Siap-Siap! Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Menyediakan Pendidikan Gratis untuk Mahasiswa Baru

Buat kamu yang mau masuk Perguruan Tinggi Kedinasan, Youthmanual punya beberapa rekomendasi Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang menyediakan beasiswa ikatan dinas buat kamu yang lagi nyari tempat kuliah tanpa perlu bayar sepeser pun alias gratis, tis, tis!

Apa aja sekolah kedinasan tersebut? Cekidot!

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik jadi salahsatu sekolah kedinasan most-wanted nih di kalangan anak muda. Gimana nggak? Institut pendidikan yang berada di bawah Badan Pusat Statistik ini menyediakan pendidikan gratis untuk para mahasiswanya. Selain dibebaskan dari biaya pendidikan, mahasiswa STIS juga diberikan uang saku bulanan yang bisa digunakan untuk biaya hidup sehari-hari.

Program studi: Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan), Komputasi Statistik

Prospek kerja: Ahli Statistik 

Info lebih lanjut: www.stis.ac.id

  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Tertarik mempelajari cuaca dan atau kerja di BMKG? Masuk Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisike (STMKG) aja! STMKG merupakan sekolah tinggi dengan sistem ketarunaan dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang bekerja di bidang informasi cuaca, iklim, kualitas udara, gempa, hingga tsunami. Sama seperti STIS, sekolah kedinasan ini juga memiliki sistem ikatan dinas yang memungkinkan kamu untuk bebas dari biaya pendidikan, plus langsung kerja setelah lulus nanti. Mantab!

Program studi: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi

Prospek kerja: Analis Perubahan Iklim, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa  

Info lebih lanjut: https://stmkg.ac.id

  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP/AKIP)

Berada di bawah Kementrian Hukum dan HAM, sekolah kedinasan ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang handal dalam bidang pemasyarakatan terhadap pelanggar hukum di Indonesia. Alumni dari sekolah ini akan bekerja di bawah Kemenkumham, tepatnya di lembaga-lembaga pemasyarakatan yang ada di seluruh Indonesia. Tapi, kalau mau masuk sekolah kedinasan ini kamu harus siap-siap, karena POLTEKIP hanya menerima sekitar 60 Taruna setiap tahunnya.

Program studi: Ilmu Pemasyarakatan

Prospek kerja: Petugas Pemasyarakatan (Sipir)

Info lebih lanjut: http://bpsdm.kemenkumham.go.id

Nah, ini nih, sekolah kedinasan yang jadi primadona di antara sekolah-sekolah kedinasan lainnya. Beuh. Siapa yang nggak tau STAN? Sekolah kedinasan di bawah Kementrian Keuangan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang bekerja di bidang keuangan negara. Biaya sekolah? Tentu saja gratis! Dan, seperti banyak sekolah kedinasan lainnya, lulusan STAN memiliki prospek kerja yang cerah dan terjamin—di mana lagi kalau bukan di Kementrian Keuangan.

Program Studi: Akuntansi, Pajak, Penlai/Pajak Bumi Bangunan, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Manajemen Aset

Prospek kerja: Analis Keuangan , Pemeriksa Keuangan , Penilai (Pajak dan Keuangan), Bendahara dan Kontroler Keuangan   

Info lebih lanjut: www.pknstan.ac.id/

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. Lulusan STSN nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang persandian yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

Program studi: Manajemen Persandian, Teknik Persandian

Prospek kerja: Intel Polisi dan Militer, Pegawai Negeri Sipil 9PNS) di Lembaga Sandi Negara

Info lebih lanjut: https://stsn-nci.ac.id/

Institusi pendidikan yang berada di bawa Kementrian Dalam Negeri bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Sistem pendidikan IPDN semi-militer dan tinggal di asrama, dengan status sebagai Praja setelah pengukuhan. Selain itu tentunya, mahasiswa IPDN dibebaskan dari biaya pendidikan dan memiliki ikatan dinas, dong.

Program studi: Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Maanusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan

Prospek kerja: Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah, Camat, Lurah

Info lebih lanjut: http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/

  • Politeknik Imigrasi (Akademi Imigrasi)

Ada yang sudah pernah dengar mengenai sekolah kedinasan yang satu ini? Poltekim atau Politeknik Imigrasi merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Kemenkumham dan ertujuan mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen imigrasi dan Depkumham masa depan di mana lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri. Pendidikan dilaksanakan selama tiga tahun dengan biaya yang gratis, baik itu untuk SPP maupun akomodasi (asrama, seragam, konsumsi, dll.).

Program Studi: Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, Manajemen teknologi Keimigrasian

Prospek Kerja: Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai 

Info lebih lanjut: http://politeknikimigrasi.ac.id

Siapa yang nggak tau Akmil? Setiap tahunnya, sekolah kedinasan ini sudah hampir pasti diserbu oleh ratusan ribu pendaftar dari seluruh Indonesia. Buat kamu yang bercita-cita menjadi tentara yang mengabdi pada NKRI (cielah), ini nih sekolah kedinasan yang pas buat kamu. Ditambah lagi, biaya pendidikan Akmil itu gratis dan prospek kerjanya... ya nggak usah ditanya lah ya.

Program studi: Tamtama, Bintara Angkatan Darat, Taruna Akmil

Prospek kerja: Tentara

Info lebih lanjut:  http://akmil.ac.id

Proses Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan

Sudah menentukan PTK mana yang akan kamu tuju? Kalau sudah, tahap selanjutnya adalah mengetahui tahap-tahap pendaftaran dari masing-masing perguruan tinggi kedinasan tersebut. Luckily, sekarang kanal pendaftaran untuk pendidikan kedinasan telah terpusat di website Sistem Seleksi Pendidikan Kedinasan atau https://sscndikdin.bkn.go.id/

Skema pendaftaran sekolah kedinasan 2018 bisa kamu lihat di bawah ini:

pendaftaran sekolah kedinasan 2018

***

Ingin cari tau lebih banyak tentang perguruan tinggi kedinasan, atau kampus-kampus unggulan lain beserta prodi dan prospek profesinya? Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi terkait kampus unggulan, program studi, hingga profesi yang bisa kamu eksplor hanya dengan satu klik. Yuk, main ke laman Eksplorasi Youthmanual di sini

Baca juga:

(sumber gambar: bimapknstan.files.wordpress.com)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 6 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 10 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 10 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1