Menu

5 Kebutuhan yang Wajib Diketahui Oleh Calon Mahasiswa Rantau

Berhubung SNMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, sudah diumumkan. Di antara kamu yang membaca ini pasti ada yang jadi perantau pemula. Yups, hidup merantau bukanlah hal yang mudah.

Intinya, para perantau harus rela tinggal jauh dari orang tua demi menuntut ilmu dan menjadi orang yang sukses nantinya. Seperti peribahasa yang berbunyi:

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina

Rasanya, peribahasa tersebut masih terdengar relevan di jaman now dan justru dijadikan motivasi bagi para mahasiswa baru yang harus rela merantau untuk kuliah ke kota lain, provinsi lain, pulau lain, bahkan hingga ke negara lain.

But, anyway, buat kamu yang tahun ini baru menjadi mahasiswa dan belum pernah merantau sama sekali, mungkin akan bingung.  Persiapan dan kebutuhan apa saja, sih, yang diperlukan untuk merantau? Belum lagi persiapan untuk kegiatan ospek, kegiatan perkuliahan, dan lain-lain yang tentunya berbeda saat duduk di bangku sekolah.

Eittss, jangan panik! Tenang-tenang semua bisa teratasi dengan baik, kok. Soalnya di bawah berikut ini ada 5 hal yang biasanya dibutuhkan oleh perantau pemula. Apa saja, ya, kira-kira? Cekidott!

1. Kos atau kontrakan

Hal pertama yang dibutuhkan, of course, kos atau kontrakan untuk tempat tinggal kamu di tanah perantauan. Fyi, gaes, harga kos itu beragam, tergantung pada fasilitas yang disediakan.

Biasanya, pada kota-kota besar terdapat kos atau kontrakan eksklusif untuk mahasiswa yang menginginkan kos yang berfasilitas lengkap, seperti kamar mandi dalam, ada AC-nya, dan lain-lain.  

Kalau kamu bingung hal apa aja yang akan menjadi pertimbangan ketika memutuskan pilihan tempat kos atau kontrakan, baca selengkapya di: Daftar Pertimbangan Untuk Menentukan Tempat Kos.

2. Kendaraan pribadi

Kalau jarak kampus dengan kos atau kontrakan kamu itu cukup jauh, mau nggak mau kamu membutuhkan kendaraan pribadi agar lebih mudah beraktifitas—seperti ospek, kerja kelompok, cari makan, dan lain-lain.

Tapi, kalau kamu nggak mau capek karena bawa kendaraan sendiri atau ingin mengurangi kemacetan saat bepergian atau mengirit pengeluaran. Tenang masih ada cara lain, kok. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum.

Beda lagi kalau kamu memang nggak mau membawa kendaraan pribadi, gaes. Kamu bisa memilih kos atau kontrakan yang jaraknya dekat dengan kampus. Jadi, kamu tinggal jalan kaki aja, deh. Lumayan lah, hitung-hitung buat olahraga dan meringankan biaya orang tua.

3. Rekening pribadi untuk menerima uang bulan

ATM

Kamu yang ada di perantauan pasti sangat butuh rekening pribadi untuk memudahkan kehidupanmu yang jauh dari rumah. Mulai dari menerima uang bulanan dari orang tua hingga untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tiap semester. Soalnya, pembayaran UKT di beberapa kampus biasanya bisa melalui transfer ATM atau melalui teller bank, gaes.

Oyaa, hidup di perantauan itu mengharuskan kamu untuk berhemat, lho. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu baca 10 Tips Jitu Berhemat A La Anak Rantau dan mengikuti segala tips dan trick-nya biar uang bulananmu nggak terbuang sia-sia.

4. Peralatan di kos atau kontrakan

Peralatan di kos

Seperti yang sudah disinggung di poin pertama, kos atau kontrakan di kota-kota besar biasanya ada yang sudah memberikan fasilita lengkap di dalam kamarnya. Tapi, ada juga yang cuma menyewakan kamarnya saja tanpa peralatan apapun—baik itu kos atau kontrakan di kota-kota besar maupun kecil.

Sehingga, kalau kamu mendapat kos kos atau kontrakan dengan peralatan kurang lengkap, kamu bisa membeli peralatan di supermarket atau toko peralatan rumah tangga jauh-jauh hari sebelum masa perkuliahan dimulai, gaes. Barang-barang yang biasa dibutuhkan di kos atau kontrakan itu biasanya seperti berikut ini:

- kasur

- lemari baju

- rak buku atau meja belajar

- peralatan kebersihan, seperti alat pel, sapu, dan kemoceng

- rak sepatu

- rice cooker atau kompor

- kipas angin

Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari di kos atau kontrakan, biasanya mahasiswa membutuhkan alat-alat mandi, seperti sabun, shampoo, sikat gigi, sabun muka, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga pasti membutuhkan bahan-bahan makanan—terutama yang instan seperti mi, kopi, teh, bubur instan, beras, dan kebutuhan lain yang diperlukan.

5. Laptop untuk keperluan kuliah

Nggak bisa dipungkiri, gaes, di era digital dan perkembangan teknologi yang masif seperti saat ini. Kamu akan membutuhkan laptop atau netbook untuk keperluan tugas kuliah.

Pada umumnya, mahasiswa lebih memilih netbook. Karena selain harganya yang terbilang lebih murah, netbook jauh lebih ringan dibandingkan laptop.

Tapi, kalau kamu adalah mahasiswa desain. Jangan coba-coba pakai netbook, ya. Soalnya, mahasiswa desain membutuhkan banyak aplikasi untuk mensketsa. Jadi, sangat disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas RAM yang lebih besar biar laptopmu nggak cepat rusak.

***

Nah, itulah beberapa barang atau kebutuhan yang diperlukan untuk kamu yang baru tahun ini menjadi mahasiswa dan menjadi perantau pemula. Semoga bisa membantu kamu untuk mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk merantau, ya, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: irishtimes.com, hcu.org, indietraveller.co)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©