Menu

Cek Peringkat Skor UTBK Soshum & Peluang di SBMPTN 2019

Inilah penjelasan Hasil UTBK keseluruhan atau sering disebut rasionalisasi skor UTBK untuk mengecek peluang lolos SBMPTN untuk rumpun Soshum. Kamu akan mengetahui peringkatmu dibanding hasil tes peserta Soshum lainnya.

UTBK berlangsung sejak 13 April hingga 26 Mei lalu. Tiap orang bisa ikutan UTBK hingga (maksimal) 2 kali. Yang mau UTBK sekali aja juga boleh. Beda dengan penyelenggaraan SBMPTN sebelumnya, tahun ini peserta bisa mengetahui skor UTBK mereka. Nah, kamu bisa mengecek nih, bagaimana peta persaingan UTBK Soshum dan peringkatmu dibandingkan peserta yang lain. Simak informasinya berikut ini

1. Kemampuan Penalaran Umum

Nilai tertinggi: 863

Nilai  0.02 persen terbaik: 801 ke atas

Nilai  0.9 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  9.5 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai  25 persen terbaik: 543 hingga 600

Nilai 42 persen terbaik: 501 hingga 542

Nilai 50 persen: 484 hingga 500

Nilai 75 persen: 428 hingga 483

Nilai terendah: 153

2. Kemampuan Kuantitatif

 Nilai tertinggi: 1000

Nilai  0.007 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.2 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  1.5 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  8.9 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 535 hingga 600

Nilai 50 persen: 478 hingga 534

Nilai 75 persen:  426 hingga 477

Nilai terendah: 239

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Nilai tertinggi: 837

Nilai  0.0001 persen terbaik: 801 ke atas

Nilai  0.7 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  9.5 persen terbaik: 601 hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 547 hingga 600

Nilai 50 persen: 492 hingga 546

Nilai 75 persen: 437 hingga 491

Nilai terendah: 204

4.Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis

Nilai tertinggi: 915

Nilai 0.03  persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.25 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.5 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai 13.8 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 554 hingga

Nilai 50 persen: 485 hingga  553

Nilai 75 persen:  419 hingga 484

Nilai terendah: 58

5. Matematika Soshum

Nilai tertinggi: 1.162

Nilai   0.3 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  1.05 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  3.9 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  14.1 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 555 hingga 600

Nilai 50 persen: 494 hingga 554

Nilai 75 persen:  442 hingga 493

Nilai terendah: 183

6. Geografi

Nilai tertinggi: 948

Nilai  0.0009 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.12 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.44 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  15.9 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 567 hingga 600

Nilai 50 persen: 497 hingga 566

Nilai 75 persen:  430 hingga 496

Nilai terendah: 172

7. Sejarah

Nilai tertinggi: 980

Nilai  0.01 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.3 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.3 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  12.5 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 555 hingga 600

Nilai 50 persen: 499 hingga 554

Nilai 75 persen:  442 hingga 498

Nilai terendah: 198

8. Sosiologi

Nilai tertinggi: 976

Nilai 0.003  persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.08 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  1.8 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  14 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 561 hingga 600

Nilai 50 persen: 496 hingga 560

Nilai 75 persen:  433 hingga 495

Nilai terendah: 134

9. Ekonomi

Nilai tertinggi: 1000

Nilai  0.01 persen terbaik: 901 ke atas

Nilai  0.3 persen terbaik: 801 hingga 900

Nilai  2.9 persen terbaik: 701 hingga 800

Nilai  14.2 persen terbaik: 601  hingga 700

Nilai 25 persen terbaik: 558 hingga 600

Nilai 50 persen: 497 hingga 557

Nilai 75 persen:  440 hingga 496

Nilai terendah: 171

***

* Jumlah peserta Soshum: kisaran  541.715-541.964 (yang ikutan 2 kali dihitung dua, ya)

* Dari data nilai keseluruhan UTBK di atas kamu bisa mendapat gambaran performa kamu per materi ujian dibandingkan peserta yang lain.

* Performa nilai per subjek bisa berbeda. Misalnya nilai 555 pada Sejarah masuk dalam 25 persen peserta terbaik. Sedangkan nilai 555 pada Sosiologi nggak masuk 25 persen terbaik.

* Perlu diingat bahwa peserta yang ikutan 2 kali UTBK dihitung sebagai 2. Jadi mungkin saja total peserta tes 540 ribuan tapi orang yang ikutan hanya 300 ribuan.

* Semakin tinggi performa kamu di tiap subjek berarti semakin besar pula peluang kamu lolos SBMPTN 2019.

* Sebagian PTN juga menjadikan nilai UTBK untuk seleksi mandiri mereka.

* Umumnya, peserta yang lolos SBMPTN nggak lebih dari 20 persen. Tahun lalu saja hanya 18.07 persen peserta SBMPTN Soshum yang diterima. Makanya, kesempatan kamu akan lebih besar jika setidaknya semua subjek di peringkat minimal 25 persen terbaik.

* PTN yang sangat kompetitif untuk Soshum berdasarkan hasil SBMPTN 2018 lalu secara berurutan adalah:

  1.  ITB
  2. UGM
  3. UI
  4.  ITS
  5. Unair
  6. Undip
  7. Unpad
  8. Universitas Brawijaya
  9. UPN Veteran Yogyakarta
  10. UNS

Sementara prodi Soshum yang diprediksi paling sulit ditembus pada SBMPTN 2019 bisa kamu cek di sini:

Prodi Soshum (IPS) Paling Sulit Ditembus pada SBMPTN 2019

* Kalau nilai kamu belum mencapai 25 persen terbaik, jangan putus asa. Sebab tingkat kompetisi tiap PTN dan antarprodi berbeda. Jadi kamu masih punya peluang. Lagian, kamu nggak bakal tahu hasilnya kalau nggak mencoba, ‘kan?

* Sebaliknya, nilai relatif tinggi bukan jaminan diterima. Itu semua tergantung nilai pesaing kamu. Pengen tahu nggak berapa skor pesaing yang punya pilihan prodi yang sama denganmu? Nah, kamu bisa cek dengan klik Prediksi SBMPTN Youthmanual ini.

Nggak pake ribet, hanya memasukkan skor hasil UTBK plus prodi pilihanmu.

Semoga berhasil

(sumber gambar: Pexels)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©