Menu

10 Inspirasi Desain Kekinian Untuk Buku Tahunan Kamu

Menjelang akhir tahun ajaran, apakah kamu sudah membuat buku tahunan sekolah atau buku kelas? Salah satu elemen penting dalam merancang buku tahunan adalah soal desain. Selain terlihat kece, layout dan detil desain yang kekinian akan mewakili zamanmu.

Cekidot, 10 ide desain kekinian dan hip yang bisa jadi inspirasimu!

1. Infografis

Biasanya ‘kan, di buku tahunan ada profil singkat siswa yang berisi data, komentar, atau trivia. Nah, kamu bisa menyusun profil tersebut dalam presentasi grafis visual alias infografis.

Ada banyak banget tipe serta gaya desain infografis. Tinggal disesuaikan saja dengan konsep buku tahunannya. Kelebihan infografis adalah eyecathy dan nggak ngebosenin di baca. Infografis juga memberi kesan atraktif plus modern.

2. Hand-Lettering

Next, adalah detail yang kece buat tulisan yaitu bergaya hand lettering. Hand-lettering merupakan seni menggambar tulisan. Metode hand-letterring terkesan lebih santai sekaligus lebih dekoratif dibandingkan  kaligrafi.  Sebab hand-lettering bisa menggabungkan beberapa gaya gambar huruf, misalnya huruf sambung dan huruf cetak. Hand-lettering ini cocok untuk judul atau quote pada buku tahunan.

3. Ilustrasi kekinian

Kamu juga bisa berkreasi dengan ilustrasi yang inspirasinya bisa kamu cek di berbagai blog, majalah, sampai buku. Kamu juga bisa mengkreasikan ilustrasi dengan foto atau kalau ada modal lebih, bisa juga bikin ilustrasi yang ditambahkan dengan materi lain, seperti kancing, bahan, atau biji-bijian.

Siapa yang bikin ilustrasinya? Pilih saja teman-teman di sekolah yang memang suka bikin ilustrasi. Yang penting, diskusikan dan presentasikan dulu konsep ilustrasinya, biar bisa pas dengan yang diinginkan bersama.

liputan 6

4. Kolase Berita sebagai background

kolase koran

Berita di e-paper atau website bisa dibuat kolase dang mejadi background  layout halaman buku tahunan kamu. Kekinian banget, tuh! Mulai dari berita Pilkada, penyelenggaraan UN 2017, isu Disneyland di Boyolali (yang tidak benar ya, gaes!), hingar-bingar konser Coldplay, hingga kehebohan serial Goblin. Jadi tiap kamu membuka buku tahunan, kamu bakal ingat kejadian dan berita di zaman kamu SMA.

5. Kinfolk-ish

Tahu dong, majalah dan publikasi Kinfolk yang memiliki desain minimalis dan classy? Kini, layout seperti yang ditampilkan di Kinfolk jadi acuan banyak blog, situs, dan hingga dekorasi pesta lain dengan target anak muda. Nah, kamu bisa jadikan desain  a la Kinfolk tersebut sebagai acuan. Tapi perhatikan juga fotonya. Jangan sampai fotonya rame dan warna-warni, sehingga nggak matching dengan layout.

6. Flat Lay

Teknik style foto dan layout yang bisa kamu coba adalah flat lay. Yaitu dengan menaruh objek di satu tempat, kemudian difoto dari atas, sehingga hasilnya terlihat flat Tampilan ini juga bisa dibuat dengan editan.

Flat lay ini bukan untuk foto siswanya, lho, melainkan untuk halaman judul atau jadi detail tematis yang melengkapi buku tahunan. Ide temanya antara lain:

  • Barang-barang bersejarah kelas 12 IPA 1
  • Perlengkapan yang selalu dibawa tiap Senin
  • Jajanan paling asik
  • Isi tas, sekolah

7. Foto Quote

foto kutipan

Foto yang disertai kutipan juga mewakili gaya kekinian. Tampilan grafis kutipannya beragam dan bisa dimainkan sekreatif mungkin. Di samping, di atas, foreground, background, model opaque (belakangnya transparan) dan banyak lainnya. Jika memilih desain foto quote, wajib minta teman-teman kamu untuk menyiapkan quote-nya. Jangan hanya fokus pada desain sampai-sampai dan lupa sama isi kutipannya ya, gaes!

8. Pinterest style

pinterest

Yup, acuan layout ini pastin ya adalah media sosial kece dan happening Pinterest. Jadi grafisnya dibuat seperti kurasi katalong layaknya tampilan pada Pinterest. Sebelum membuat desain tipe ini, rajin-rajin lah ngulik Pinterest untuk mendapatkan referensi, terutama dari akun-akun yang keren.  

9. Mobile layout

layout ponsel

Karena sekarang apa-apa serba mobile, maka membuat layout seperti tampilan aplikasi di smartphone juga seru buat dilakukan. Bisa juga sekalian menyesuaikan ukuran buku tahunan, seukuran buku tulis/tablet (atau lebih kecil lagi) biar makin pas dengan desainnya. Keuntungan lainnya, ukuran tersebut lebih mudah dibawa dan memberi kesan modern.

10. A la blogger

Jadi, tiap kelas memilih desain layout halaman buku tahunan berdasarkan blog pilihan mereka. Tone dan gaya blog 'kan beragam banget serta banyak yang khas anak muda. Tinggal pilih yang sesuai dengan kelas kamu.

Kelebihan memilih desain a la blog adalah referensinya jelas, sehingga eksekusinya lebih mudah. Trus, tampilan keseluruhan buku tahunan juga menarik dan variatif karena tiap kelas merepresentasikan satu blog.

(sumber gambar: fushionyearbooks.com, expresswriters.com, writingfordesigners.com, cindymangomini.com, liputan6.com, deviantart/isela oroco, simonandschuster.com, pennyskateboard.com, empiechubbie.com, searchenginejournal, )

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©