8 Usaha Bisnis yang Bisa Kamu Coba saat Imlek

Kamu mahasiswa yang masih libur kuliah dan bingung mau ngapain (karena nggak ada pemasukan uang bulanan dari orang tua)? Atau kamu mau buka usaha, tapi bingung mau usaha apa.

Well, beberapa waktu yang lalu, sudah ada, nih, artikel mengenai 5 Inspirasi Bisnis Musiman untuk Mahasiswa. Di artikel tersebut disebutkan usaha-usaha yang sederhana dan bisa banget dicoba buat kamu yang mau usaha tapi nggak punya modal besar atau mahasiswa yang masih liburan dan bingung dapat pemasukan uang jajan darimana.

Ngomong-ngomong bisnis musiman, selain inspirasi dari artikel sebelumnya, ternyata ada lagi bisnis musiman yang bisa kamu coba, gaes. Bisnis musiman tersebut adalah saat perayaan Imlek

Nah, jelang perayaan Imlek, biasanya banyak barang-barang atau sajian yang perlu dibeli masyarakat di Indonesia—yang merayakannya. Of course, buat mahasiswa yang masih libur atau buat kamu yang mau buka usaha. Kamu nggak boleh melewatkan kesempatan mengumpulkan pundi-pundi uang dari perayaan Imlek ini, gaes.

Kira-kira usaha apa, ya, yang bisa kamu coba? Yuk, coba intip di bawah berikut ini!

1. Bisnis kue keranjang

As you know, gaes. Saat perayaan Imlek, ada beberapa menu wajib yang harus ada di meja makan. Salah satunya adalah kue keranjang.

Kalau kamu punya passion di bidang masak-memasak, kamu bisa, nih, bikin kue keranjang homemade.  Eitss… tenang! Buat kamu yang memang nggak bisa masak, kamu tetap bisa jualan, kok. Caranya dengan menjadi reseller kue keranjang. Dijamin bakal laris manis, deh.

2. Bisnis pertunjukan barongsai

Imlek tanpa barongsai itu bagaikan sayur tanpa garam (halah). Bener nggak? Hehehe.

Well, pertunjukan barongsai bisa kamu jadiin bisnis, lho. Kalau kamu pintar bermain akrobat dan punya fisik yang kuat, bisnis yang satu ini ini bisa banget kamu coba, gaes.

Kalau kamu nggak punya fisik yang kuat, apalagi pintar bermain akrobat, kamu tetap bisa menjalakan bisnis ini. Misal, kamu cuma bisa bermain alat musik, tapi kamu punya teman-teman yang pandai akrobat dan fisik yang kuat. Kamu bisa, ‘kan, mengadakan pertunjukan barongsai di pusat-pusat perbelanjaan, acara-acara kompleks, dan sebagainya.

3. Bisnis lilin Imlek

Fyi, saat perayaan Imlek, biasanya akan dimulai dengan doa sebagai ucapan syukur bersama keluarga besar. Oleh karena itu, menjual aneka lilin Imlek untuk perlengkapan berdoa juga bisa kamu coba. Pasti bakal laku keras. Nggak percaya? Cobain saja, deh.

4. Bisnis persewaan baju Cheongsam

Bisnis selanjutnya adalah bisnis persewaan baju Cheongsam. Cheongsam apaan, sih?

Jadi, Cheongsam atau yang lebih dikenal dengan sebutan lain qipao adalah salah satu jenis kostum tradisional perempuan Cina.

Apalagi, saat ini, ‘kan, setiap kali ada perayaan yang berbau Chinese (nggak cuma saat Imlek), perempuan-perempaun keturunan tionghoa selalu menggunakan pakaian adat ini dan suka mengabadikan atau mengunggahnya ke media sosial.

Jadi, mumpung sedang dalam perayaan Imlek, nggak ada salahnya, nih, kalau kamu membuka bisnis persewaan baju Cheongsam yang cantik dan rupawan.

5. Parcel Imlek

Yap! Nggak cuma Lebaran dan Natal saja yang berkirim parcel. Saat perayaan Imlek juga ada tradisi parcel, gaes.

Sama seperti Lebaran dan Natal, saat Imlek datang biasanya para pebisnis dan instansi juga mengirim parcel Imlek kepada para klien-nya. Selain itu, para kerabat satu dan yang lainnya juga saling berkirim parcel.

Kalau kamu orang yang kreatif, kamu bisa membuat parcel sendiri dan menawarkannya melalui link pertemananmu atau dijual lewat media sosial.

6. Bisnis lampu lampion

Perayaan Imlek menjadi  momen hangat yang paling ditunggu-tunggu bagi yang merayakannya. Karena  di acara inilah mereka bisa kumpul bersama seluruh keluarga besar, sahabat-sahabat dekat atau orang-orang yang mereka cintai di rumah. Dan biasanya rumah-rumah akan dihias semenarik mungkin.

Nah, lampu lampion adalah salah satu hiasan yang hampir dicari banyak orang saat perayaan Imlek. Jadi, kalau kamu bingung dan modalmu nggak seberapa, mungkin usaha yang satu ini bisa jadi peluangmu.

7. Bisnis buah-buahan segar

Bagi masyarakat Tionghoa, merupakan suatu kewajiban untuk mengonsumsi buah, apalagi jeruk. Jadi, kalau kamu punya modal yang agak besar, kamu bisa menjadi supplier buah dengan harga dan kualitas terbaik, lho. Kalau kamu pandai bermain bisnis, pasti kamu akan meraup banyak keuntungan dengan menjual buah-buahan saat perayaan Imlek.

8. Bisnis Desain kartu angpao unik

Desain amplop untuk angpao memang begitu-begitu saja. Berwarna merah dan ada tulisan mandarinnya. Membosankan bukan?

Well, kalau kamu punya passion di bidang desain dan bisa berinovasi dengan membuat yang unik dan lucu, mungkin desain kartu angpao bisa kamu coba. Wah...pasti banyak yang pesan, deh!

***               

Itulah 8 usaha yang bisa kamu coba saat perayaan Imlek, gaes. Tenang saja… asalkan kamu mau mencoba, banyak sekali, kok, kesempatan yang ada untukmu dalam membuka usaha! Jadi, tetap semanga dan good luck, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: 8days.sg, klikdokter.com, xinhuanet.com, laruno.com, tourismobserver.blogspot.com, productnation.co, unsplash.com, nusagates.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 5 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 16 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 17 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1