Selain Pilot, Ini Pilihan Program Studi Buat Kamu yang Ingin Kerja di Dunia Penerbangan (Bagian 2)

Hai, gaes, udah pada baca artikel Youthmanual tentang Ini Pilihan Program Studi Buat Kamu yang Ingin Berkarier Di Dunia Penerbangan (Bagian 1) beberapa hari yang lalu belum? Kalo udah, berarti udah menemukan pilihan hati buat milih program studi di bidang penerbangan dong?

Eh, masih ada yang bingung mau milih yang mana? Tenang, jangan khawatir! Soalnya kali ini Youthmanual akan melanjutkan artikel mengenai pilihan program studi di dunia penerbangan bagian 2 secara detail, lho. Semoga aja, kali ini ada yang cocok dan ngena di hati. Hihihi

7.  Komunikasi Penerbangan 

komunikasi penerbangan

Komunikasi Penerbangan (KP) merupakan program studi yang memberikan pengajaran pada peserta didiknya supaya nanti mereka bisa melakukan tiga hal penting dalam sistem penerbangan. Yang pertama menerima berita informasi penerbangan—seperti cuaca, jadwal penerbangan dan kondisi terkini penerbangan. Kedua menyampaikan informasi penerbangan (cuaca, jadwal penerbangan dan kondisi terkini penerbangan).

Sementara, yang ketiga yaitu kontrol pesawat pada area bandara AFIS (Aerodrome Flight Information Service bandara yang jumlah pergerakan pesawatnya sedikit) dan kontrol pesawat pada area RDARA (Regional and Domestic Air Route Area untuk pelayanan penerbangan domestic) MWARA (Major World Air Route Area untuk pelayanan penerbangan International) melalui komunikasi dengan HF SSB.

Lebih lengkap mengenai HF SSB (http://airnav-jogja.co.id/hf-ssb/)

Program studi ini menerima lulusan dari SMA (IPA/IPS) atau SMK dan sekitarnya. Prospek kerja prodi KP bagus banget, lho, gaes—terutama di perusahaan AirNav Indonesia.

8. Teknik Bangunan dan Landasan 

Teknik Bangunan dan Landasan

Sesuai dengan namanya, nih, gaes, program studi ini mendidik lulusannya untuk paham dan handal dalam mengatasi pembangunan di area sekitar ground di Aerodrome—seperti area Runway, area Taxiway dan area Appron. Program studi Teknik Bangunan dan Landasan (TBL) menerima lulusan SMA (IPA) atau SMK dan sederajat. Setiap tahunnya, perusahaan Angkasa Pura (AP) I & II selalu mengundang lulusan program studi ini untuk diserap sebagai tenaga kerja, gaes.

9. Teknik Listrik Bandara 

Teknik listrik bandaraDi semua bandara, program studi Teknik Listrik Bandara (TLB) pasti dibutuhkan. TLB berbeda ya dengan program studi teknik lainnya, seperti Teknik Bangunan Landasan, Teknik Pesawat Udara dan Teknik Navigasi Udara.

Kalo Teknik Bangunan Landasan bertugas mengenai konstruksi pembangunan area khusus penerbangan, kalo Teknik Pesawat Udara mengenai kondisi kelayakan performansi pesawat, dan kalo Teknik Navigasi Udara mengenai kondisi performansi peralatan navigasi penerbangan.

Nah, TLB sendiri meng-handle seluruh fasilitas listrik yang ada di bandara—seperti kelistrikan bandar udara, kondisi AC, kondisi Approach Light, dan lain sebagainya.

Intinya, sih, TLB harus selalu mengondisikan performansi peralatan yang dipegang itu bagus (melakukan perawatan untuk mencegah kerusakan) dan melakukan perbaikan kalau terjadi kerusakan.  

Program studi TLB menerima lulusan dari SMA (IPA) atau SMK dan sederajat. Lulusan TLB biasanya akan diambil oleh AirNav Indonesia dan AP I & II.

10. Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (Airport Rescue & Fire Fighting/ARFF)

Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam KebakaranDi sini, ada yang waktu kecil ingin jadi seorang pemadam kebakaran, nggak? Nah, ini adalah program studi yang sangat cocok buat kamu, gaes. Unit kerja Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) merupakan unit kerja yang wajib ada di bandara.

Profesi ini harus selalu siaga dengan kemungkinan kemungkinan kecelakaan  yang terjadi. Kalo unit PKP-PK ini menerima berita atau mengetahui adanya kecelakaan pesawat di bandara, maka mereka harus segera mengerahkan kendaraan operasi ke lokasi kejadian dan melakukan operasi pemadaman dengan pancaran busa minimum 50%  selama 2 menit aja, lho, gaes.

Program studi ini menerima lulusan dari SMA (IPA) dan sederajat. Prospek kerjanya akan diserap oleh AP I & II.

11. Aerodrome Multi Purpose Officer (AMPO)

AedromeNah, program studi yang stu ini berdiri sendiri dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura Papua, lho, gaes. Program studi ini menerima lulusan dari S1 minimal D3—terutama kamu yang berpenduduk asli daerah Papua.

Di Indonesia, lembaga yang menyediakan program studi AMPO cuma ada di BPPP Jayapura Papua. Prospek kerjanya bagus banget, berbagai bandara daerah Timur, pasti sangat memerlukan lulusan dari program studi ini.

Bekerjanya nanti diharapkan mampu mengoperasikan, merawat, memperbaiki ganguan/kerusakan ringan fasilitas/peralatan keamanan penerbangan, elektronika Bandar udara, fasilitas telekomunikasi penerbangan, fasilitas PKP-PK, fasilitas sisi darat dan fasilitas sisi udara yang berada di Bandar Udara wilayah Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran penerbangan.

***

Wahh, nggak nyangka, ya, ternyata ada banyak banget yang harus diperhatikan dalam dunia penerbangan mulai dari hal kecil sampai besar. Maka dari itu, pilihan program studinya juga banyak. 

Nah, semua program studi di atas dan yang sebelumnya, ada di sekolah dan akademi khusus penerbangan. Sementara ini, Indonesia sendiri udah punya beberapa sekolah penerbangan. Lokasinya ada di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, Badan Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BPPP) Banyuwangi & Palembang, Politeknik Penerbangan Surabaya, serta BPPP Jayapura Papua.

Untuk seleksi masuk program studi dari nomor 2 sampai 11 sendiri, tes yang dilakukan cuma tes akademik, tes psikologi, tes kesehatan, tes wawancara dan administrasi. Nggak sebanyak di program studi penerbang, gaes.

Gimana, udah menambah wawasanmu (dan minatmu) tentang dunia penerbangan?

 

Baca juga: 

 

(Sumber gambar: phannaruc.ga, phys.org, heraldnet.com, trotterandmorton.com, aviationtrader.com.au, headcornaerodrome.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 4 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 15 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 16 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1