Prodi Akuntansi VS Manajemen: Cakupan Studi dan Peluang Kariernya

Akuntansi dan Manajemen merupakan program studi populer yang diminati banyak orang. Keduanya sama-sama di bidang ekonomi. Apakah kamu tertarik masuk jurusan Akuntansi atau Manajemen? Atau malah masih bingung dengan perbedaan keduanya?  Cek serba-serbi prodi Akuntansi dan Manajemen berikut ini.

A. Kenalan dengan Prodi…

Akuntansi

Di Prodi Akuntansi, dipelajari berbagai hal yang terkait dengan akuntansi serta praktik akuntan. Perkuliahannya mencakup studi akuntansi keuangan, akuntansi biaya, perpajakan, analisis laporan keuangan, auditing, serta berbagai penerapan ilmu akuntansi lainnya pada perusahaan, lembaga pemerintah, serta instansi publik.  Bisa dibayangkan kalau kuliahnya nggak terlepas dari hitung-menghitung keuangan, ya.  Mahasiswa Akuntansi juga akan mempelajari teknologi pendukung, karena kini Akuntansi telah terintegrasi dengan teknologi seperti Accurate dan MYOB.

Maria Christine Belinda, mahasiswi prodi Akuntansi Trisakti School of Management, memberikan gambaran mengenai jurusannya, “(Kita) Belajar bagaimana membuat jurnal dan menganalisis laporan keuangan serta bagaimana cara mengestimasi kondisi keuangan perusahaan yang akan datang.”

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah prodi ini adalah:

  • Perpajakan
  • Auditing
  • Akuntansi Biaya
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Akuntansi Korporasi dan Pelaporan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Analisis laporan keuangan
  • Pasar Uang dan Pasar Modal
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Starategi
  • Manajemen Resiko
  • Statistika

Yup, prodi Akuntansi mempelajari soal dasar ekonomi dan manajemen, namun lebih fokus pada hal yang berkaitan dengan Akuntansi.

Manajemen

Secara garis besar prodi Manajemen mempelajari bagaimana pengelolaan organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan. Aspek dasar dalam manajemen meliputi perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, serta pengendalian. Jadi mahasiswa belajar dari mulai bagaimana menyusun rencana hingga menjalankan perusahaan dengan efektif.

“Jurusan Manajemen sejalan dengan jurusan saya di SMA, yaitu IPS. Sejak awal, saya memang tertarik dengan (bidang) Ekonomi dan pilihan jatuh pada Manajemen karena prodi tersebut memacu mahasiswanya untuk berpikir kritis,” cerita Anggita Firliana, mahasiswi Trisakti School of Management mengenai prodi Manajemen yang jadi pilihannya.

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah yang dipelajari di prodi Manajemen adalah:

  • Pengantar Bisnis
  • Akuntansi Keuangan Dasar
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasional
  • Akuntansi Manajemen
  • Ekonomi Manajerial
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen Stratejik
  • Bisnis Internasional
  • Perilaku Konsumen
  • Komunikasi Bisnis
  • Manajemen Keuangan Internasional

Bisa dilihat  bahwa ilmu Akuntansi juga dipelajari dalam studi Manajemen meskipun tidak mendalam. Sementara porsi studi subjek Manajemen dan juga Bisnis cukup besar.

B. Peminatan Studi

Akuntansi

Prodi Akuntansi umumnya memiliki konsentrasi alias peminatan studi. Nah, konsentrasi di tiap kampus bisa aja berbeda. Di beberapa kampus seperti Trisakti School of Management, peminatan Akuntansi yang bisa dipilih adalah:

prodi akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Fokus konsentrasi ini adalah pada pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan. Mahasiswa juga mesti paham aturan akuntansi serta keuangan dalam negeri dan internasional. Diharapkan lulusannya bisa menganalisa dan menyelesaikan masalah akuntansi keuangan perusahaan. Mata kuliah peminatan ini antara lain:

  • Akuntansi Korporasi dan Pelaporan
  • Teori Keuangan
  • Manajemen Investasi & Portofolio
  • Current Issues Akuntansi Keuangan

2. Akuntansi Manajemen

Mempelajari tata kelola yang berkaitan dengan akuntansi, khususnya dalam dunia bisnis. Mata kuliahnya antara lain:

  • Sistem Pengendalian Manajemen
  • Pengukuran Kinerja
  • Activity Based Costing & Activity Based Management
  • Current Issues Akuntansi Manajemen

3. Auditing

Untuk yang pengen menjadi auditor perlu mengambil konsentrasi ini. Di sini dipelajari skill dan pengetahuan untuk menjadi seorang auditor di kantor akuntan publik dan juga auditor internal perusahaan. Mata kuliah:

  • Akuntansi Korporasi dan Pelaporan
  • Auditing Internal
  • Fraud Auditing
  • Current Issues Auditing

4. Pajak

Sesuai namanya, dalam peminatan ini mahasiswa akan mendapat materi seputar pajak. Diharapkan lulusannya mampu menganalisa dan menjalankan divisi pajak di perusahaan. Mata kuliahnya antara lain:

  1. Akuntansi Perpajakan
  2. Current Issues Perpajakan
  3. Perpajakan Daerah
  4. Perencanaan Pajak
  5. Perpajakan Internasional

Manajemen

Prodi Manajemen juga dibagi dalam beberapa konsentrasi studi. Salah satu contohnya adalah peminatan pada prodi Manajemen kampus Trisakti School of Management berikut ini:

jurusan marketing

1. Manajemen Pemasaran

Cocok untuk kamu yang tertarik soal pemasaran, penjualan, kompetisi, dan konsumen. Di sini dipelajari mengenai bagaimana menyusun strategi, taktik, memahami brand, serta marketing value untuk berbagai jenis produk, baik jasa maupun barang. Mata kuliahnya antara lain:

  1. Manajemen
  2. Bisnis
  3. Komunikasi Bisnis
  4. Digital Marketing
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Pemasaran Stratejik
  7. Riset Pemasaran
  8. Perilaku Konsumen
  9. Pemasaran Jasa
  10. Komunikasi Pemasaran
  11. Pemasaran Global
  12. Kewirausahaan

2. Manajemen Keuangan

Mendalami pengelolaan keuangan termasuk investasi serta risiko keuangan baik nasional maupun Internasional, hingga berbagai teori keuangan. Mata kuliahnya antara lain:

  1. Pasar Uang Pasar Modal
  2. Teori Keuangan
  3. Manajemen Keuangan Internasional
  4. Manajemen Investasi dan Portofolio
  5. Rekayasa Keuangan
  6. Rekayasa Keuangan Lanjutan

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Peminatan ini cocok untuk mahasiswa yang tertarik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan tenaga kerja dalam suatu organisasi. Sebab fokus studi Manajemen SDM adalah fungsi SDM dan pengelolaannya. Tujuannya agar dapat merancang konsep dan strategi sistem Sumber Daya Manusia yang efektif untuk perusahaan serta melakukan evaluasi. Mata kuliahnya antara lain:

  1. Evaluasi Pekerjaan dan Penilaian Kinerja
  2. Manajemen Kompensasi
  3. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
  4. Manajemen SDM Berbasis Kompetensi
  5. Hubungan Industrial
  6. Budaya Organisasi

C. Prospek karier dan masa depan

Akuntansi

Nah, mahasiswa Akuntansi dipersiapkan untuk menjadi seorang akuntan. Selain itu, banyak pula lulusan yang bekerja di divisi keuangan, pemasaran, hingga pekerja pajak. Prospek karier dari prodi akuntansi tampaknya cukup oke, mengingat berbagai perusahaan dan instansi pasti butuh mengelola keuangan mereka.

Bisa nggak sih lulusan Akuntansi kerja sendiri atau berbisnis? Well, jika sudah memiliki jam terbang mumpuni alias sudah berpengalaman kerja, bisa saja bekerja sebagai konsultan dengan klien berbagai perusahaan atau lembaga. Adapula yang membuka usaha sendiri dan menerapkan ilmu akuntansi dalam menjalankan usahanya.

Maria Christine Belinda, mahasiswi Trisakti School of Management bercerita bahwa pekerjaan alumni kampusnya beragam, ada yang bekerja di perusahaan kantor akuntan public multinasional dan nasional, bank, hingga perusahaan start up. “Kerjanya di (bidang) Financing, (sebagai) auditor, banker, (bagian) pajak, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Manajemen

Ilmu prodi Manajemen luas dan fleksibel, dalam artian lulusannya bisa bekerja di mana saja. Yup, ia bisa bekerja di perusahaan teknologi, perbankan, pertambangan, manufaktur, properti, media, dan lain sebagainya. Biasanya, lingkup kerjanya bisa lebih spesifik, sesuai penjurusan/peminatan bidang ilmu yang diambil.

Bisa juga lulusan Manajemen membuka usaha sendiri, karena di prodi ini dipelajari menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha atau menjalankan bisnis, serta bagaimana mengelola usaha/organisasi.

“Jangan khawatir mengenai pekerjaan karena tiap perusahaan memerlukan orang yang paham mengenai Manajemen. (Umumnya) Lulusan Manajemen Keuangan akan bekerja di bagian analisis keuangan, bahkan bisa sampai menjadi manajer keuangan. Lulusan Manajemen Pemasaran akan bekerja di bidang sales promotion dan marketing, bahkan bisa sampai menjadi manajer pemasaran. Sementara lulusan Manajemen SDM akan bekerja di bidang recruitment, training & development, dan payroll bahkan bisa menjadi manajer SDM,” jelas Anggita Firliana, mahasiswi  prodi Manajemen di Trisakti School of Management.

Jadi, mana prodi yang jadi pilihanmu?

(sumber gambar: pexels.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1