Gimana, Sih, Peluang Kesuksesan SNMPTN Lintas Jurusan?

Oleh Ari Candra Arista, penulis HaloKampus, sebuah website yang berisi tentang informasi persiapan menuju jenjang perkuliahan yang terdiri dari informasi mengenai SNMPTN, SBMPTN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi, Ujian Nasional, dan sebagainya.

***

Kalau kemarin kita sudah membahas soal lintas jurusan dari jurusan SMA ke jurusan kuliah di SNMPTN, sekarang kita akan bicara soal peluang kesuksesan lintas jurusan di SNMPTN tersebut. 

Sejujurnya, peluang lintas jurusan di SNMPTN sebenarnya mirip sama hubungan kamu dengan si dia… nggak jelas! Eaaak.  

Kenapa? 

Pertama, karena seleksinya tertutup. Kedua, karena peluang di tiap universitas berbeda-beda. Namun, walaupun begitu, kita sebenarnya bisa mengira-ngira seberapa besar peluang bagi siswa yang ingin lintas jurusan, lewat data Sebaran Siswa Diterima SNMPTN di masing-masing jurusan PTN. 

Saya kasih contoh, ya. 

youthmanual ipa ips

Data di atas adalah data Sebaran Siswa Diterima di SNMPTN jurusan Akuntansi Universitas Indonesia. Dari data ini, kamu bisa lihat bahwa pada tahun 2014, dari 73 siswa yang diterima di jurusan Akuntansi UI, 15 siswa—atau 20%—diantaranya  berasal dari jurusan IPA. Kalau dibandingkan dengan tahun 2013, kamu bisa lihat bahwa persentase siswa IPA yang diterima di Akuntasi UI adalah 24% dan pada tahun 2012, angkanya lebih tinggi lagi yaitu 30%

Nah, dari data ini, kamu bisa mengira-ngira peluang anak IPA diterima di Akuntansi Universitas Indonesia. Termasuk tinggi atau nggak? Relatif, sih, kalau nggak kamu bandingin dengan kampus lain. 

youthmanual ipa ips

Sekarang mari kita bandingkan dengan jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta. Dari data di atas, kamu bisa lihat bahwa pada tahun 2014, dari 40 siswa yang diterima di jurusan Akuntansi UNJ, 3 siswa—atau 7,5%—diantaranya berasal dari jurusan IPA. Kalau dibandingkan dengan tahun 2013, kamu bisa lihat bahwa persentase siswa IPA yang diterima di Akuntansi UNJ adalah 16,7%. Sedangkan pada tahun 2012, jurusan Akuntansi UNJ nggak menerima siswa yang berasal dari jurusan IPA. 

Sekarang saya kasih angka yang agak ekstrim, ya.  

youthmanual ipa ips

Dari data di atas, kamu bisa lihat bahwa di jurusan Akuntansi Universitas Airlangga, siswa dari jurusan IPS punya peluang diterima yang sama besarnya dengan siswa yang berasal dari jurusan IPA. Bahkan pada tahun 2014, siswa jurusan IPA lebih mendominasi dengan angka 57% penerimaan dari total kuota 175 kursi. Tahun 2013, penerimaan anak IPA juga relatif tinggi dengan angka 48% dari total penerimaan. 

Jadi, untuk menilai seberapa terbuka sebuah PTN terhadap siswa lintas jurusan, kamu bisa bikin analisa sendiri dengan melihat data Sebaran Siswa Diterima seperti yang saya contohkan di atas.  

Jangan lupa, kamu bisa cari sendiri jurusan yang kamu inginkan di website SNMPTN ini. 

Semoga bermanfaat, ya! 

(sumber foto: Kemdikbud, Halo Kampus, New Republic)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1