7 Cara Ampuh untuk Memulai Mencintai Diri Sendiri!

self-love merupakan hal yang penting banget untuk dimiliki oleh setiap orang. Ketika kamu memiliki kebiasaan self-love atau mencintai diri sendiri, saya yakin kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih percaya diri atas apa yang kamu miliki baik itu kekurangan atau kelebihan yang kamu miliki. Nah, sayangnya, nih, self-love merupakan suatu hal yang lebih sulit dilakukan dibandingkan ketika kamu mencintai orang lain. Banyak juga, lho, orang-orang yang nggak paham tentang konsep self-love ini.

Jadi, self-love adalah suatu tindakan dimana kita memedulikan dan merawat diri kita. Merawat diri disini nggak hanya soal fisik saja, gaes, namun juga soal psikis yang dimiliki oleh setiap diri kita masing-masing. Dengan self-love, tandanya kamu menerima apa yang ada di diri kamu, menerima semua hal di masa lalu, sekarang dan yang akan datang, menghargai kemampuan dan mensyukurinya.

Nah, pastinya self-love ini baik banget untuk kamu miliki, kan? Daripada kamu merasa dirimu nggak baik, suka membandingi dirimu dengan orang lain, merasa hidupmu lebih susah dibandingkan orang lain, merasa kamu nggak beruntung dan seribu satu pikiran buruk lainnya yang diarahkan kepada kamu, ada baiknya kalau kamu mencoba untuk menerapkan self-love pada dirimu sendiri. Hmm... Semua cara sudah dilakukan tetapi nggak ada yang pas sama kamu? Nah, coba cek dulu, deh, beberapa tips yang manjur untuk kamu lakukan di setiap harinya agar kamu memiliki self-love terhadap dirimu sendiri!

1. Jangan bandingkan diri dengan orang lain

jangan suka membandingkan orang lain

Nah, kebanyakan dari kita sering banget melakukan membandind-bandingkan diri dengan orang lain. Entah itu sama keluarga sendiri, saudara, teman bahkan orang-orang yang ada di internet yang padahal kita nggak pernah ketemu apalagi kita kenal. Nah, memiliki kebiasaan ini merupakan suatu hal yang nggak baik banget, nih, gaes.

Padahal, ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu nggak pernah tahu apa yang ada di belakang orang tersebut. Kamu nggak tahu kesulitannya atau kamu pun bahkan nggak tau apa yang sebenarnya benar-benar terjadi. Nah, maka dari itu, gaes, mulai dari sekarang, jangan suka membandingkan dirimu dengan orang lain, ya.

2. Jangan ikuti rasa khawatir berlebihan

Setiap dari kita pasti memiliki kekhawatirannya masing-masing. Ada yang memiliki kekhawatiran ketika ia sedang melakukan ujian, ada yang khawatir ketika ia berbicara di depan umum bahkan ada yang terlalu khawatir dengan masa depannya. Padahal, apa yang selalu kita khawatirkan tersebut nggak sepenuhnya atau bahkan nggak terjadi sama sekali.

Misalnya, nih, saya selalu khawatir ketika saya harus berbicara di depan umum. Saya khawatir jika saya salah bicara, takut mengatakan suatu hal yang nggak benar atau orang lain nggak paham atas apa yang saya bicarakan. Padahal setelah saya lakukan, apa yang saya takutkan nggak pernah terjadi. Jadi, jangan ikuti perasaan khawatir berlebihan, ya.

3. Cintai apa yang menurutmu sulit dicintai dari dirimu

Saya yakin, pasti setiap dari kamu memiliki paling tidak satu hal yang nggak kamu sukai dari diri kamu sendiri. Hal yang nggak kamu sukai ini bisa berbagai macam, mulai dari kebiasaan, fisik dan sebagainya.

Memang sih, ketika kamu nggak menyukai sesuatu, pasti kamu akan merasa sulit untuk mencoba menyukainya. Misalnya, kamu nggak suka dengan fisik kamu yang memiliki kulit berwarna cokelat. Well, kalau kamu nggak menyukainya, cobalah untuk mulai menerima, menghargai dan menyukainya.

Mau bagaimana pun kamu nggak menyukainya, hal tersebut adalah sesuatu yang kamu miliki. Sejatinya, kamu pun nggak bisa mengubahnya. Nah, daripada kamu bete dan kesal dengan warna kulitmu, ada baiknya kamu merawat pemberian yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

4. Biasakan makan makanan yang sehat

Nah, untuk mencintai dirimu sendiri, cobalah untuk mulai dari apa yang kamu makan. Apapun makanan yang kamu makan akan berpengaruh terhadap fisik dan psikismu. Kalau kamu ingin mencintai dirimu sendiri, cobalah untuk makan makanan yang sehat dan dapat memberikanmu tenaga dan juga nutrisi yang baik.

Kamu pun harus mencoba untuk menjauhi makanan-makanan yang nggak baik untuk tubuh seperti makanan yang memiliki terlalu banyak kadar gula, makanan yang mengandung pengawet yang banyak atau makanan-makanan cepat saji lainnya. Cobalah perbanyak dirimu memakan makanan yang empat sehat lima sempurna, ya. Tubuh dan pikiran yang baik tentunya dimulai dari asupan makanan yang kamu makan sehari-hari.

5. Ikuti "sistem petunjuk"-mu

Wah duh, apaan nih sistem petunjuk? Udah kayak elektronik baru aja punya sistem pentunjuk. Well, sistem petunjuk ini ialah suatu rasa tentang segala hal yang kamu miliki. Misalnya, nih, pada suatu waktu, kamu pasti suka merasa bahwa kamu merasa senang, bersyukur dan merasa baik atas dirimu sendiri. Yap, itulah suatu hal yang menandakan bahwa apa yang kamu pikirkan sesuai dengan apa yang dirimu miliki.

Tetapi, kalau kamu merasa bahwa dirimu nggak memiliki sesuatu yang baik, kamu nggak memiliki kelebihan, orang lain selalu.memiliki banyak kelebihan dari kamu dan sebagainya, tandanya, kamu harus mulai mengubah cara pikirmu, nih, gaes. Misalnya, sebelumnya kamu merasa bahwa dirimu melakukan sesuatu yang sia-sia. Nah, mulai dari sekarang, cobalah untuk ganti pemikiran tersebut menjadi "kamu sudah melakukan semuanya dengan baik dan sekarang waktunya untuk mencoba hal baru dan lakukan apapun sebaik mungkin". Pasti, kamu akan merasa baik atas dirimu sendiri.

6. Cari sesuatu yang bisa kamu syukuri setiap hari

Salah satu cara agar kamu bisa mencintai dirimu sendiri ialah mencari tahu apa yang bisa kamu syukuri setiap harinya. Nah, mensyukuri sesuatu itu nggak selalu hal-hal yang besar, kok. Kamu bisa bersyukur atas apa yang telah kamu miliki saat ini.

Misalnya, kamu bisa bersyukur bahwa kamu diberikan kesehatan hingga saat ini. Kamu juga bisa bersyukur karena kamu bisa bersekolah, kuliah atau bahkan bekerja hingga saat ini. Kamu bisa berdiri dengan kedua kakimu pun, kamu harus bersyukur atas hal itu. Nah, dengan kamu memiliki alasan untuk bersyukur, maka, kamu pun nggak punya alasa1n untuk mencintai dirimu sendiri.

7. Sadari bahwa kesuksesan dan kecantikan nggak memiliki standar baku

Kesuksesan merupakan suatu hal yang nggak memiliki standar yang baku. Jadi, kamu nggak bisa membandingkan hal yang kamu miliki dan hal yang kamu capai dengan apa yang dimiliki dan dicapai oleh orang lain. Kenapa begitu? Karena, setiap kesuksesan memiliki definisinya masing-masing.

kecantikan nggak ada standarnya

Nah, kamu pun nggak bisa membandingkan bahwa orang lain lebih cantik dari dirimu karena cantik itu nggak harus memiliki tubuh langsing, mata yang bulat dan kulit yang putih. Cantik adalah suatu hal yang sangat relatif. Jadi, sekali lagi, cantik pun nggak memiliki standar yang baku.

***

Yap, itulah ketujuh tips manjur untuk kamu mencintai dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri bukanlah suatu hal yang salah dan egois, kok. Mencintai diri sendiri juga bukanlah suatu hal yang narsis. Justru ketika kamu nggak mencintai dirimu sendiri dan cenderung membandingkan dirimu dengan orang lain, hal tersebut adalah suatu kegiatan yang benar-benar egois.

Kenapa bisa begitu? Yap, sudah jelas banget bahwa secara tersirat kamu ingin menjadi orang tersebut atau lebih baik dari orang tersebut. Padahal, kamu tahu sendiri bahwa kamu memiliki latar belakang yang berbeda dengan orang tersebut, memiliki passion dan kebiasaan yang berbeda dan sebagainya. Tanpa memerhatikan ini, kamu terus saja memaksa dirimu untuk seperti orang tersebut atau bahkan lebih baik. Yap, inilah yang saya sebut egois.

Maka dari itu, gaes, daripada kamu terus egois kepada dirimu sendiri, membandingkan dirimu dan membuat dirimu merasa nggak worth, yuk, mulai dari sekarang ganti kebiasaanmu menjadi orang yang lebih mencintai dirimu sendiri. Dengan kebiasaan mencintai diri sendiri, kamu akan tumbuh menjadi orang yang selalu bersyukur, percaya diri dan lebih berani. Nggak percaya? Coba dulu, deh, untuk self-love!

Baca juga:

(Sumber gambar: wall-art.com, aleteia.comhudabeauty.com)

LATEST COMMENT
Friska Amalia | 2 hari yang lalu

Unibraw, Telkom University Malang, dan Binus Malang

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Friska Amalia | 2 hari yang lalu

ada nya D3 nih di Binus Malang dan Unibraw

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1