Menu

Program Studi Pendidikan Kepolisian, Pendidikan Militer, dan Pendidikan Intelijen—Apa Bedanya?

Gaes, disini ada yang bercita-cita menjadi salah seorang penegak keamanan?

Kalau ada, pasti kamu udah nggak asing dengan profesi-profesi seperti polisi ataupun tentara. Di mata kamu, profesi tersebut terlihat bak pahlawan super karena tugas dan fungsi mereka yang memang menjaga keamanan dan keselamatan nusa dan bangsa ini tanpa kenal lelah. Istitah kerennya, save the day, gitu. Hihihi.

Nggak seperti Superman yang udah punya kekuatan super dari lahir, penegak keamanan di dunia nyata haruslah menempuh jalan pendidikan tertentu untuk mendapatkan “kekuatan super”nya. Ada, lho, pendidikan tinggi seperti program studi Pendidikan Polisi, Pendidikan Militer, dan Pendidikan Intelijen yang dapat kamu pilih untuk mencapai aspirasimu ini.

Secara awam, ketiga program studi ini emang agak mirip satu sama lain. Tapi, sama halnya dengan mengenal diri sendiri lebih baik, ada baiknya kalau kamu juga mengenal perbedaan ketiga program studi yang berada di bawah sekolah tinggi kedinasan ini agar nggak sampai salah pilih jurusan di kemudian hari. Kuy disimak!

pendidikan kepolisian akpol

Pendidikan Kepolisian 

Apa itu Pendidikan Kepolisian? Program studi Pendidikan Kepolisian adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan lulusannya menjadi aparat keamanan internal negara atau yang akrab dikenal dengan anggota kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Serupa dengan Pendidikan Militer, di Pendidikan Kepolisian ini kamu juga dapat memilih jenjang atau tingkatan pendidikan serta durasi pendidikan menyesuaikan dengan pangkat yang akan diperoleh setelah lulus nanti. Misalnya, untuk mendapatkan pangkat Bhayangkara Dua kamu harus menempuh Pendidikan Tamtama Kepolisian selama lima bulan, sedangkan untuk bisa mengantongi Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK) pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda), kamu harus menempuh Pendidikan Taruna Kepolisian yang bedurasi selama empat tahun.

Program studi ini adalah program studi untuk kamu yang… memiliki fisik dan mental yang kuat dan tangguh. Kamu punya bakat dan minat di bidang musik dan informatika? Masuk sekolah kepolisian juga masih memungkinkan kamu untuk menekuni bidang-bidang tersebut, lho. Soalnya, di Pendidikan Bintara kamu dapat menekuni pilihan Bintara Musik dan Bintara TI. Menjaga keamanan iya, lanjutin hobi juga iya!

pendidikan militer tentara tni AL AD AU

Pendidikan Militer 

Apa itu Pendidikan Militer? Program studi Pendidikan Militer adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan lulusannya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI), baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), maupun Angkatan Udara (AU).

Oya, Pendidikan Militer memiliki beberapa jalur. Jalur pertama adalah Sekolah Calon Tamtama (Secata) dengan lama pendidikan militer dasar empat bulan dilanjutkan dengan tiga bulan pendidikan kecabangan (Infanteri, Kavaleri, Penerbang, Pelaut, dll). Jalur kedua adalah Sekolah Calon Bintara (Secaba) dengan lama pendidikan lima bulan. Sedangkan jalur ketiga adalah Perwira melalui Akademi Militer (Akmil ) dengan lama pendidikan selama adalah empat tahun.

Program studi ini adalah program studi untuk kamu yang… memiliki semangat abdi negara yang sangat tinggi. Kamu dapat menempuh pendidikan militer ini hanya jika kamu memiliki mental dan fisik yang kuat dan tangguh, sebab disini kamu akan di persiapkan untuk membela tanah air baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

pendidikan intelijen STIN badan intelijen negara

Pendidikan Intelijen

Apa itu Pendidikan Intelijen? Program studi Pendidikan Intelijen adalah program studi yang dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarir sebagai seorang intelijen (baik di pemerintahan ataupun swasta). Kurang lebih. mirip-mirip James Bond minus setelan rapih item-item gitu, deh.

Nggak cuma modal fisik dan menta seperti Pendidikan Kepolisian dan Pendidikan Militer, di sini kamu bakal dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks dan mengikuti perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis.

In case kamu belum tahu, perubahan poros kekuatan ekonomi dan politik dunia, dan perkembangan teknologi dan internet yang dinamis turut mengubah cara kerja dunia intelijen., lho. Perang antar negara bukan lagi menjadi satu-satunya ancaman besar bagi keamanan nasional NKRI. Perang konvensional, terorisme, penggunaan senjata biologis, degradasi lingkungan, spionase ekonomi, perang siber, sampai kejahatan trans-nasional dan pencurian informasi merupakan beberapa ancaman nyata bagi keamanan negara kita. Pelik banget, ya?

Program studi ini adalah program studi untuk kamu yang… senang mengikuti perkembangan dunia intelijen yang dinamis menuntut ahli-ahli intelijen baru yang memahami isu-isu terkini dan memiliki kompetensi terkini. Banyak banget, lho, kejahatan kasat mata yang mengancam kemamanan negara kita. Terlebih permintaan akan ahli-ahli intelijen yang kompeten akan berkembang pesat dalam 10 tahun kedepan baik untuk pemerintahan ataupun swasta. Big win!

***

Jadi, program studi yang mana, nih, yang paling sesuai dengan aspirasimu?

 

Baca juga:

(sumber gambar: kompas.com, dakta.com, vebma.com, tirto.id)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©