Menu

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!

Setiap orang punya cara belajar yang berbeda-beda. Saat dosen kamu nyuruh mahasiswanya untuk membaca satu bab textbook sebagai bahan ujian, mungkin kamu bisa langsung paham setelah sekali baca. Mungkin juga kamu harus membacanya berulang-ulang sebelum bisa benar-benar paham. Mungkin juga kamu baru bisa memahami materi pelajarannya kalau dilengkapi dengan gambar, diagram, infografik, kurva, dan sebagainya.

Perbedaaan cara belajar ini bisa menentukan, kamu tipe pelajar seperti apa? Berikut kategorinya!

Kamu tipe pelajar KINESTETIK kalau…

… cara belajar kamu adalah learning by doing, alias belajar sambil melakukan. Agar bisa benar-benar memahami atau mengingat materi pelajaran, tipe pelajar ini harus mempraktekkan teori pelajarannya tersebut. Kadang mereka juga harus menulis ulang apa yang mereka pelajari, agar materinya benar-benar nempel di otak.

Tipe Pelajar 1 - YouthmanualItulah sebabnya, mahasiswa kinestetik yang suka menulis ulang materi kuliah di kertas contekan untuk dipakai nyontek saat ujian seringkali justru jadi nggak perlu membuka contekannya sama sekali, karena akhirnya mereka ingat apa yang mereka tulis!

FYI, pelajar tipe kinestetik adalah tipe pelajar paling banyak di Indonesia, lho.

Kamu tipe pelajar AUDIO kalau…

… nggak pernah suntuk mendengarkan dosen ngomong berjam-jam di depan kelas! Apalagi kalau dosennya “berceramah” dengan gaya yang seru dan nada suara yang asyik. As you can guess, tipe pelajar audio paling efektif belajar lewat suara. Dengan demikian, tipe pelajar audio juga suka diajak berdiskusi. Semakin banyak obrolan yang terjadi, mereka akan semakin memahami materi diskusinya. Sebaliknya, tipe pelajar audio akan kesulitan kalau harus belajar dengan membaca text book saja.

Tipe Pelajar 2 - Youthmanual

Dulu saya punya teman kos tipe pelajar audio yang hobin banget nyuruh saya baca buku keras-keras. Dia bilang, dia akan lebih cepat memahami sebuah cerita kalau disuarakan. Kamu punya kebiasaan ini juga, nggak? Kalau ya, berarti kamu pelajar audio banget!

Kamu tipe pelajar VISUAL kalau…

… kamu suka memvisualkan segala sesuatu di kepala kamu. Saat belajar, tipe pelajar ini selalu membutuhkan visualisasi dan diagram supaya bisa lebih memahami materinya. Mereka juga lebih suka membaca materi kuliah dalam bentuk poin-poin, serta hobi melengkapi catatan pendek mereka dengan gambar sebagai penjelasan.

Kalau lagi menjelaskan sesuatu, tipe pelajar visual juga seringkali menjelaskannya sambil corat-coret di kertas. Bagi mereka, detil penjelasan bakal tersampaikan lebih baik dengan gambar!

Tipe pelajar visual juga biasanya adalah seniman, traveler, dan pemimpi. Kamu merasa begitu nggak?

Kamu tipe pelajar KUTU BUKU kalau…

… kamu paling bisa memahami materi pelajaran dengan membacanya. Kamu juga gampang sekali mengerti bahan-bahan bacaan kamu. Pokoknya, sekali baca langsung nempel di kepala! Bahkan, kalau kamu merasa bahwa materi bacaan kamu kurang banyak untuk memahami pelajarannya, kamu bakal inisiatif nyari referensi bacaan tambahan.

Tipe Pelajar 3 - Youthmanual

Tipe kutu buku nggak peduli sama suara, gambar, atau penjelasan dosen di depan kelas. Tinggal baca buku atau bahan materi pembelajaran aja, mereka bisa jadi juara kelas!

Kamu tipe pelajar BUNGLON kalau…

… kamu bisa gonta-ganti gaya belajar sesuka hati. Tipe pelajar bunglon biasanya bisa belajar dengan metode apa saja. Mereka nggak perlu metode khusus untuk bisa cepat menyerap materi pembelajaran. Tetapi kelemahan tipe pelajar bunglon ini adalah, mereka sering belajar sesuai mood. Kalau lagi frustasi, mereka akan mencoba-coba berbagai metode dan akhirnya materi pelajarannya nggak bisa diserap nggak maksimal.

***

Nah, kamu tipe pelajar yang mana, nih?

(sumber foto: home-school.com, psikologid.com, bigcommerce.com, happier.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©