6 Cara Sederhana Untuk Mencintai Diri Sendiri

Ketika kamu merasakan rasa jatuh cinta, kamu akan merasakan rasa tersebut kepada siapa atau apa? Apakah kamu akan merasakan jatuh cinta kepada Yang Maha Kuasa? Ataukah kepada orang lain? Atau kamu akan merasakan jatuh cinta kepada orang tua? Atau jatuh cinta kepada suatu barang atau momen-momen tertentu? Well, jatuh cinta itu merupakan suatu perasaan yang sangat wajar untuk dirasakan oleh manusia.

Tapi, pernah kah kamu jatuh cinta kepada dirimu sendiri dan mencoba untuk mencintai dan menyayangi dirimu dengan sepenuh hati? Gaes, perlu diingat, mencintai dan menyayangi dirimu sendiri bukanlah suatu tindakan yang narsistik atau tindakan yang salah. Dengan mencintai dirimu sendiri, kamu akan lebih menerima apapun yang ada pada dirimu.

Selain kamu bisa menerima diri sendiri, kamu juga bisa mengembangkan banyak hal, lho. Misalnya, nih, kamu nggak pedean sama diri kamu sendiri, suka membandingkan dirimu dengan orang lain yang akhirnya kamu jadi nggak sayang sama diri sendiri. Setelah kamu mengalami krisis kepercayaandiri, akhirnya kamu nggak yakin kalau kamu bisa melakukan banyak hal dan kamu pun lebih suka berdiam di zona nyamanmu. Nggak banget, kan, gaes?

Nah agar hal tersebut nggak akan terjadi pada dirimu, yuk deh cintai diri kamu sendiri dengan hal-hal mudah dan simpel berikut ini!

1. Ketahui hal-hal yang kamu suka dari dirimu sendiri

lakukan hal yang menyenangkan

Yap! Kamu harus tahu, gaes, ada hal-hal apa saja dari dalam dirimu yang menjadi kesukaanmu. Ketika kamu mengetahui hal-hal apa saja yang kamu suka dari dirimu, pasti, kamu akan lebih mencintai dan dapat menerima dirimu.

Misalnya, nih, kamu pandai berbahasa inggris, kamu pandai matematika, kamu pandai menarik dan bermain musik, kamu pandai menggambar dan kamu menyukai semua keahlianmu. Nah, kalau kamu sudah menyukai keahlianmu, pasti, kamu akan lebih menerima dirimu apa adanya.

2. Mempedulikan dirimu sendiri sama banyak dengan kamu mempedulikan orang lain

Yes, mempedulikan diri sendiri bukanlah suatu hal yang egois, kok, tapi hal tersebut terkadang memang dibutuhkan. Kalau kamu selalu fokus kepada orang lain tanpa memikirkan dirimu sendiri, bagaimana kamu akan mencintai dirimu? Yang ada, kamu malah menyakiti dirimu sendiri.

Misalnya, nih, kamu sedang punya banyak pekerjaan di kantor, akan tetapi, karena kamu kasian dengan temanmu, kamu malah membantunya. Well, memang membantu orang lain itu merupakan hal yang baik. Akan tetapi, kamu pun harus memperhatikan pekerjaan dan kemampuanmu juga, ya. Jangan sampai karena kamu ingin membantu orang, kamu malah jadi kewalahan sendiri.

3. Tahu batasanmu

tahu batasan

Poin yang satu ini merupakan kelanjutan dari poin yang sebelumnya. Kalau kamu ingin membantu seseorang, hal tersebut merupakan suatu hal yang baik, lho, gaes. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan kapasitas dirimu sendiri.

4. Lakukan hal-hal yang kamu banget

Kalau kamu ingin mencintai dirimu sendiri, coba lah untuk melakukan hal-hal yang kamu banget! Misalnya, nih, aktivitas menggambar merupakan aktivitas yang kamu kuasai, kamu sukai dan tentunya kamu banget, deh. Ya, lakukanlah. Dengan kamu melakukan hal-hal yang kamu suka, kamu pun akhirnya lebih menikmati hari-harimu.

Bayangin, kamu lebih suka dan bisa menggambar daripada menyanyi, akan tetapi, kamu dipaksa untuk fokus bernyanyi. Pasti pada akhirnya kamu nggak akan menikmati hari-harimu.

5. Tanamkan dalam dirimu kalau kamu hidup bukan untuk menyenangkan orang lain

jangan menyenangkan orang lain

Banyak, nih, gaes, dari orang-orang yang bertindak untuk menyenangi hati dari orang lain. Apakah kamu salah satunya? Semoga nggak, ya, gaes. Kamu harus ingat, gaes! Memperhatikan kebahagiaan orang lain memang penting akan tetapi memperhatikan kebahagiaan dirimu sendiri jauh lebih penting dibandingkan kamu berusaha untuk menyenangkan orang lain.

6. Bersyukur atas apa yang kamu miliki

Pada akhirnya, kamu akan mencintai dirimu apabila kamu menerima hal-hal yang kamu miliki dan juga bersyukur atas apapun yang kamu punya. Selama kamu menjadi pribadi yang suka bersyukur, pasti, kamu akan lebih mencintai dirimu sendiri dan juga hari-harimu.

***

Well, terkadang, kita terlalu sibuk membandingkan diri kita dengan orang lain. Tanpa disadari dengan membandingkan diri dengan orang lain merupakan kegiatan yang menyakiti dirimu sendiri. Maka dari itu, kita harus bersyukur.

 Selain itu, dengan kamu selalu berusaha menyenangkan orang lain, hal tersebut pun menjadi kegiatan yang dapat menyakiti dirimu, lho. Maka dari itu, kamu perlu menjadi dirimu sendiri tanpa perlu memiliki tujuan untuk menyenangkan banyak orang.

Yuk, lakukan hal-hal di atas agar kamu menjadi pribadi yang lebih menyayangi dirimu sendiri. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: pinterest.com, positivepsychologyprogram.com, 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1