNIVERSITY untuk mengasah hard skills dan soft skills mahasiswa. Semester 6 diisi dengan kegiatan magang. Kemudian ada beberapa kegiatan lain yang dapat dilakukan mulai dari terjun bekerja di industri, berpartisipasi dalam isu sosial, membangun bisnis, melakukan riset, hingga kuliah di luar negeri.

* Semester 8 merupakan tahap terakhir yaitu mengerjakan final project. Proyek finalnya berupa kampanye iklan, mulai dari konsep dan strategi yang dituangkan dalam bentuk tulisan akademik hingga implementasi berupa karya.

Peluang karier: Art Director, Graphic Designer, Commercial Photographer, Digital Imaging Artist, Ilustrator, Videographer, Creativepreneur

Biaya total kuliah: Rp213.240.000

Visual Communication Design - New Media

Maksud dari istilah new media adalah media baru berbasis digital. Jadi mahasiswa prodi Visual Communication Design - New Media mempelajari bagaimana penerapan desain komunikasi visual di ranah digital.  Yang dipelajari adalah dasar desain, fotohgrafi, ilustrasi, UX design, branding, web design, dan desain media interaktif.

Lulusan prodi ini diharapkan bisa mengembangkan ide kreatif, mempresentasikan ide, mengeksekusi desain, mengkomunikasikan ide melalui karya visual, dan menampilkan desain dalam berbagai platform new media.

Mata kuliah/Kurikulum: Di awal mahasiswa mempelajari hard skill desain visual dan pengetahuan mendasar. Kemudian, memperdalam pada kemampuan bekerja dengan berbagai desain interaktif di new media (digital).

Pada Semester 6 dan 7 akan ada enrichment program untuk mengasah berbagai kemampuan dan mempersiapkan mahasiswa menjadi creativepreneur. Di akhir perkuliahan, mahasiswa akan membuat proyek.

Contoh mata kuliahnya antara lain Computer Graphic, Material and Colors in Visual Design, Drawing for Design, Typography, Visual Communication Design, Advanced Typography, Photography, Illustration Design, 3D Art and Interaction, Aesthetics, Digital Graphic Reproduction, Visual Making Project, Surface Packaging Design, New Media, Professional Designer Class, Design Methods, Market Validation, Service Design, Digital Design Exploration, Experimental Print Design.

Peluang karier: UX Designer, Brand Designer, Visual Storyteller in Publishing Design, Surface Packaging Designer, Game Design Visualizer, Visual Identity Designer, Graphic Designer, Illustrator, Photographer, In-house Designer

Biaya total kuliah: Rp213.240.000

Visual Communication Design – Animation

Fokus di prodi ini adalah desain di bidang 3D computer graphic industry. Berbagai keahlian dan teknologi yang mendukung 3D animation computer dipelajari di sini. Yup, desain animasi 3 dimensi diperlukan di berbagai bidang mulai dari periklanan, televisi dan film, website media sosial, konten digital, dan banyak lainnya.

Ada 4 fase penting yang dipelajari di prodi Visual Communication Design – Animation, yaitu:

  1. Dasar Seni seperti consep bentuk, warna, komposisi
  2. Produksi. Di sini mahasiswa dibekali dengan keahlian untuk memproduksi karya animasi.
  3. Pengembangan animasi. Mahasiswa bisa mengembangkan identitas dalam karyanya
  4. Pengalaman industri. Di fase ini mahasiswa diberikan kesempatan dan pengalaman untuk merasakan bekerja di industry kreatif.

Contoh mata kuliah: Drawing for Design, Computer Graphic, Visual Communication Design Reviews, Photography, Visual Storytelling, Animation Technology, Illustration Design, Animation Production Study, 3D Art & Form, Animation Production Portofolio, Visual Effect, Asset Creation, Aesthetics, Typography, Professional Designer Class

Peluang karier: Bekerja di televisi, industry game, atau studio animasi, tim produksi film, desainer di indistri game, 3D Motion Artist, Animator, 3D Visualizer Artist, Visual FX Artist, Storyboard artist, Character Design Artist, Animation Produser

Biaya total kuliah: Rp213.240.000

Visual Design Communication (@Bandung)

Secara umum, apa yang dipelajari di Visual Design Communication di kampus Bandung sama dengan apa yang disampaikan di ketiga prodi di atas. Namun, Visual Design Communication di BINUS UNIVERSITY Bandung memiliki pendalaman di materi 2D+ Animation

Apa itu Animasi 2D+? Animasi 2D+ menggabungkan antara Animasi 2D dengan 3D dan mengambil yang terbaik dari keduanya. Animasi 2D+ di kampus Bandung fokus pada kekuatan narasi dan penceritaan. Desainnya menitikberatkan pada nilai-nilai kearifan lokal, terutama nilai dan budaya Jawa Barat, dan membawanya dalam konteks yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Di semester 4 dan 5, mahasiswa memilih antara mendalami Digital Media atau Animation. Pada semester 6 dan 7 ada enrichment program, kemudian diakhiri dengan thesis atau tugas akhir pada semester 8.

Contoh Mata kuliah: Illustration Design, Material and Colors in Visual Design, Computer Graphic, Visual Communication Design, Drawing for Design, Photography, Aesthetics, Typography, Professional Designer Class.

Peluang karier: Animator (2D+), Key frame animator, Web designer, Advertising, Concept artist, Character designer, Storyboard artist, Illustrator, Games asset designer, Modeler, Texture artist

Biaya total kuliah: Rp137.780.000

Visual Design Communication @Malang

Seperti program di Jakarta dan Bandung, Visual Design Communication di kampus Malang mempelajari ilmu bidang DKV yang ditunjang dengan teknologi dan pengetahuan kewirausahaan. Bedanya pada semester, mahasiswa bisa memilih salah satu di antara 4 peminatan yaitu:

  1. Ilustrasi
  2. Digital Media
  3. Animation
  4. Creative Advertising

Untuk peminatan Digital Media, Animation, dan Creative Advertising, kuliahnya di kampus Jakarta dan sekitarnya. Jadi mahasiswa Visual Design Communication @Malang yang memilih peminatan tersebut akan merasakan kuliah di kampus Jakarta selama sekitar 1 tahun.

Sementara itu, peminatan Ilustrasi dilakukan kampus Malang dan fokus studinya adalah karya ilustrasi visual untuk industri hiburan, ekonomi kreatif, atau untuk UMKM.

Mata kuliah dan kurikulum: Semester 1 hingga 3 mempelajari dasar desain serta cara mendesain dengan menggunakan teknologi. Di semester 4 dan 5 mempelajari ilmu sesuai peminatan, ilustrasi, digital media, animation, atau creative advertising. Semester 6 dan 7 menjalani enrichment program, serta tugas akhir pada semester 8.

Peluang karier: Beragam sesuai peminatan yang diambil, antara lain sebagai konsultan kreatif, pekerja industri mainan, desainer game, illustrator, desainer grafis di berbagai perusahaan, dan lainnya

Biaya total kuliah: Rp120.320.000

Visual Design Communication @Semarang

Prodi Visual Design Communication @Semarang serupa dengan yang ada di Bandung dan Malang. Mahasiswanya dibekali pengatahuan dan praktik desain dan komunikasi visual kreatif, untuk mengasah keahlian mereka mereka.  

Diberikan pula pengetahuan bidang kewirausahaan, teknologi, industri dan pengetahuan akan budaya local. Agar lulusannya siap bekerja secara professional dan tak lupa dengan nilai dan budaya local dalam karyanya.

Kurikulium dan mata kuliah: Ada mata kuliah kewirausahaan, dasar desain dan seni. Mahasiswanya juga bisa memilih konsentrasi pendalaman atau streaming 2D+ Animation di Bandung atau streaming di Jakarta dengan pilihan New Media, Animation, dan Creative Advertising. Streaming Program bisa dilakukan di kampus Jakarta atau Bandung.

Peluang karier: Animator (2D+), key frame animator, web designer, advertising, concept artist, character designer, storyboard artist, illustrator, games asset artist/designer, modeler, dan texture artist

Biaya masuk dan semester 1: Rp31.300.000

Interior Design di Kampus Jakarta, Bandung, dan Malang

Prodi S1 Interior Design dibuka di kampus Kemanggisan, Jakarta, Bandung dan Malang.

Penataan interior ruang dengan segala fungsi dan estetikanya nggak kalah penting dengan bangunan luar. Keahlian bidang desain interior membuat sebuah ruang nyaman serta dapat berfungsi dengan baik.

Ruang sendiri bervariasi, dengan beragam konsep dan kebutuhaannya. Misalnya, ruang terbuka publik, ruang belajar di sekolah, ruang di rumah sakit, restoran, bank, kantor, gerai komersial, dan lainnya. Interior design pun masuk dalam kreatif industri yang terus berkembang dan berinovasi.

Di kampus, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi profesional di bidang interior desain, Keahlian membuat dan mempresentasikan gambar 3 Dimensi, merencanakan dan menyiapkan konsep desain, hingga mengerjakan desain dipelajari di prodi ini, Selain itu, BINUS UNIVERSITY juga membekali mahasiswanya dengan pengetahuan mengenai local contain, eco-technology, green design. Tentunya, mahasiswa juga harus bisa mengaplikasikan teknologi untuk mendesain.

Ada 2 peminatan dalam prodi yang bisa dipilih salah satunya oleh mahasiswa. Pertama, konsentrasi studi Commercial & Hospitality Design yang lebih fokus pada penataan ruang komersial dan pelayanan, seperti hotel, rumah sakit, apartemen, restoran, toko dan sebagainya.

Kedua adalah konsentrasi studi Furniture and Interior Design Accessories di mana mahasiswa fokus pada perancangan furniture dan aksesoris untuk tempat tinggal dan ruang komemrsial. Contohnya adalah merancang furnitur dan kelengkapan di kantor, hotel, atau kafe yang nyaman digunakan, memiliki fungsi sesuai kebutuhan, serta estetik.

Contoh Mata kuliah: Interior Design: Residential, Furniture Design I: Residential, Drafting and Detail Construction, Interior Design: Office, Business in Interior Design, Interior Presentation Techniques, Interior Rendering, Computer 3D Drawing for Interior, Sustainability in Design, Color & Interior Design Style, Visual Merchandising, Finishing and Furniture Knowledge, Design Trend, Lighting Design for Interior, Interior Design and Culture.

Peluang karier: Desainer interior, membuka usaha bidang interior, konsultan desain interior, kontraktor desain interior, merchandising, procurement, Exhibition organizer, window display designer, lighting designer, desainer furniture, desainer aksesoris interior, stylist,m Workshop owner, Product Development

Biaya total kuliah @Jakarta: Rp213.240.000

 

Biaya total kuliah Interior Design @Bandung: Rp137.780.000

Biaya total kuliah Interior Design @Malang: Rp120.320.000

Film

Selain mempelajari keahlian teknis membuat karya audio-visual, di prodi Film mahasiswa dibekali pengetahuaan estetika, sosial, budaya, serta kewirausahaan.

Tahun pertama, mahasiswa akan mempelajari dasar pembuatan film. Di tahun ke dua, mahasiswa memperdalam pengetahuan film dengan mengobservasi, mengikuti workshop seputar film, dan terjun langsung mengerjakan proyek. Di tahun ke dua mahasiswa akan memilih peminatan Film Production atau Film Studies.

Tahun ketiga dan keempat banyak diisi dengan praktik. Mahasiswa akan mengambil enrichment program dan memilih antara magang, melakukan riset, atau mengerjakan proyek lainnya. Di akhir perkuliahan, mahasiswa menyelesaikan film thesis atau film analysis.

Contoh mata kuliah: World Film History,  Visual Directing, Scriptwriting, Production Workshop, Character’s Journey, Cinematography, Visual Techniques, Cinema & Social Studies, Principles of Documentary Cinema, Film Theories, History of Indonesian Cinema, Film Production, Script to Screen,Cinematic Storytelling,, Indonesian Director Studies, Alternative Distribution and Film Festival, Documentary Film Making, Script Development and Pitching, Cultural Studies & New Media, Audience and Fan Culture

Peluang karier: Penulis skrip, produser, sinematogarfer, bagian riset dan pengembangan, sutradara, editor,  script writing, directing, producing, cinematography, programmer, kritikus film, dan lain sebagainya.

Biaya total kuliah: Rp213.240.000

 

Pengalaman Kuliah di School of Design BINUS UNIVERSITY

“Belajar di Interior BINUS University memberi banyak pengalaman dan kemampuan baru. Selain pengetahuan desain, saya mendapatkan soft skill dalam berkomunikasi, mengembangkan usaha, serta memahami produk dan pasar.

Bekal ilmu yang dipelajari membantu saya dalam mengembangkan diri di lingkungan profesi, menemukan minat saya lebih dalam pada social design, serta dapat diterapkan dalam kerja kolaborasi lintas disiplin ilmu. Pengetahuan desain interior dapat dimanfaatkan dalam berbagai pola berpikir. Tidak hanya untuk industri komersial, namun mampu menyelesaikan masalah yang berkembang di masyarakat luas.” Siti Chadijah, Desain Interior BINUS UNIVERSITY

“Aku kuliah di DKV (Visual Design Communication) karena aku suka dengan hal yang berhubungan dengan dunia kreatif seperti menggambar dan fotografi. Kemudian, aku memilih BINUS UNIVERSITY karena terkenal bagus, memiliki akreditasi A, dan juga lulusannya bagus kariernya.

Ujian masuk di BINUS UNIVERSITY adalah pengetahuan umum, logika dasar, psikotes, dan tes gambar. Untuk tes gambar, perlu latihan sekitar 3-6 bulan. Tip aku, biasakan nggak menggunakan penghapus saat menggambar. Ini akan menghemat waktumu saat mengerjakan tes gambar.“ Icha Ayu, Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY

“Saya  yakin ilmu yang saya dapat di Film Studies (prodi Film) akan memberikan impact positif terhadap perkembangan film, khususnya film Indonesia. Saya lebih cenderung (berkarier) sebagai kritikus film, Tapi dari Film Studies tak hanya (berpeluang) menjadi kritikus film, kita juga bisa menjadi programmer festival.

Tahun 2019 kemarin saya ikut serta di Jogja-NETPAC Asian Film Festival atau JAFF sebagai representasi dari kampus. Kampus saya adalah satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki akreditasi  A untuk prodi  Film (S1). Saat ini saya magang di komunitas film Forum Lentang.” Garda, Film BINUS UNIVERSITY

(Sumber gambar:

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1